KID ABA - Klinik Intervensi Dini Applied Behavior Analysis Autisme Jakarta Bekasi Indonesia

KID ABA (Klinik Intervensi Dini Applied Behavior Analysis)

Grand Wisata Blok AA 15 No.19, Bekasi Timur, Indonesia - Telpon 085-100-90-6000

Terapi Intervensi Dini Spektrum Autis/Autisme/Autistik (ASD Autistic Spectrum Disorder) Dengan Metode ABA (Applied Behavior Analysis / Lovaas) Dan BIT (Biomedical Intervention Therapy) Merupakan Dua Terapi Utama Yang Telah Terbukti Efektif Dan Efisien Berdasarkan Penelitian. Autisme Bisa Sembuh...! Ayo Verbal...! Ayo Sekolah Reguler...!

LIT ABA - Lembaga Intervensi Terapan Applied Behavioral Analysis Autisme Jakarta Bekasi Indonesia
Waktu GMT/UTC: Senin, 12 November 2018
  » Jam 23:36
e-mail:  password: 
Lupa Password?
Pelatihan (Training) / Seminar
Pelatihan (Training) / Seminar ABA (Applied Behavior Analysis) Untuk Terapi Autisme / Spektrum Autistik

»
Bagi Orangtua, Terapis, Dokter, Dan Profesional lainnya

Pelatihan (Training) Secara Umum
ATAU
Pelatihan Privat Untuk Orangtua Dan
(Calon) Tim Terapis

Informasi
021-7090-6000

Tim kami juga membantu melakukan assessment / re-assessment, serta penyusunan kurikulum/program, dan evaluasi harian serta evaluasi bulanan
Kerjasama
Terbuka peluang kerjasama bagi Klinik/Penyelenggara Terapi yang ingin/sudah menggunakan ABA (Applied Behavior Analysis)

Informasi
021-7090-6000
Berkarir Bersama Kami
MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI
Lowongan / Dibutuhkan / Dicari

(Calon) Terapis ABA
(Applied Behavior Analysis / Metode Lovaas)
Terutama Untuk Jakarta/Bekasi Dan Sekitarnya, Serta Berbagai Kota Di Indonesia

Akan Dilatih (Ditraining) Sebelumnya
Gambar Foto Pengumuman Lowongan Dicari Terapis ABA Lovaas Applied Behavior Analysis Indonesia
Kalender Acara / Kegiatan
Info Pelatihan (Training) / Seminar / dll
5 Artikel Terakhir
10 Artikel Paling Banyak Dibaca
10 Artikel Terakhir Dibaca
Links
Back To ABA: Kembali Ke ABA Yang Betul Dan Benar
Artikel / Klipping Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis, Biomedical Intervention Therapy), dan Lain-lain

AUTISME : PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME

Ayo bangkit kalahkan autisme

Ayo verbal, ayo sekolah reguler


Artikel ini telah dibaca: 8067 kali, sejak 13 Mei 2013
Waktu terakhir dibaca 12 November 2018, jam 11:54:15

 

AUTISME : PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME
Ayo bangkit kalahkan autisme
Ayo verbal, ayo sekolah reguler

AUTISME :   PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME || Autisme ABA Applied Behavior Analysis Lovaas Indonesia Jakarta Bekasi
PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME

by : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI

Semua anak termasuk penyandang autisme, suatu saat akan mengalami pubertas, terlepas dari kemampuan sosial ataupun IQ nya.

Pada anak perempuan, pubertas dimulai pada umur sekitar 12 tahun, sedangkan pada lelaki dimulai pada umur sekitar 14 tahun, namun ada juga anak lelaki maupun perempuan yang lebih awal (usia 7-9 tahun) atau yang lebih telat (usia 17-18 tahun).

Pubertas ditandai dengan terjadinya perubahan seks sekunder kemudian terjadi menstruasi pada perempuan dan ejakulasi pada lelaki.

Biasanya 2 tahun sebelum pubertas terjadi, diawali dengan pacu tumbuh yaitu anak tumbuh semakin tinggi dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, terjadi pertumbuhan bulu-bulu di ketiak dan daerah kemaluan, pada lelaki juga pada daerah muka. Pada perempuan terjadi pertumbuhan payudara, sedangkan pada lelaki tangan dan kaki membesar serta masa otot bertambah dan suara memberat.

Oleh karena kemungkinan terdapat masalah/kesulitan konsep-konsep bahasa pada anak autistik, maka dalam membicarakan bagian kemaluan anak, sebaiknya orangtua menggunakan istilah kedokteran sejak awal-awal. Oleh karena istilah-istilah sendiri yang digunakan untuk penis/vagina bisa jadi akan aneh jika terus digunakan oleh anak ketika mulai dewasa.

Orangtua harus menjadikan dirinya sebagai sumber informasi bagi anak, sehingga orangtua harus siap terhadap pertanyaan yang tidak disangka-sangka. Selalu menjawab dengan nada yang positif serta katakan bahwa pertanyaan mereka bagus. Pada beberapa hal orangtua bisa langsung menjawab, pada hal yang lain mungkin perlu menunda dengan misalnya mengatakan “jawabannya nanti ya setelah kita sampai di rumah”. Jika orangtua selalu bersikap positif, maka anak akan tidak segan-segan bertanya lagi pada kesempatan-kesempatan yang lain. Perlu diingat agar tetap menjawab secara langsung dan cukup mudah dimengerti, tetapi tidak perlu memberi informasi yang terlalu banyak atau berlebihan.

Orangtua yang mempunyai anak perempuan autistik, perlu mempersiapkan anak mereka dalam menghadapi menstruasi, dengan cara antara lain:

- Mulai ajarkan anak tentang cara dan tahap-tahap pemakaian pembalut

- Biasakan anak mengenakan pembalut secara teratur sebelum hari-H tersebut terjadi

- Beri pewarna makanan yang aman pada celana dalam dan/atau pembalut tersebut untuk menunjukkan apa yang akan terlihat saat menstruasi mulai terjadi.

- Ibu bisa mencontohkan cara dan tahap-tahap pemakaian dan penggantian pembalut, dan jika memungkinkan melibatkan juga anak perempuan yang tinggal serumah.

- Tandai dengan jelas permukaan pembalut yang menghadap ke celana dalam dan permukaan pembalut yang menghadap ke kemaluan, serta dimana letak/posisi pembalut pada celana dalamnya.

- Cobakanlah beberapa jenis pembalut yang berbeda ukurannya, kelembutannya, ketebalannya, mereknya, dan dengan sayap atau tanpa sayap.

- Buat jadwal visual mengenai kekerapan penggantian pembalut, dengan memperhatikan juga jadwal di sekolahnya. Atur jadwal penggantian pada jam-jam pergantian pelajaran dan pada jam-jam istirahat. Sedapat mungkin jadwal penggantian di sekolah maupun rumah sama, hal ini akan memudahkan anak.

- Jika perlu, belikan buku-buku yang dilengkapi dengan gambar-gambar, yang menerangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan menstruasi. Orangtua perlu mengenali anaknya, oleh karena bisa saja informasi yang berlebihan justru akan mengganggu anaknya.

- Mungkin ada baiknya juga untuk membuat perayaan kecil-kecilan saat hari-H tersebut dimulai.

Orangtua yang mempunyai anak autistik lelaki, perlu memperhatikan hal-hal berikut:

- Terangkan bahwa mimpi basah tidak sama dengan mengompol, oleh karena ada anak lelaki yang tidak ingin mengecewakan orangtuanya karena dia sudah besar sehingga tidak pantas bila masih mengompol.

- Jangan bereaksi berlebihan ataupun malah tidak bereaksi, karena anak mungkin belum faham apa yang terjadi saat mimpi basah, ganti sprei anak atau bantu anak untuk melakukan penggantian sprei.

- Terangkan dengan suara yang tenang tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pubertas, termasuk juga tentang mimpi basah.

- Belikan buku-buku yang sesuai, lebih baik lagi jika dilengkapi dengan gambar-gambar.

Untuk itulah kita berusaha efektif dan optimal agar anak autistik kita verbal, agar bisa mengkomunikasi hal hal yang terkait pubertas


Sumber Foto: http://ninjasyuhadabiz.blogspot.com/2007/12/keluarga-bahagia.html

 

Sedang Loading Tweeter dan Facebook
Mohon Tunggu...

Album Foto
Mohon Tunggu...
Buku Autisme
AUTISM IS CURABLE
Benar, Autisme Bisa Disembuhkan


Indonesia Applied Behavior Analysis
Asosiasi Terapis Applied Behavior Analysis Indonesia

Tokoh ABA Dunia

Prof. Ole Ivar Lovaas
Bapak ABA Dunia

Prof. Lovaas merupakan profesional pertama yang menerapkan ABA (Applied Behavior Analysis) untuk autisme. Dimulai pada tahun 1962, kemudian publikasi pertama pada tahun 1967, sehingga ABA untuk autisme dikenal juga sebagai Metode Lovaas.
Pada tahun 1993, Catherine Maurice menerbitkan bukunya yang berjudul Let Me Hear Your Voice, sehingga ABA terkenal ke seluruh dunia.
Dalam bukunya tersebut, Catherine Maurice menceriterakan tentang 2 anaknya yang autistik yang ditangani dengan ABA oleh Prof. Lovaas dan team, kemudian keduanya membaik sehingga tidak bisa dibedakan dengan anak lain.

Tokoh ABA Indonesia
Rudy Sutadi - Autisme - ABA (Applied Behavior Analysis) - Biomedical Intervention
Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI
Bapak ABA Indonesia
Profesional Indonesia Pertama Yang Mempopulerkan Dan Menyebarluaskan ABA Untuk Autisme Di Indonesia

Dokter Spesialis Anak yang menangani Autisme ini merupakan profesional yang langka, karena menguasai dua Terapi Utama Autisme yaitu ABA (Applied Behavior Analysis) dan Biomedical Intervention Therapy (BIT).
Kiprahnya diakui secara nasional maupun di lingkup internasional.
Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI, adalah profesional Indonesia pertama yang menyebarluaskan dan mempopulerkan ABA untuk autisme di Indonesia, sejak tahun 1997.
Mempelajari ABA dari berbagai sumber, antara lain:
› LIFE (Lovaas Institute For Early Intervention), Los Angeles, USA
› PennState University, Pennsylvania, USA
› The Option Institute, New York, USA
› ISADD (Integration Service For Autism And Development Delay), Perth, Australia
› dan lain-lain

FB Add Friend: Rudy Sutadi
Tokoh Penerus ABA Indonesia
Liza Rudy Sutadi - ABA (Applied Behavior Analysis) - Terapi Autisme
Liza Anwar Rudy Sutadi, SE
Tokoh Penerus ABA Di Indonesia

"Hampir seluruh tujuan hidup saya sudah diwujudkan. Sekarang, keinginan saya lebih ke arah ibadah, antara lain dengan membagi ilmu yang saya punya"
Demikian pendirian Liza, yang merupakan tokoh penerus ABA (Applied Behavior Analysis) untuk autisme di Indonesia.
Liza merupakan penggagas backToABA, yaitu setelah beberapa lama mengamati dan mempelajari bahwa sampai saat ini hanya ABA-lah satu-satunya metode yang telah teruji melalui berbagai penelitian ternyata terbukti efektif dan efisien untuk mengajar dan melatih anak-anak autistik (autisme).
Namun beberapa tahun setelah dokter Rudy tidak dapat aktif, penggunaan ABA yang betul dan benar mulai terkikis, oleh karena itu Liza menggagas "Kembali Ke ABA" (Back To ABA)
Liza telah memberikan pelatihan ABA ke berbagai kota di seluruh Indonesia.
Pendapatnya tentang berbagai jenis terapi lainnya yang ada di Indonesia, Liza dengan tegas mengatakan "silahkan tunjukkan hasil penelitian metode tersebut untuk anak-anak autistik" (yang ternyata tak ada).

FB Add Friend: Liza R Sutadi
Ayo Bangkit Kalahkan Autisme
 
autism-is-curable-aba-bit-jakarta-bekasi-indonesia
 

 

© 2011 - www.kidABA.com - Jakarta, Bekasi, Indonesia