KID ABA - Klinik Intervensi Dini Applied Behavior Analysis Autisme Jakarta Bekasi Indonesia

KID ABA (Klinik Intervensi Dini Applied Behavior Analysis)

Grand Wisata Blok AA 15 No.19, Bekasi Timur, Indonesia - Telpon 085-100-90-6000

Terapi Intervensi Dini Spektrum Autis/Autisme/Autistik (ASD Autistic Spectrum Disorder) Dengan Metode ABA (Applied Behavior Analysis / Lovaas) Dan BIT (Biomedical Intervention Therapy) Merupakan Dua Terapi Utama Yang Telah Terbukti Efektif Dan Efisien Berdasarkan Penelitian. Autisme Bisa Sembuh...! Ayo Verbal...! Ayo Sekolah Reguler...!

LIT ABA - Lembaga Intervensi Terapan Applied Behavioral Analysis Autisme Jakarta Bekasi Indonesia
Waktu GMT/UTC: Senin, 12 November 2018
  » Jam 23:35
e-mail:  password: 
Lupa Password?
Pelatihan (Training) / Seminar
Pelatihan (Training) / Seminar ABA (Applied Behavior Analysis) Untuk Terapi Autisme / Spektrum Autistik

»
Bagi Orangtua, Terapis, Dokter, Dan Profesional lainnya

Pelatihan (Training) Secara Umum
ATAU
Pelatihan Privat Untuk Orangtua Dan
(Calon) Tim Terapis

Informasi
021-7090-6000

Tim kami juga membantu melakukan assessment / re-assessment, serta penyusunan kurikulum/program, dan evaluasi harian serta evaluasi bulanan
Kerjasama
Terbuka peluang kerjasama bagi Klinik/Penyelenggara Terapi yang ingin/sudah menggunakan ABA (Applied Behavior Analysis)

Informasi
021-7090-6000
Berkarir Bersama Kami
MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI
Lowongan / Dibutuhkan / Dicari

(Calon) Terapis ABA
(Applied Behavior Analysis / Metode Lovaas)
Terutama Untuk Jakarta/Bekasi Dan Sekitarnya, Serta Berbagai Kota Di Indonesia

Akan Dilatih (Ditraining) Sebelumnya
Gambar Foto Pengumuman Lowongan Dicari Terapis ABA Lovaas Applied Behavior Analysis Indonesia
Kalender Acara / Kegiatan
Info Pelatihan (Training) / Seminar / dll
5 Artikel Terakhir
10 Artikel Paling Banyak Dibaca
10 Artikel Terakhir Dibaca
Links
Back To ABA: Kembali Ke ABA Yang Betul Dan Benar
Artikel / Klipping Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis, Biomedical Intervention Therapy), dan Lain-lain

JANGAN BENCI IBUMU

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI

Dokter Spesialis Anak. Konsultan Ahli Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis dan Biomedical Intervention Therapy)


Artikel ini telah dibaca: 9397 kali, sejak 07 Juli 2011
Waktu terakhir dibaca 12 November 2018, jam 10:32:16

 

Jangan Benci Ibumu
Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI
Dokter Spesialis Anak. Konsultan Ahli Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis dan Biomedical Intervention Therapy)

Jangan Benci Ibumu || Autisme ABA Applied Behavior Analysis Lovaas Indonesia Jakarta Bekasi Suatu sore saya menonton film seri Frasier. Yaitu film seri tentang Dr. Frasier Crane, seorang psikiater yang merupakan penyiar radio terkenal di Seattle.
Dalam seri itu, Dr. Frasier Crane yang bersama adiknya Dr. Niles Crane, melihat ayahnya sedang dinner di restoran bersama seorang wanita bekas tetangga mereka dulu.
Mereka berdua curiga atas kedekatan ayah mereka dengan wanita tersebut (namanya lupa, kalau tidak salah Lulu).

Kemudian Dr. Niles membuka-buka buku hariannya pada 30 tahun yang lalu saat dia berumur 9 tahun. Ditemukanlah catatannya sendiri bahwa pada musim panas 30 tahun yang lalu, sering dia dan kakaknya terbangun malam-malam mendengar pertengkaran antara ayahnya dan ibunya (yang saat ini sudah meninggal dunia).
Kemudian dalam buku harian Dr. Niles tersebut mereka menemukan bahwa Dr. Niles menulis bahwa pada suatu malam di musim panas itu, dari balik jendela kamarnya di lantai 2, dia melihat bahwa ayahnya berpelukan dengan Lulu, dan sejak malam itu hubungan antara kedua orangtuanya dan tetangganya tersebut menjadi renggang.

Setelah membaca catatan tersebut, mereka berdua menjadi curiga bahwa ayah mereka pernah berselingkuh dengan Lulu tersebut. Mereka ingin cari tahu lebih banyak, sehingga Dr. Niles ingin menelpon bibi Vivian (tante mereka) yang biasanya tahu tentang rahasia-rahasia keluarga mereka. Namun tidak jadi, dan kemudian Daphne Moon, yaitu fisioterapis ayah mereka yang tinggal bersama di apartemen mereka, mengusulkan untuk “langsung tanya saja kepada ayahmu”. Tiba-tiba tedengar suara “apa yang ingin ditanyakan?” Rupanya tanpa diketahui , Martin Crane, ayah mereka sudah masuk ke dalam ruang keluarga. Kemudian Daphne yang kenes dan sifatnya blak-blakan, dengan logat Inggrisnya yang kental mengatakan bahwa Dr. Frasier dan Dr. Niles mencurigai bahwa pernah terjadi perselingkuhan antara ayah mereka dan Lulu setelah mereka melihat ayah mereka dinner bersama Lulu semalam.

Martin Crane menjawab, dengan mereka dinner semalam, tidak lantas membuktikan bahwa mereka berselingkuh 30 tahun yang lalu. Dr. Frasier mengatakan bahwa mereka membaca catatan Dr. Niles bahwa Dr. Niles melihat ayah mereka berpelukan di halaman rumah pada suatu musim panas 30 tahun yang lalu, dan tadinya mereka berniat menelpon bibi Vivian.

Mendengar hal tersebut, kemudian Martin Crane meminta Daphne meninggalkan ruangan, agar mereka dapat bicara bertiga saja. Setelah itu Martin Crane mengatakan bahwa “memang saya berselingkuh dengan Lulu, dan saya tidak mau membahas itu lagi, end of discussion!” Kemudian Martin Crane segera ke kamar tidurnya, meninggalkan mereka yang terhenyak dan merasa terpukul atas penghianatan ayah mereka terhadap ibu mereka.

Singkat cerita, beberapa hari kemudian Dr. Frasier membukakan pintu apartemennya karena ada seseorang menekan bel. Waduh, ternyata Lulu berada di depannya, berusia sekitar 50 tahun tetapi masih cantik serta menarik dan well-dressed. Lulu menanyakan Martin Crane, ingin bertemu dan ingin memohon maaf oleh karena meninggalkan Martin Crane begitu saja saat dinner beberapa hari yang lalu, yang dia rasa perbuatannya itu kurang sopan. Namun Dr. Frasier hanya menyambut Lulu di depan pintu saja, dan menjawab dingin serta agak ketus.

Lulu merasakan ada sesuatu yang tidak beres, dan menanyakan mungkin dia datang pada saat yang tidak tepat. Dr. Frasier menjawab, yah, memang sulit untuk melupakan begitu saja atas pengakuan ayahnya tentang apa yang terjadi antara keluarga mereka dan keluarga Lulu. Kemudian Lulu agak terperanjat, dan mengatakan “jangan benci ibumu, maafkanlah dia, karena saya (Lulu) juga sudah memaafkan Dan (suaminya), ayahmupun sudah memaafkan ibumu. Suamiku dan ibumu telah berbuat kesalahan”.
Gedubrak, Dr. Frasier bengong, oh ternyata yang selingkuh adalah ibunya, bukan ayahnya, kenapa ayahnya mengakui pada dia dan adiknya pada malam itu ketika mereka tanyakan.

Kemudian keesokan harinya Dr. Frasier mengatakan kepada ayahnya, bahwa Lulu telah mengatakan yang sebenarnya bahwa yang berselingkuh adalah ibunya, bukan ayahnya. Untuk menghibur ayahnya, Frasier juga menyebutkan rahasia antara dia dengan Lilith, istri yang telah diceraikannya, bahwa dulu Lilith juga berselingkuh, sehingga Frasier bisa memahami betapa sakit terasanya.
Namun kemudian Frasier menanyakan “kenapa ayah akui begitu saja, kenapa ayah tidak mengatakan terus terang bahwa ibulah yang berselingkuh?” Martin Crane menukas, “aku tidak mau engkau membenci ibumu, biarlah kau dan aku saja yang bermasalah, lagipula apakah kau akan mengatakan kepada Phillip (anak Dr. Frasier yang ikut dengan mantan istrinya) setelah ia besar nanti bahwa ibunya berselingkuh?”
Terang maksudnya walaupun itu kalimat tanya, namun artinya bahwa “aku tidak akan mengatakan bahwa ibumu berselingkuh, seperti juga engkau tidak akan mengatakan kepada anakmu setelah dia besar nanti bahwa ibunya berselingkuh”.
Namun Frasier hanya terdiam saja sambil merenung, entah apa yang dipikirkannya.

Nah, seandainya anda adalah Dr. Frasier Crane, apakah anda akan mengatakan yang sebenarnya kepada anak anda yang suatu saat mungkin akan datang kepada anda dan menuduh bahwa andalah yang berselingkuh? Padahal istri andalah yang berselingkuh. Apa reaksi dan dan jawaban anda?





 

Sedang Loading Tweeter dan Facebook
Mohon Tunggu...

Album Foto
Mohon Tunggu...
Buku Autisme
AUTISM IS CURABLE
Benar, Autisme Bisa Disembuhkan


Indonesia Applied Behavior Analysis
Asosiasi Terapis Applied Behavior Analysis Indonesia

Tokoh ABA Dunia

Prof. Ole Ivar Lovaas
Bapak ABA Dunia

Prof. Lovaas merupakan profesional pertama yang menerapkan ABA (Applied Behavior Analysis) untuk autisme. Dimulai pada tahun 1962, kemudian publikasi pertama pada tahun 1967, sehingga ABA untuk autisme dikenal juga sebagai Metode Lovaas.
Pada tahun 1993, Catherine Maurice menerbitkan bukunya yang berjudul Let Me Hear Your Voice, sehingga ABA terkenal ke seluruh dunia.
Dalam bukunya tersebut, Catherine Maurice menceriterakan tentang 2 anaknya yang autistik yang ditangani dengan ABA oleh Prof. Lovaas dan team, kemudian keduanya membaik sehingga tidak bisa dibedakan dengan anak lain.

Tokoh ABA Indonesia
Rudy Sutadi - Autisme - ABA (Applied Behavior Analysis) - Biomedical Intervention
Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI
Bapak ABA Indonesia
Profesional Indonesia Pertama Yang Mempopulerkan Dan Menyebarluaskan ABA Untuk Autisme Di Indonesia

Dokter Spesialis Anak yang menangani Autisme ini merupakan profesional yang langka, karena menguasai dua Terapi Utama Autisme yaitu ABA (Applied Behavior Analysis) dan Biomedical Intervention Therapy (BIT).
Kiprahnya diakui secara nasional maupun di lingkup internasional.
Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI, adalah profesional Indonesia pertama yang menyebarluaskan dan mempopulerkan ABA untuk autisme di Indonesia, sejak tahun 1997.
Mempelajari ABA dari berbagai sumber, antara lain:
› LIFE (Lovaas Institute For Early Intervention), Los Angeles, USA
› PennState University, Pennsylvania, USA
› The Option Institute, New York, USA
› ISADD (Integration Service For Autism And Development Delay), Perth, Australia
› dan lain-lain

FB Add Friend: Rudy Sutadi
Tokoh Penerus ABA Indonesia
Liza Rudy Sutadi - ABA (Applied Behavior Analysis) - Terapi Autisme
Liza Anwar Rudy Sutadi, SE
Tokoh Penerus ABA Di Indonesia

"Hampir seluruh tujuan hidup saya sudah diwujudkan. Sekarang, keinginan saya lebih ke arah ibadah, antara lain dengan membagi ilmu yang saya punya"
Demikian pendirian Liza, yang merupakan tokoh penerus ABA (Applied Behavior Analysis) untuk autisme di Indonesia.
Liza merupakan penggagas backToABA, yaitu setelah beberapa lama mengamati dan mempelajari bahwa sampai saat ini hanya ABA-lah satu-satunya metode yang telah teruji melalui berbagai penelitian ternyata terbukti efektif dan efisien untuk mengajar dan melatih anak-anak autistik (autisme).
Namun beberapa tahun setelah dokter Rudy tidak dapat aktif, penggunaan ABA yang betul dan benar mulai terkikis, oleh karena itu Liza menggagas "Kembali Ke ABA" (Back To ABA)
Liza telah memberikan pelatihan ABA ke berbagai kota di seluruh Indonesia.
Pendapatnya tentang berbagai jenis terapi lainnya yang ada di Indonesia, Liza dengan tegas mengatakan "silahkan tunjukkan hasil penelitian metode tersebut untuk anak-anak autistik" (yang ternyata tak ada).

FB Add Friend: Liza R Sutadi
Ayo Bangkit Kalahkan Autisme
 
autism-is-curable-aba-bit-jakarta-bekasi-indonesia
 

 

© 2011 - www.kidABA.com - Jakarta, Bekasi, Indonesia