Autisme Bisa Sembuh - Insya Allah

KID ABA Ultimate For Autism

Grand Wisata AA 11 No.56-57-58, Bekasi, Jawa Barat 17510, Indonesia
Telpon/WhatsApp +62-85-100-90-6000
Home Lowongan Kerja Terapis Lokasi Kami (GoogleMaps) Hubungi Kami
Home Lowongan Kerja Terapis Lokasi Kami (GoogleMaps) Hubungi Kami
Home Lowongan Kerja Terapis Lokasi Kami (GoogleMaps) Hubungi Kami

Konferensi Nasional Autisme Indonesia Kedua - 12 & 13 September 2020

Tanya Ahli

AUTISME...?

Tanyakan Ahlinya ! Gratis

+62-889-8000-6000
(WhatsApp Only)

Mohon tulis nama-lengkap bapak/ibu dan gelar lengkap (jika ada), serta kota tempat tinggal.

Autism Is Curable - Insha Allah
Dengan Smart-ABA dan Smart-BIT

Terapi Autisme Jaman Now


Appointment Konsultasi

Anak Terlambat Bicara?

Curiga Anak Anda Autisme?

Anak Anda Didiagnosis Autisme?

Ingin Konsultasi Temu Muka Lebih Lanjut Dengan Dokter Khusus Autisme?

Aplikasi ini untuk melakukan/mendapatkan penjadwalan tanggal dan jam untuk Konsultasi Temu Muka dengan DOKTER KHUSUS yang menangani Autisme di KID ABA Ultimate, Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Diagnosis App

Anak Terlambat Bicara?

Apakah Anak Anda Autisme?

Aplikasi Untuk Diagnosis Autisme

Aplikasi ini untuk digunakan dokter / orangtua / keluarga / guru / terapis / profesional / klinik atau siapapun, untuk keperluan penyaring (SCREENING kemungkinan autisme ataukah tidak) maupun DIAGNOSIS autisme itu sendiri.


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Smart BIT-App

Aplikasi Untuk Pelaksanaan Smart BIT (Biomedical Intervention Therapy) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Smart BIT terdiri dari Comprehensive Diet, Obat, dan Suplemen.
Aplikasi ini untuk membantu orangtua (dan dokter) dalam pelaksanaannya


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Smart ABA-App

Aplikasi Untuk Pelaksanaan Smart ABA (Applied Behavior Analysis) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Aplikasi ini meliputi Kurikulum Sistematik, Penilaian Berlangsungnya Teaching Session, Pelaporan Sesi dan Pekanan, Bimbingan dan Konsultasi Masalah


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Kursus Smart-ABA

Aplikasi Untuk Mempelajari Teori dan Praktek Smart ABA (Applied Behavior Analysis) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Aplikasi ini meliputi Pengajaran Teori dan Tehnik Praktis yang berhubungan langsung untuk pelaksanaan Smart ABA yang baik dan benar, Simulasi, serta Bimbingan dan Konsultasi


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Artikel Smart ABA dan Smart BIT

PESAN UNTUK ORANGTUA ANAK AUTISTIK

Autisme, smart ABA & smart BIT untuk Autisme
dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA & smart BIT untuk Autisme)

Artikel ini telah dibaca: 2805 kali, sejak 30 Maret 2017
Waktu terakhir dibaca 01 Oktober 2020, jam 10:01:36

 

Pesan untuk orangtua anak autistik

Autisme, smart ABA & smart BIT untuk Autisme
dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA & smart BIT untuk Autisme)

Pesan untuk orangtua anak autistik || Autisme ABA Applied Behavior Analysis Lovaas Indonesia Jakarta Bekasi

Pesan Untuk Orangtua

dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I
(Konsultan smart ABA & smart BIT untuk Autisme)

Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika orangtua tidak faham apa itu autisme, mungkin diagnosis autisme tidak berpengaruh pada orangtua. Namun jika orangtua tahu atau kemudian tahu atau faham tentang autisme, maka akan terjadi suatu rangkaian reaksi yang disebut sebagai coping-mechanism yaitu sebagaimana yang umum terjadi pada seseorang dalam menghadapi/mengalami suatu kenyataan berat seperti misalnya saat seseorang diberitahu menderita kanker, atau saat seseorang kehilangan orang yang dicintainya, dan lain sebagainya.

Reaksi/respons yang pertama terjadi adalah awalnya orangtua akan syok, kaget, dan tidak percaya serta mempertanyakan diagnosis. Bisa jadi kemudian orangtua mencari second-opinion dari dokter yang lain, bahkan mungkin tidak cukup 1-2 dokter saja. Hal ini bisa menyebabkan tertundanya intervensi dini yang sangat dibutuhkan oleh anak autistik. Hal yang berbahaya ialah jika dalam perjalanan shopping dokter ini, kemudian bertemu dengan dokter yang tidak menguasai autisme tetapi dengan menyakinkan mengatakan bukan autisme, sehingga menyebabkan orangtua tidak lagi mencoba mencari tahu atau mendapatkan diagnosis.

Namun orangtua yang memperhatikan anaknya, kemudian akan menyadari bahwa anak autistiknya memang benar-benar berbeda dengan anak sepantarannya seumumnya, apakah itu dibandingkan dengan kakaknya waktu seumur anaknya yang sekarang, atau dibanding sepupu anaknya, atau dibanding anak teman atau tetangga. Yang pasti orangtua yang memperhatikan anaknya akan melihat perbedaan tersebut, dan atau menyadari bahwa anak autistiknya tidak juga mengalami kemampuan yang diharap-harapkan misalnya tidak juga anak berbicara, dan atau semakin jelas terlihat perilaku autistiknya. Jika kemudian orangtua melanjutkan lagi shopping dokter untuk mendapatkan diagnosis, dan kemudian mendapati dokter yang bisa menyakinkan atau bisa memberi diagnosis dengan yakin dan benar serta disertai dasar-dasarnya, maka mungkin rangkaian respons/reaksi berikutnya yaitu marah dan menyalahkan.

Pada rangkaian respons yang berikut ini orangtua akan marah terhadap berbagai hal dan menyalahkan segalanya. Mungkin marah dan menyalahkan diri sendiri, atau saling menyalahkan antara suami-istri atau terhadap orang lain. Bahkan mungkin marah kepada Tuhan yaitu kenapa diberi anak autistik, why me?!

Setelah terjadinya respons/reaksi marah dan menyalahkan, hal yang berikut yang terjadi yaitu penyangkalan (denial). Dalam tahap ini orangtua belum bisa menerima bahwa kenyataannyalah anak mereka autistik, sehingga bukannya berjuang (fight) untuk mengatasi autistik anak mereka, tetapi melakukan pelarian (flight) dari kenyataan berat/pahit ini yaitu dengan menyakinkan diri sendiri bukan autistik. Bahaya pada tahap ini adalah jika penyangkalan ini diperkuat oleh orang lain, baik itu dokter/profesional ataupun bukan yang menyatakan bahwa anaknya bukan autistik. Orangtua dapat tertahan/terperangkap di dalam fase penyangkalan ini, yang akhirnya tidak melakukan usaha-usaha apapun.

Jika fase penyangkalan (denial) dapat terlampaui, maka tahap berikutnya adalah fase bertanya-tanya yaitu orangtua mencari tahu, mencari lebih banyak lagi informasi tentang autisme dan diagnosis autisme. Yang akhirnya orangtua pasrah dan dapat menerima kenyataan yang sebenarnya. Beruntunglah orangtua yang bisa melalui fase-fase tersebut dan mencapai fase penerimaan/menerima (acceptance).

Perlu diketahui bahwa untuk masing-masing orang, tahap-tahap sampai dengan penerimaan ini berbeda-beda, baik berbeda dalam hal reaksi.respons yang keluar/tampak, maupun dalam lamanya masing-masing fase berlangsung. Ada orang yang bisa melalui seluruh fase ini dengan cepat sampai dengan ke fase penerimaan, namun ada pula yang melalui dengan lambat di satu dua fase ini ataupun seluruh fase ini. Ada juga orang yang tertahan/terperangkap dalam suatu fase, yaitu mungkin tidak percaya terus, mungkin marah terus, atau menyangkal terus, atau mungkin bertanya-tanya terus. Jika kita mengalami hal ini, maka sudah seharusnyalah terlebih dahulu kita yang mendapat terapi. Salah satu terapi yang berperan untuk penerimaan ini adalah terapi rohani, yaitu mendekatkan diri kepada Allah, sabar dan tawakal, serta harus yakin terhadap taqdir berupa qodar baik dan “buruk” yang sudah digariskan oleh Nya. Percayalah bahwa segala sesuatu yang berasal dari Allah pastilah baik, pastilah Allah mempunyai rencana mengapa kita dianugerahi anak autistik, dan rencana Allah pastilah baik. Tidak pernah rencana Allah jelek atau menzhalimi umatNya, karena boleh jadi yang tidak kita sukai/kehendaki sebenarnyalah baik bagi kita (sedangkan yang kita sukai/kehendaki sebenarnya tidak baik bagi kita). Minimal, bahwa kita diberi kepercayaan yang besar oleh Allah untuk mengurus dan menjaga seorang anak spesial ini. Jika kita diberi kepercayaan oleh atasan di tempat kerja kita saja bangga, diberi kepercayaan oleh seorang manusia saja kita berbangga, nah sudah seharusnyalah dan sepatutnyalah jika kita teramat sangat-sangat-sangat bangga diberi kepercayaan oleh Pencipta dan Penguasa seluruh alam semesta ini.

Saya juga pernah mengalami hal ini, yaitu dianugerahi seorang putra yang autistik. Namun rupanya Allah mempunyai rencana baikNya sendiri. Yaitu, oleh karena penulis seorang dokter spesialis anak yang sudah terbiasa membaca berbagai text-book, jurnal, dan berbagai publikasi ilmiah, maka bagi penulis relatif mudah melahap pengetahuan tentang autisme ini dan terutama sekali dalam mempelajari serta menguasai metode ABA (Applied Behavior Analysis), yaitu suatu metode yang dasar-dasarnya sudah dikembangkan lebih dari 1 abad dan melalui banyak sekali penelitan, serta metode yang praktis, sistematis, terstruktur dan terukur, terlebih lagi sudah terbukti efektif dan efisien. Di samping ABA, juga Biomedical Intervention Therapy, yaitu pada tahun 2.000 penulis diminta oleh ibu Debby Sianturi yang adalah Ketua YPAI (Yayasan Peduli Autisme Indonesai) untuk menjadi Leader MD dalam mendampingi sekitar 20 orangtua selama persiapan serta selama sesi-sesi konsultasi dengan dokter Jeff Bradstreet, yaitu ahli dan praktisi Biomedical Intervention Therapy yang berkenan datang ke Indonesia. Sehingga akhirnya penanganan autisme di Indonesia terarah dalam jalur yang benar, yang bahkan tidak dialami./dinikmati oleh banyak negara lain, sehingga kemudian atas izin Allah dengan ABA dan Biomedical Intervention Therapy ini maka telah banyak penyandang autisme di Indonesia (dan Amerika) mencapai tingkat yang bisa dikatakan sembuh, yaitu suatu tingkat yang dulu dikatakan sebagai hal yang mustahil. Itulah rencana Allah, yaitu penulis dianugerahi anak autistik agar supaya menguasai penanganan autisme yang benar serta bisa menyebarluaskan untuk anak-anak/orangtua lain sehingga penanganan autisme di Indonesia berada dalam jalur yang benar, dengan hadiah bagi penulis yaitu Allah SWT menghadiahi kesembuhan kepada anak penulis, bahkan termasuk anak yang berprestasi.

Jadi, bagi orangtua, jangan membuang-buang waktu, tidak perlu lagi coba-coba metode lain yang tidak mempunyai dasar ilmiah, dan/atau belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan efisiensinya.


Sejak tahun 1968 sudah ada metode ABA untuk Autisme, yang kemudian sejak tahun 2009 di Indonesia, saya dan Ibu Arneliza Anwar kembangkan menjadi smart ABA yang (almost) perfect seperti yang dikemukakan pada baris-baris sebelumnya, di samping juga adanya Biomedical Intervention Therapy yang bukan merupakan ilmu baru dan bukan ilmu alternatif, tetapi merupakan ilmu kedokteran mainstreaming karena dasar-dasar ilmiahnya serta praktek-prakteknya adalah dari ilmu-ilmu kedokteran yang sudah ada.




Seorang sahabat yang anak autistiknya sudah cukup besar pada tahun 2000 mengatakan kepada saya bahwa “mungkin apa-apa yang kita rintis sekarang ini bukan untuk anak-anak kita, tetapi pastilah orang-orangtua dan anak-anak mereka sesudah generasi kita ini akan menikmati buah/hasil dari rintisan kita saat ini”.

Jadi, intinya pesan bagi orangtua yang anaknya didiagnosis autisme, adalah:

  1. Ketahui dan sadari bahwa ada suatu mekanisme yang merupakan suatu refleks tubuh dalam menghadapi suatu kenyataan yang berat.
  2. Jangan sampai berlama-lama apalagi tertahan pada suatu fase yang menyebabkan tertundanya anak mendapat intervensi dini yang sesuai. Mungkin perlu berkonsultasi dengan ahli di bidang kejiwaan/psikologi, bila perlu orangtua mendapat obat-obat yang sesuai. Terapi yang jangan dilupakan dan yang terpenting adalah terapi rohani.
  3. Jika lingkungan melihat orangtua tidak dapat menerima kenyataan (tidak mencapai tahap penerimaan) dengan segera (atau suami/istri mengetahui bahwa kondisi pasangannya adalah demikian), maka sebaiknya menolong dengan misalnya menghubungi alim-ulama/pemuka-agama yang “suaranya (nasihatnya) didengar” oleh orangtua tersebut.
  4. Setelah melewati masa berduka ini, segeralah mempelajari segala sesuatu tentang autisme, dan terutama tentang terapi yang tepat untuk autisme.
  5. Orangtua harus kritis terhadap berbagai hal, terutama sekali tentang metode terapi dan/atau terapis dan/atau tempat-tempat terapi.
    1. Pilihlah terapis/tempat-terapi yang menggunakan metode terapi yang dirancang khusus untuk autistik dan yang secara ilmiah telah terbukti efektif dan efisien. Karena banyak terapis/tempat-terapi yang tidak menggunakan metode tertentu, atau metode yang bukan dirancang untuk autisme, atau metode yang tidak ada dasar ilmiahnya maupun tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan metode itu efektif dan efisien.
    2. Pilihlah terapis/tempat-terapi yang yakin bahwa autisme adalah suatu kondisi yang dapat disembuhkan. Oleh karena sementara ini ada orang-orang yang masih mempunyai keyakinan bahwa autisme tidak bisa sembuh/disembuhkan. Orang-orang seperti itu pastilah tidak akan serius menangani anak autistik kita, oleh karena mungkin mereka akan berpikir “serius tidak serius, toh tidak akan sembuh, jadi lebih baik santai sajalaaah...”. Hanya mereka yang yakin bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan yang akan “jumpalitan” mengerahkan segala tenaga dan kemampuan dalam menangani anak-anak autistik kita.
    3. Tanyakan assessment (penilaian) sebelum terapi dimulai. Tanyakan kurikulum/program/aktivitas yang akan dilakukan/diterapkan pada anak kita. Teliti dan tanyakan kaitan antara assessment dengan kurikulum/program.aktivitas, yang seharusnya link and match. Karena banyak yang melakukan terapi tanpa melakukan assessment, ataupun assessment hanya dilakukan sekedar formalitas sehingga kurikulum/program/aktivitas tidak berdasarkan hasil assessment yang baik dan benar.
    4. Orangtua jangan malu/kuatir dikatakan cerewet, oleh karena sepenuhnya hak orangtua untuk diberi informasi yang cukup dan menanyakan berbagai hal yang ingin diketahuinya dan/atau tidak dimengerti/difahaminya, sebelum terapi dilakukan, yang mana merupakan bagian dari informed-consent.
  6. Bergabunglah dengan kelompok orangtua yang mempunyai keyakinan bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan, sehingga tidak merasa sendirian di dunia ini, serta dapat berbagi suka-duka serta pemecahan/mengatasi masalah. Pengalaman-pengalaman positif dari orang-orangtua yang lebih dahulu menangani anak autistik mereka, akan sangat bermanfaat bagi kita sehingga menghemat waktu yang sangat berharga ini dalam penanganan anak autistik kita.
  7. Penanganan penyandang autisme secara serius dengan smart ABA dan smart Biomedical Intervention Therapy, akan menguras banyak waktu, tenaga, dan perhatian. Tetapi jangan dilupakan bahwa kita sebagai orangtua adalah juga manusia biasa, yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kita tidak termasuk manusia super, sehingga konsentrasi kita terhadap penyembuhan anak autistik kita akan menguras banyak enerji dan kapasitas mental kita. Sehingga akhirnya bisa terjadi suatu kondisi yang disebut sebagai burn-out. Yaitu sampai batas kemampuan kita terlampaui, maka kita akan jenuh, sehingga kita jadi tidak melakukan apapun. Tidak bisa melakukan apapun, tidak mampu melakukan apapun, tidak mempunyai semangat serta gairah untuk melakukan apapun. Ujung-ujungnya malah yang tadinya kita top-full-speed, malah menjadi seperti menelantarkan anak spesial kita itu.

Jadi, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, maka kita perlu meluangkan suatu waktu atau suatu hari untuk “berlibur”, Me-Day, hariku, hari khusus untuk diriku. Bisa saja itu sehari penuh atau kurang, namun intinya adalah break, istirahat, luangkan waktu untuk diri kita, tinggalkan sementara semua persoalan, semua kepusingan, semua kekacauan, semua kecemasan, semua gundah-gulana, dll.

Luangkan waktu sejenak untuk diri kita saja, bersenang-senanglah, hiburlah diri kita, agar supaya kita kembali segar, kembali di-charge, kembali semangat, kembali bergairah untuk kembali menangani anak spesial kita. Hal ini tidak identik dengan kita perlu mengeluarkan biaya yang besar, mungkin saja hanya sekedar duduk di pinggir pantai, mendengarkan debur ombak, sambil makan makanan kecil, menikmati minuman ringan, dan memandangi tenggelamnya matahari. Pokoknya suatu hal yang kita suka serta menyenangkan dan mungkin seperti yang dulu kadang/sering kita lakukan. Ini seperti halnya orang bekerja, kenapa harus ada libur mingguan (hari Minggu atau Sabtu dan Minggu), kenapa perlu cuti tahunan. Jawabannya adalah untuk refreshing, untuk recharge.

  1. Selain itu, hal yang penting juga adalah memperhatikan pasangan (suami/istri) kita. Statistik memperlihatkan bahwa angka perceraian lebih tinggi pada keluarga yang mempunyai anak autistik, dibandingkan dengan keluarga yang tidak mempunyai anak autistik. Di samping itu juga, perlu diperhatikan terjadinya sibling-rivalry (rivalitas saudara kandung), dimana terjadi kecemburuan pada anak yang non autistik, oleh karena perhatian kedua orangtuanya tercurah pada anak yang autistik.


 

KID ABA Shop

Tersedia Berbagai Kebutuhan Pro Autisi

10 Jenis Beras, 5 Macam Daging HALAL, 6 Minyak Goreng, Garam Himalaya, Alat Masak Kaca, Wadah Kaca, Botol Kaca, Sendok Kayu, Sabun Mandi, Sabun Cuci, Siwak, dlsb


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)



Lowongan Terapis

Sebagai Terapis Smart ABA

(Smart Applied Behavior Analysis)
Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

  • Wanita Muslimah, Taat Dan Takut Pada Allah
  • Rutin Shalat Awal Waktu, Dan Hafal Minimal Al-Fatihah, Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas
  • Bersedia Menggunakan Busana Muslimah Syar'i (Diberikan)
  • S1 (Sarjana) Lulusan Apapun (Semua Jurusan, Misalnya Ekonomi, Hukum, Tehnik, Informatika, Pertanian, Peternakan, Gizi, Keperawatan, Matematika, Biologi, Pendidikan Islam, dlsb)
  • Usia Maksimal 27 Tahun
  • Belum Menikah. Tidak berencana menikah dalam 2 tahun masa kontrak.
  • Sehat Jasmani dan Rohani. Tidak ada penyakit kronis.
  • Tidak Ada Cacat/Masalah Fisik, Tidak Berkacamata, Tidak Cadel, Tidak Ada Masalah Pendengaran, Tidak Menggunakan Alat Bantu Dengar / Lainnya
  • Jujur, Rajin, Amanah, Berakhlak / Beradab / Beretika
  • Bisa Bekerjasama Dalam Team, Dan Bertanggung Jawab
  • Bersedia Mengikuti Training Dan Magang Sekitar 1-6 Bulan/Lebih
  • Bersedia Menjalani Kontrak Ikatan Kerja 3 (Tiga) Tahun
  • Bersedia Ditempatkan Di Seluruh Indonesia (Maupun Seluruh Dunia » Dalam Perencanaan)
  • (Untuk Penempatan Di Seluruh Dunia: Mampu Berbahasa Inggris Aktif » Dalam Perencanaan)
  • Belum Pernah Menangani Autisi (Penyandang Autisme)
  • Bersedia Mengikuti Seluruh Peraturan Tertulis Maupun Tidak Tertulis

CV dan Surat Lamaran:  

Via Email:
terapis@kidaba.com

Via WhatsApp:
+62-85-100-90-6000

Via Pos:
KID-ABA Ultimate, Grand Wisata Blok AA 11 No.56-57-58, Tambun, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia

Via Form Website:

(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)

KID ABA Ultimate
Mendidik Generasi Milenial
Menjadi Generasi Qur'ani, Rabbani, Penegak Islam Berakhlak Mulia Sejak Dini


Tanya Ahli

AUTISME...?

Tanyakan Ahlinya ! Gratis

+62-889-8000-6000
(WhatsApp Only)

Mohon tulis nama-lengkap bapak/ibu dan gelar lengkap (jika ada), serta kota tempat tinggal.

Autism Is Curable - Insha Allah
Dengan Smart-ABA dan Smart-BIT

Terapi Autisme Jaman Now


Appointment Konsultasi

Anak Terlambat Bicara?

Curiga Anak Anda Autisme?

Anak Anda Didiagnosis Autisme?

Ingin Konsultasi Temu Muka Lebih Lanjut Dengan Dokter Khusus Autisme?

Aplikasi ini untuk melakukan/mendapatkan penjadwalan tanggal dan jam untuk Konsultasi Temu Muka dengan DOKTER KHUSUS yang menangani Autisme di KID ABA Ultimate, Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


KID ABA Shop

Tersedia Berbagai Kebutuhan Pro Autisi

10 Jenis Beras, 5 Macam Daging HALAL, 6 Minyak Goreng, Garam Himalaya, Alat Masak Kaca, Wadah Kaca, Botol Kaca, Sendok Kayu, Sabun Mandi, Sabun Cuci, Siwak, dlsb


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Artikel Smart ABA dan Smart BIT

PESAN UNTUK ORANGTUA ANAK AUTISTIK

Autisme, smart ABA & smart BIT untuk Autisme
dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA & smart BIT untuk Autisme)

Artikel ini telah dibaca: 2805 kali, sejak 30 Maret 2017
Waktu terakhir dibaca 01 Oktober 2020, jam 10:01:36

 

Pesan untuk orangtua anak autistik

Autisme, smart ABA & smart BIT untuk Autisme
dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA & smart BIT untuk Autisme)

Pesan untuk orangtua anak autistik || Autisme ABA Applied Behavior Analysis Lovaas Indonesia Jakarta Bekasi

Pesan Untuk Orangtua

dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I
(Konsultan smart ABA & smart BIT untuk Autisme)

Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika orangtua tidak faham apa itu autisme, mungkin diagnosis autisme tidak berpengaruh pada orangtua. Namun jika orangtua tahu atau kemudian tahu atau faham tentang autisme, maka akan terjadi suatu rangkaian reaksi yang disebut sebagai coping-mechanism yaitu sebagaimana yang umum terjadi pada seseorang dalam menghadapi/mengalami suatu kenyataan berat seperti misalnya saat seseorang diberitahu menderita kanker, atau saat seseorang kehilangan orang yang dicintainya, dan lain sebagainya.

Reaksi/respons yang pertama terjadi adalah awalnya orangtua akan syok, kaget, dan tidak percaya serta mempertanyakan diagnosis. Bisa jadi kemudian orangtua mencari second-opinion dari dokter yang lain, bahkan mungkin tidak cukup 1-2 dokter saja. Hal ini bisa menyebabkan tertundanya intervensi dini yang sangat dibutuhkan oleh anak autistik. Hal yang berbahaya ialah jika dalam perjalanan shopping dokter ini, kemudian bertemu dengan dokter yang tidak menguasai autisme tetapi dengan menyakinkan mengatakan bukan autisme, sehingga menyebabkan orangtua tidak lagi mencoba mencari tahu atau mendapatkan diagnosis.

Namun orangtua yang memperhatikan anaknya, kemudian akan menyadari bahwa anak autistiknya memang benar-benar berbeda dengan anak sepantarannya seumumnya, apakah itu dibandingkan dengan kakaknya waktu seumur anaknya yang sekarang, atau dibanding sepupu anaknya, atau dibanding anak teman atau tetangga. Yang pasti orangtua yang memperhatikan anaknya akan melihat perbedaan tersebut, dan atau menyadari bahwa anak autistiknya tidak juga mengalami kemampuan yang diharap-harapkan misalnya tidak juga anak berbicara, dan atau semakin jelas terlihat perilaku autistiknya. Jika kemudian orangtua melanjutkan lagi shopping dokter untuk mendapatkan diagnosis, dan kemudian mendapati dokter yang bisa menyakinkan atau bisa memberi diagnosis dengan yakin dan benar serta disertai dasar-dasarnya, maka mungkin rangkaian respons/reaksi berikutnya yaitu marah dan menyalahkan.

Pada rangkaian respons yang berikut ini orangtua akan marah terhadap berbagai hal dan menyalahkan segalanya. Mungkin marah dan menyalahkan diri sendiri, atau saling menyalahkan antara suami-istri atau terhadap orang lain. Bahkan mungkin marah kepada Tuhan yaitu kenapa diberi anak autistik, why me?!

Setelah terjadinya respons/reaksi marah dan menyalahkan, hal yang berikut yang terjadi yaitu penyangkalan (denial). Dalam tahap ini orangtua belum bisa menerima bahwa kenyataannyalah anak mereka autistik, sehingga bukannya berjuang (fight) untuk mengatasi autistik anak mereka, tetapi melakukan pelarian (flight) dari kenyataan berat/pahit ini yaitu dengan menyakinkan diri sendiri bukan autistik. Bahaya pada tahap ini adalah jika penyangkalan ini diperkuat oleh orang lain, baik itu dokter/profesional ataupun bukan yang menyatakan bahwa anaknya bukan autistik. Orangtua dapat tertahan/terperangkap di dalam fase penyangkalan ini, yang akhirnya tidak melakukan usaha-usaha apapun.

Jika fase penyangkalan (denial) dapat terlampaui, maka tahap berikutnya adalah fase bertanya-tanya yaitu orangtua mencari tahu, mencari lebih banyak lagi informasi tentang autisme dan diagnosis autisme. Yang akhirnya orangtua pasrah dan dapat menerima kenyataan yang sebenarnya. Beruntunglah orangtua yang bisa melalui fase-fase tersebut dan mencapai fase penerimaan/menerima (acceptance).

Perlu diketahui bahwa untuk masing-masing orang, tahap-tahap sampai dengan penerimaan ini berbeda-beda, baik berbeda dalam hal reaksi.respons yang keluar/tampak, maupun dalam lamanya masing-masing fase berlangsung. Ada orang yang bisa melalui seluruh fase ini dengan cepat sampai dengan ke fase penerimaan, namun ada pula yang melalui dengan lambat di satu dua fase ini ataupun seluruh fase ini. Ada juga orang yang tertahan/terperangkap dalam suatu fase, yaitu mungkin tidak percaya terus, mungkin marah terus, atau menyangkal terus, atau mungkin bertanya-tanya terus. Jika kita mengalami hal ini, maka sudah seharusnyalah terlebih dahulu kita yang mendapat terapi. Salah satu terapi yang berperan untuk penerimaan ini adalah terapi rohani, yaitu mendekatkan diri kepada Allah, sabar dan tawakal, serta harus yakin terhadap taqdir berupa qodar baik dan “buruk” yang sudah digariskan oleh Nya. Percayalah bahwa segala sesuatu yang berasal dari Allah pastilah baik, pastilah Allah mempunyai rencana mengapa kita dianugerahi anak autistik, dan rencana Allah pastilah baik. Tidak pernah rencana Allah jelek atau menzhalimi umatNya, karena boleh jadi yang tidak kita sukai/kehendaki sebenarnyalah baik bagi kita (sedangkan yang kita sukai/kehendaki sebenarnya tidak baik bagi kita). Minimal, bahwa kita diberi kepercayaan yang besar oleh Allah untuk mengurus dan menjaga seorang anak spesial ini. Jika kita diberi kepercayaan oleh atasan di tempat kerja kita saja bangga, diberi kepercayaan oleh seorang manusia saja kita berbangga, nah sudah seharusnyalah dan sepatutnyalah jika kita teramat sangat-sangat-sangat bangga diberi kepercayaan oleh Pencipta dan Penguasa seluruh alam semesta ini.

Saya juga pernah mengalami hal ini, yaitu dianugerahi seorang putra yang autistik. Namun rupanya Allah mempunyai rencana baikNya sendiri. Yaitu, oleh karena penulis seorang dokter spesialis anak yang sudah terbiasa membaca berbagai text-book, jurnal, dan berbagai publikasi ilmiah, maka bagi penulis relatif mudah melahap pengetahuan tentang autisme ini dan terutama sekali dalam mempelajari serta menguasai metode ABA (Applied Behavior Analysis), yaitu suatu metode yang dasar-dasarnya sudah dikembangkan lebih dari 1 abad dan melalui banyak sekali penelitan, serta metode yang praktis, sistematis, terstruktur dan terukur, terlebih lagi sudah terbukti efektif dan efisien. Di samping ABA, juga Biomedical Intervention Therapy, yaitu pada tahun 2.000 penulis diminta oleh ibu Debby Sianturi yang adalah Ketua YPAI (Yayasan Peduli Autisme Indonesai) untuk menjadi Leader MD dalam mendampingi sekitar 20 orangtua selama persiapan serta selama sesi-sesi konsultasi dengan dokter Jeff Bradstreet, yaitu ahli dan praktisi Biomedical Intervention Therapy yang berkenan datang ke Indonesia. Sehingga akhirnya penanganan autisme di Indonesia terarah dalam jalur yang benar, yang bahkan tidak dialami./dinikmati oleh banyak negara lain, sehingga kemudian atas izin Allah dengan ABA dan Biomedical Intervention Therapy ini maka telah banyak penyandang autisme di Indonesia (dan Amerika) mencapai tingkat yang bisa dikatakan sembuh, yaitu suatu tingkat yang dulu dikatakan sebagai hal yang mustahil. Itulah rencana Allah, yaitu penulis dianugerahi anak autistik agar supaya menguasai penanganan autisme yang benar serta bisa menyebarluaskan untuk anak-anak/orangtua lain sehingga penanganan autisme di Indonesia berada dalam jalur yang benar, dengan hadiah bagi penulis yaitu Allah SWT menghadiahi kesembuhan kepada anak penulis, bahkan termasuk anak yang berprestasi.

Jadi, bagi orangtua, jangan membuang-buang waktu, tidak perlu lagi coba-coba metode lain yang tidak mempunyai dasar ilmiah, dan/atau belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan efisiensinya.


Sejak tahun 1968 sudah ada metode ABA untuk Autisme, yang kemudian sejak tahun 2009 di Indonesia, saya dan Ibu Arneliza Anwar kembangkan menjadi smart ABA yang (almost) perfect seperti yang dikemukakan pada baris-baris sebelumnya, di samping juga adanya Biomedical Intervention Therapy yang bukan merupakan ilmu baru dan bukan ilmu alternatif, tetapi merupakan ilmu kedokteran mainstreaming karena dasar-dasar ilmiahnya serta praktek-prakteknya adalah dari ilmu-ilmu kedokteran yang sudah ada.




Seorang sahabat yang anak autistiknya sudah cukup besar pada tahun 2000 mengatakan kepada saya bahwa “mungkin apa-apa yang kita rintis sekarang ini bukan untuk anak-anak kita, tetapi pastilah orang-orangtua dan anak-anak mereka sesudah generasi kita ini akan menikmati buah/hasil dari rintisan kita saat ini”.

Jadi, intinya pesan bagi orangtua yang anaknya didiagnosis autisme, adalah:

  1. Ketahui dan sadari bahwa ada suatu mekanisme yang merupakan suatu refleks tubuh dalam menghadapi suatu kenyataan yang berat.
  2. Jangan sampai berlama-lama apalagi tertahan pada suatu fase yang menyebabkan tertundanya anak mendapat intervensi dini yang sesuai. Mungkin perlu berkonsultasi dengan ahli di bidang kejiwaan/psikologi, bila perlu orangtua mendapat obat-obat yang sesuai. Terapi yang jangan dilupakan dan yang terpenting adalah terapi rohani.
  3. Jika lingkungan melihat orangtua tidak dapat menerima kenyataan (tidak mencapai tahap penerimaan) dengan segera (atau suami/istri mengetahui bahwa kondisi pasangannya adalah demikian), maka sebaiknya menolong dengan misalnya menghubungi alim-ulama/pemuka-agama yang “suaranya (nasihatnya) didengar” oleh orangtua tersebut.
  4. Setelah melewati masa berduka ini, segeralah mempelajari segala sesuatu tentang autisme, dan terutama tentang terapi yang tepat untuk autisme.
  5. Orangtua harus kritis terhadap berbagai hal, terutama sekali tentang metode terapi dan/atau terapis dan/atau tempat-tempat terapi.
    1. Pilihlah terapis/tempat-terapi yang menggunakan metode terapi yang dirancang khusus untuk autistik dan yang secara ilmiah telah terbukti efektif dan efisien. Karena banyak terapis/tempat-terapi yang tidak menggunakan metode tertentu, atau metode yang bukan dirancang untuk autisme, atau metode yang tidak ada dasar ilmiahnya maupun tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan metode itu efektif dan efisien.
    2. Pilihlah terapis/tempat-terapi yang yakin bahwa autisme adalah suatu kondisi yang dapat disembuhkan. Oleh karena sementara ini ada orang-orang yang masih mempunyai keyakinan bahwa autisme tidak bisa sembuh/disembuhkan. Orang-orang seperti itu pastilah tidak akan serius menangani anak autistik kita, oleh karena mungkin mereka akan berpikir “serius tidak serius, toh tidak akan sembuh, jadi lebih baik santai sajalaaah...”. Hanya mereka yang yakin bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan yang akan “jumpalitan” mengerahkan segala tenaga dan kemampuan dalam menangani anak-anak autistik kita.
    3. Tanyakan assessment (penilaian) sebelum terapi dimulai. Tanyakan kurikulum/program/aktivitas yang akan dilakukan/diterapkan pada anak kita. Teliti dan tanyakan kaitan antara assessment dengan kurikulum/program.aktivitas, yang seharusnya link and match. Karena banyak yang melakukan terapi tanpa melakukan assessment, ataupun assessment hanya dilakukan sekedar formalitas sehingga kurikulum/program/aktivitas tidak berdasarkan hasil assessment yang baik dan benar.
    4. Orangtua jangan malu/kuatir dikatakan cerewet, oleh karena sepenuhnya hak orangtua untuk diberi informasi yang cukup dan menanyakan berbagai hal yang ingin diketahuinya dan/atau tidak dimengerti/difahaminya, sebelum terapi dilakukan, yang mana merupakan bagian dari informed-consent.
  6. Bergabunglah dengan kelompok orangtua yang mempunyai keyakinan bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan, sehingga tidak merasa sendirian di dunia ini, serta dapat berbagi suka-duka serta pemecahan/mengatasi masalah. Pengalaman-pengalaman positif dari orang-orangtua yang lebih dahulu menangani anak autistik mereka, akan sangat bermanfaat bagi kita sehingga menghemat waktu yang sangat berharga ini dalam penanganan anak autistik kita.
  7. Penanganan penyandang autisme secara serius dengan smart ABA dan smart Biomedical Intervention Therapy, akan menguras banyak waktu, tenaga, dan perhatian. Tetapi jangan dilupakan bahwa kita sebagai orangtua adalah juga manusia biasa, yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kita tidak termasuk manusia super, sehingga konsentrasi kita terhadap penyembuhan anak autistik kita akan menguras banyak enerji dan kapasitas mental kita. Sehingga akhirnya bisa terjadi suatu kondisi yang disebut sebagai burn-out. Yaitu sampai batas kemampuan kita terlampaui, maka kita akan jenuh, sehingga kita jadi tidak melakukan apapun. Tidak bisa melakukan apapun, tidak mampu melakukan apapun, tidak mempunyai semangat serta gairah untuk melakukan apapun. Ujung-ujungnya malah yang tadinya kita top-full-speed, malah menjadi seperti menelantarkan anak spesial kita itu.

Jadi, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, maka kita perlu meluangkan suatu waktu atau suatu hari untuk “berlibur”, Me-Day, hariku, hari khusus untuk diriku. Bisa saja itu sehari penuh atau kurang, namun intinya adalah break, istirahat, luangkan waktu untuk diri kita, tinggalkan sementara semua persoalan, semua kepusingan, semua kekacauan, semua kecemasan, semua gundah-gulana, dll.

Luangkan waktu sejenak untuk diri kita saja, bersenang-senanglah, hiburlah diri kita, agar supaya kita kembali segar, kembali di-charge, kembali semangat, kembali bergairah untuk kembali menangani anak spesial kita. Hal ini tidak identik dengan kita perlu mengeluarkan biaya yang besar, mungkin saja hanya sekedar duduk di pinggir pantai, mendengarkan debur ombak, sambil makan makanan kecil, menikmati minuman ringan, dan memandangi tenggelamnya matahari. Pokoknya suatu hal yang kita suka serta menyenangkan dan mungkin seperti yang dulu kadang/sering kita lakukan. Ini seperti halnya orang bekerja, kenapa harus ada libur mingguan (hari Minggu atau Sabtu dan Minggu), kenapa perlu cuti tahunan. Jawabannya adalah untuk refreshing, untuk recharge.

  1. Selain itu, hal yang penting juga adalah memperhatikan pasangan (suami/istri) kita. Statistik memperlihatkan bahwa angka perceraian lebih tinggi pada keluarga yang mempunyai anak autistik, dibandingkan dengan keluarga yang tidak mempunyai anak autistik. Di samping itu juga, perlu diperhatikan terjadinya sibling-rivalry (rivalitas saudara kandung), dimana terjadi kecemburuan pada anak yang non autistik, oleh karena perhatian kedua orangtuanya tercurah pada anak yang autistik.


 

 

Diagnosis App

Anak Terlambat Bicara?

Apakah Anak Anda Autisme?

Aplikasi Untuk Diagnosis Autisme

Aplikasi ini untuk digunakan dokter / orangtua / keluarga / guru / terapis / profesional / klinik atau siapapun, untuk keperluan penyaring (SCREENING kemungkinan autisme ataukah tidak) maupun DIAGNOSIS autisme itu sendiri.


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Smart BIT-App

Aplikasi Untuk Pelaksanaan Smart BIT (Biomedical Intervention Therapy) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Smart BIT terdiri dari Comprehensive Diet, Obat, dan Suplemen.
Aplikasi ini untuk membantu orangtua (dan dokter) dalam pelaksanaannya


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Smart ABA-App

Aplikasi Untuk Pelaksanaan Smart ABA (Applied Behavior Analysis) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Aplikasi ini meliputi Kurikulum Sistematik, Penilaian Berlangsungnya Teaching Session, Pelaporan Sesi dan Pekanan, Bimbingan dan Konsultasi Masalah


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Lowongan Terapis

Sebagai Terapis Smart ABA

(Smart Applied Behavior Analysis)
Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

  • Wanita Muslimah, Taat Dan Takut Pada Allah
  • Rutin Shalat Awal Waktu, Dan Hafal Minimal Al-Fatihah, Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas
  • Bersedia Menggunakan Busana Muslimah Syar'i (Diberikan)
  • S1 (Sarjana) Lulusan Apapun (Semua Jurusan, Misalnya Ekonomi, Hukum, Tehnik, Informatika, Pertanian, Peternakan, Gizi, Keperawatan, Matematika, Biologi, Pendidikan Islam, dlsb)
  • Usia Maksimal 27 Tahun
  • Belum Menikah. Tidak berencana menikah dalam 2 tahun masa kontrak.
  • Sehat Jasmani dan Rohani. Tidak ada penyakit kronis.
  • Tidak Ada Cacat/Masalah Fisik, Tidak Berkacamata, Tidak Cadel, Tidak Ada Masalah Pendengaran, Tidak Menggunakan Alat Bantu Dengar / Lainnya
  • Jujur, Rajin, Amanah, Berakhlak / Beradab / Beretika
  • Bisa Bekerjasama Dalam Team, Dan Bertanggung Jawab
  • Bersedia Mengikuti Training Dan Magang Sekitar 1-6 Bulan/Lebih
  • Bersedia Menjalani Kontrak Ikatan Kerja 3 (Tiga) Tahun
  • Bersedia Ditempatkan Di Seluruh Indonesia (Maupun Seluruh Dunia » Dalam Perencanaan)
  • (Untuk Penempatan Di Seluruh Dunia: Mampu Berbahasa Inggris Aktif » Dalam Perencanaan)
  • Belum Pernah Menangani Autisi (Penyandang Autisme)
  • Bersedia Mengikuti Seluruh Peraturan Tertulis Maupun Tidak Tertulis

CV dan Surat Lamaran:  

Via Email:
terapis@kidaba.com

Via WhatsApp:
+62-85-100-90-6000

Via Pos:
KID-ABA Ultimate, Grand Wisata Blok AA 11 No.56-57-58, Tambun, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia

Via Form Website:

(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)

KID ABA Ultimate
Mendidik Generasi Milenial
Menjadi Generasi Qur'ani, Rabbani, Penegak Islam Berakhlak Mulia Sejak Dini


Aplikasi

AUTISME..?
Tanyakan Ahlinya..! Gratis

+62-889-8000-6000
(WhatsApp Only)

Mohon Maaf Aplikasi Tersebut Di Atas BELUM Berjalan (Masih Dalam Pengembangan)

Artikel Smart ABA dan Smart BIT

PESAN UNTUK ORANGTUA ANAK AUTISTIK

Autisme, smart ABA & smart BIT untuk Autisme
dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA & smart BIT untuk Autisme)

Artikel ini telah dibaca: 2805 kali, sejak 30 Maret 2017
Waktu terakhir dibaca 01 Oktober 2020, jam 10:01:36

 

Pesan untuk orangtua anak autistik

Autisme, smart ABA & smart BIT untuk Autisme
dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA & smart BIT untuk Autisme)

Pesan untuk orangtua anak autistik || Autisme ABA Applied Behavior Analysis Lovaas Indonesia Jakarta Bekasi

Pesan Untuk Orangtua

dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I
(Konsultan smart ABA & smart BIT untuk Autisme)

Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika orangtua tidak faham apa itu autisme, mungkin diagnosis autisme tidak berpengaruh pada orangtua. Namun jika orangtua tahu atau kemudian tahu atau faham tentang autisme, maka akan terjadi suatu rangkaian reaksi yang disebut sebagai coping-mechanism yaitu sebagaimana yang umum terjadi pada seseorang dalam menghadapi/mengalami suatu kenyataan berat seperti misalnya saat seseorang diberitahu menderita kanker, atau saat seseorang kehilangan orang yang dicintainya, dan lain sebagainya.

Reaksi/respons yang pertama terjadi adalah awalnya orangtua akan syok, kaget, dan tidak percaya serta mempertanyakan diagnosis. Bisa jadi kemudian orangtua mencari second-opinion dari dokter yang lain, bahkan mungkin tidak cukup 1-2 dokter saja. Hal ini bisa menyebabkan tertundanya intervensi dini yang sangat dibutuhkan oleh anak autistik. Hal yang berbahaya ialah jika dalam perjalanan shopping dokter ini, kemudian bertemu dengan dokter yang tidak menguasai autisme tetapi dengan menyakinkan mengatakan bukan autisme, sehingga menyebabkan orangtua tidak lagi mencoba mencari tahu atau mendapatkan diagnosis.

Namun orangtua yang memperhatikan anaknya, kemudian akan menyadari bahwa anak autistiknya memang benar-benar berbeda dengan anak sepantarannya seumumnya, apakah itu dibandingkan dengan kakaknya waktu seumur anaknya yang sekarang, atau dibanding sepupu anaknya, atau dibanding anak teman atau tetangga. Yang pasti orangtua yang memperhatikan anaknya akan melihat perbedaan tersebut, dan atau menyadari bahwa anak autistiknya tidak juga mengalami kemampuan yang diharap-harapkan misalnya tidak juga anak berbicara, dan atau semakin jelas terlihat perilaku autistiknya. Jika kemudian orangtua melanjutkan lagi shopping dokter untuk mendapatkan diagnosis, dan kemudian mendapati dokter yang bisa menyakinkan atau bisa memberi diagnosis dengan yakin dan benar serta disertai dasar-dasarnya, maka mungkin rangkaian respons/reaksi berikutnya yaitu marah dan menyalahkan.

Pada rangkaian respons yang berikut ini orangtua akan marah terhadap berbagai hal dan menyalahkan segalanya. Mungkin marah dan menyalahkan diri sendiri, atau saling menyalahkan antara suami-istri atau terhadap orang lain. Bahkan mungkin marah kepada Tuhan yaitu kenapa diberi anak autistik, why me?!

Setelah terjadinya respons/reaksi marah dan menyalahkan, hal yang berikut yang terjadi yaitu penyangkalan (denial). Dalam tahap ini orangtua belum bisa menerima bahwa kenyataannyalah anak mereka autistik, sehingga bukannya berjuang (fight) untuk mengatasi autistik anak mereka, tetapi melakukan pelarian (flight) dari kenyataan berat/pahit ini yaitu dengan menyakinkan diri sendiri bukan autistik. Bahaya pada tahap ini adalah jika penyangkalan ini diperkuat oleh orang lain, baik itu dokter/profesional ataupun bukan yang menyatakan bahwa anaknya bukan autistik. Orangtua dapat tertahan/terperangkap di dalam fase penyangkalan ini, yang akhirnya tidak melakukan usaha-usaha apapun.

Jika fase penyangkalan (denial) dapat terlampaui, maka tahap berikutnya adalah fase bertanya-tanya yaitu orangtua mencari tahu, mencari lebih banyak lagi informasi tentang autisme dan diagnosis autisme. Yang akhirnya orangtua pasrah dan dapat menerima kenyataan yang sebenarnya. Beruntunglah orangtua yang bisa melalui fase-fase tersebut dan mencapai fase penerimaan/menerima (acceptance).

Perlu diketahui bahwa untuk masing-masing orang, tahap-tahap sampai dengan penerimaan ini berbeda-beda, baik berbeda dalam hal reaksi.respons yang keluar/tampak, maupun dalam lamanya masing-masing fase berlangsung. Ada orang yang bisa melalui seluruh fase ini dengan cepat sampai dengan ke fase penerimaan, namun ada pula yang melalui dengan lambat di satu dua fase ini ataupun seluruh fase ini. Ada juga orang yang tertahan/terperangkap dalam suatu fase, yaitu mungkin tidak percaya terus, mungkin marah terus, atau menyangkal terus, atau mungkin bertanya-tanya terus. Jika kita mengalami hal ini, maka sudah seharusnyalah terlebih dahulu kita yang mendapat terapi. Salah satu terapi yang berperan untuk penerimaan ini adalah terapi rohani, yaitu mendekatkan diri kepada Allah, sabar dan tawakal, serta harus yakin terhadap taqdir berupa qodar baik dan “buruk” yang sudah digariskan oleh Nya. Percayalah bahwa segala sesuatu yang berasal dari Allah pastilah baik, pastilah Allah mempunyai rencana mengapa kita dianugerahi anak autistik, dan rencana Allah pastilah baik. Tidak pernah rencana Allah jelek atau menzhalimi umatNya, karena boleh jadi yang tidak kita sukai/kehendaki sebenarnyalah baik bagi kita (sedangkan yang kita sukai/kehendaki sebenarnya tidak baik bagi kita). Minimal, bahwa kita diberi kepercayaan yang besar oleh Allah untuk mengurus dan menjaga seorang anak spesial ini. Jika kita diberi kepercayaan oleh atasan di tempat kerja kita saja bangga, diberi kepercayaan oleh seorang manusia saja kita berbangga, nah sudah seharusnyalah dan sepatutnyalah jika kita teramat sangat-sangat-sangat bangga diberi kepercayaan oleh Pencipta dan Penguasa seluruh alam semesta ini.

Saya juga pernah mengalami hal ini, yaitu dianugerahi seorang putra yang autistik. Namun rupanya Allah mempunyai rencana baikNya sendiri. Yaitu, oleh karena penulis seorang dokter spesialis anak yang sudah terbiasa membaca berbagai text-book, jurnal, dan berbagai publikasi ilmiah, maka bagi penulis relatif mudah melahap pengetahuan tentang autisme ini dan terutama sekali dalam mempelajari serta menguasai metode ABA (Applied Behavior Analysis), yaitu suatu metode yang dasar-dasarnya sudah dikembangkan lebih dari 1 abad dan melalui banyak sekali penelitan, serta metode yang praktis, sistematis, terstruktur dan terukur, terlebih lagi sudah terbukti efektif dan efisien. Di samping ABA, juga Biomedical Intervention Therapy, yaitu pada tahun 2.000 penulis diminta oleh ibu Debby Sianturi yang adalah Ketua YPAI (Yayasan Peduli Autisme Indonesai) untuk menjadi Leader MD dalam mendampingi sekitar 20 orangtua selama persiapan serta selama sesi-sesi konsultasi dengan dokter Jeff Bradstreet, yaitu ahli dan praktisi Biomedical Intervention Therapy yang berkenan datang ke Indonesia. Sehingga akhirnya penanganan autisme di Indonesia terarah dalam jalur yang benar, yang bahkan tidak dialami./dinikmati oleh banyak negara lain, sehingga kemudian atas izin Allah dengan ABA dan Biomedical Intervention Therapy ini maka telah banyak penyandang autisme di Indonesia (dan Amerika) mencapai tingkat yang bisa dikatakan sembuh, yaitu suatu tingkat yang dulu dikatakan sebagai hal yang mustahil. Itulah rencana Allah, yaitu penulis dianugerahi anak autistik agar supaya menguasai penanganan autisme yang benar serta bisa menyebarluaskan untuk anak-anak/orangtua lain sehingga penanganan autisme di Indonesia berada dalam jalur yang benar, dengan hadiah bagi penulis yaitu Allah SWT menghadiahi kesembuhan kepada anak penulis, bahkan termasuk anak yang berprestasi.

Jadi, bagi orangtua, jangan membuang-buang waktu, tidak perlu lagi coba-coba metode lain yang tidak mempunyai dasar ilmiah, dan/atau belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan efisiensinya.


Sejak tahun 1968 sudah ada metode ABA untuk Autisme, yang kemudian sejak tahun 2009 di Indonesia, saya dan Ibu Arneliza Anwar kembangkan menjadi smart ABA yang (almost) perfect seperti yang dikemukakan pada baris-baris sebelumnya, di samping juga adanya Biomedical Intervention Therapy yang bukan merupakan ilmu baru dan bukan ilmu alternatif, tetapi merupakan ilmu kedokteran mainstreaming karena dasar-dasar ilmiahnya serta praktek-prakteknya adalah dari ilmu-ilmu kedokteran yang sudah ada.




Seorang sahabat yang anak autistiknya sudah cukup besar pada tahun 2000 mengatakan kepada saya bahwa “mungkin apa-apa yang kita rintis sekarang ini bukan untuk anak-anak kita, tetapi pastilah orang-orangtua dan anak-anak mereka sesudah generasi kita ini akan menikmati buah/hasil dari rintisan kita saat ini”.

Jadi, intinya pesan bagi orangtua yang anaknya didiagnosis autisme, adalah:

  1. Ketahui dan sadari bahwa ada suatu mekanisme yang merupakan suatu refleks tubuh dalam menghadapi suatu kenyataan yang berat.
  2. Jangan sampai berlama-lama apalagi tertahan pada suatu fase yang menyebabkan tertundanya anak mendapat intervensi dini yang sesuai. Mungkin perlu berkonsultasi dengan ahli di bidang kejiwaan/psikologi, bila perlu orangtua mendapat obat-obat yang sesuai. Terapi yang jangan dilupakan dan yang terpenting adalah terapi rohani.
  3. Jika lingkungan melihat orangtua tidak dapat menerima kenyataan (tidak mencapai tahap penerimaan) dengan segera (atau suami/istri mengetahui bahwa kondisi pasangannya adalah demikian), maka sebaiknya menolong dengan misalnya menghubungi alim-ulama/pemuka-agama yang “suaranya (nasihatnya) didengar” oleh orangtua tersebut.
  4. Setelah melewati masa berduka ini, segeralah mempelajari segala sesuatu tentang autisme, dan terutama tentang terapi yang tepat untuk autisme.
  5. Orangtua harus kritis terhadap berbagai hal, terutama sekali tentang metode terapi dan/atau terapis dan/atau tempat-tempat terapi.
    1. Pilihlah terapis/tempat-terapi yang menggunakan metode terapi yang dirancang khusus untuk autistik dan yang secara ilmiah telah terbukti efektif dan efisien. Karena banyak terapis/tempat-terapi yang tidak menggunakan metode tertentu, atau metode yang bukan dirancang untuk autisme, atau metode yang tidak ada dasar ilmiahnya maupun tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan metode itu efektif dan efisien.
    2. Pilihlah terapis/tempat-terapi yang yakin bahwa autisme adalah suatu kondisi yang dapat disembuhkan. Oleh karena sementara ini ada orang-orang yang masih mempunyai keyakinan bahwa autisme tidak bisa sembuh/disembuhkan. Orang-orang seperti itu pastilah tidak akan serius menangani anak autistik kita, oleh karena mungkin mereka akan berpikir “serius tidak serius, toh tidak akan sembuh, jadi lebih baik santai sajalaaah...”. Hanya mereka yang yakin bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan yang akan “jumpalitan” mengerahkan segala tenaga dan kemampuan dalam menangani anak-anak autistik kita.
    3. Tanyakan assessment (penilaian) sebelum terapi dimulai. Tanyakan kurikulum/program/aktivitas yang akan dilakukan/diterapkan pada anak kita. Teliti dan tanyakan kaitan antara assessment dengan kurikulum/program.aktivitas, yang seharusnya link and match. Karena banyak yang melakukan terapi tanpa melakukan assessment, ataupun assessment hanya dilakukan sekedar formalitas sehingga kurikulum/program/aktivitas tidak berdasarkan hasil assessment yang baik dan benar.
    4. Orangtua jangan malu/kuatir dikatakan cerewet, oleh karena sepenuhnya hak orangtua untuk diberi informasi yang cukup dan menanyakan berbagai hal yang ingin diketahuinya dan/atau tidak dimengerti/difahaminya, sebelum terapi dilakukan, yang mana merupakan bagian dari informed-consent.
  6. Bergabunglah dengan kelompok orangtua yang mempunyai keyakinan bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan, sehingga tidak merasa sendirian di dunia ini, serta dapat berbagi suka-duka serta pemecahan/mengatasi masalah. Pengalaman-pengalaman positif dari orang-orangtua yang lebih dahulu menangani anak autistik mereka, akan sangat bermanfaat bagi kita sehingga menghemat waktu yang sangat berharga ini dalam penanganan anak autistik kita.
  7. Penanganan penyandang autisme secara serius dengan smart ABA dan smart Biomedical Intervention Therapy, akan menguras banyak waktu, tenaga, dan perhatian. Tetapi jangan dilupakan bahwa kita sebagai orangtua adalah juga manusia biasa, yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kita tidak termasuk manusia super, sehingga konsentrasi kita terhadap penyembuhan anak autistik kita akan menguras banyak enerji dan kapasitas mental kita. Sehingga akhirnya bisa terjadi suatu kondisi yang disebut sebagai burn-out. Yaitu sampai batas kemampuan kita terlampaui, maka kita akan jenuh, sehingga kita jadi tidak melakukan apapun. Tidak bisa melakukan apapun, tidak mampu melakukan apapun, tidak mempunyai semangat serta gairah untuk melakukan apapun. Ujung-ujungnya malah yang tadinya kita top-full-speed, malah menjadi seperti menelantarkan anak spesial kita itu.

Jadi, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, maka kita perlu meluangkan suatu waktu atau suatu hari untuk “berlibur”, Me-Day, hariku, hari khusus untuk diriku. Bisa saja itu sehari penuh atau kurang, namun intinya adalah break, istirahat, luangkan waktu untuk diri kita, tinggalkan sementara semua persoalan, semua kepusingan, semua kekacauan, semua kecemasan, semua gundah-gulana, dll.

Luangkan waktu sejenak untuk diri kita saja, bersenang-senanglah, hiburlah diri kita, agar supaya kita kembali segar, kembali di-charge, kembali semangat, kembali bergairah untuk kembali menangani anak spesial kita. Hal ini tidak identik dengan kita perlu mengeluarkan biaya yang besar, mungkin saja hanya sekedar duduk di pinggir pantai, mendengarkan debur ombak, sambil makan makanan kecil, menikmati minuman ringan, dan memandangi tenggelamnya matahari. Pokoknya suatu hal yang kita suka serta menyenangkan dan mungkin seperti yang dulu kadang/sering kita lakukan. Ini seperti halnya orang bekerja, kenapa harus ada libur mingguan (hari Minggu atau Sabtu dan Minggu), kenapa perlu cuti tahunan. Jawabannya adalah untuk refreshing, untuk recharge.

  1. Selain itu, hal yang penting juga adalah memperhatikan pasangan (suami/istri) kita. Statistik memperlihatkan bahwa angka perceraian lebih tinggi pada keluarga yang mempunyai anak autistik, dibandingkan dengan keluarga yang tidak mempunyai anak autistik. Di samping itu juga, perlu diperhatikan terjadinya sibling-rivalry (rivalitas saudara kandung), dimana terjadi kecemburuan pada anak yang non autistik, oleh karena perhatian kedua orangtuanya tercurah pada anak yang autistik.


 


Lowongan Terapis

Sebagai Terapis Smart ABA

(Smart Applied Behavior Analysis)
Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

  • Wanita Muslimah, Taat Dan Takut Pada Allah
  • Rutin Shalat Awal Waktu, Dan Hafal Minimal Al-Fatihah, Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas
  • Bersedia Menggunakan Busana Muslimah Syar'i (Diberikan)
  • S1 (Sarjana) Lulusan Apapun (Semua Jurusan, Misalnya Ekonomi, Hukum, Tehnik, Informatika, Pertanian, Peternakan, Gizi, Keperawatan, Matematika, Biologi, Pendidikan Islam, dlsb)
  • Usia Maksimal 27 Tahun
  • Belum Menikah. Tidak berencana menikah dalam 2 tahun masa kontrak.
  • Sehat Jasmani dan Rohani. Tidak ada penyakit kronis.
  • Tidak Ada Cacat/Masalah Fisik, Tidak Berkacamata, Tidak Cadel, Tidak Ada Masalah Pendengaran, Tidak Menggunakan Alat Bantu Dengar / Lainnya
  • Jujur, Rajin, Amanah, Berakhlak / Beradab / Beretika
  • Bisa Bekerjasama Dalam Team, Dan Bertanggung Jawab
  • Bersedia Mengikuti Training Dan Magang Sekitar 1-6 Bulan/Lebih
  • Bersedia Menjalani Kontrak Ikatan Kerja 3 (Tiga) Tahun
  • Bersedia Ditempatkan Di Seluruh Indonesia (Maupun Seluruh Dunia » Dalam Perencanaan)
  • (Untuk Penempatan Di Seluruh Dunia: Mampu Berbahasa Inggris Aktif » Dalam Perencanaan)
  • Belum Pernah Menangani Autisi (Penyandang Autisme)
  • Bersedia Mengikuti Seluruh Peraturan Tertulis Maupun Tidak Tertulis

CV dan Surat Lamaran:  

Via Email:
terapis@kidaba.com

Via WhatsApp:
+62-85-100-90-6000

Via Pos:
KID-ABA Ultimate, Grand Wisata Blok AA 11 No.56-57-58, Tambun, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia

Via Form Website:

(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)

KID ABA Ultimate
Mendidik Generasi Milenial
Menjadi Generasi Qur'ani, Rabbani, Penegak Islam Berakhlak Mulia Sejak Dini






Tokoh ABA Dunia

Prof. Ole Ivar Lovaas

Prof. Ole Ivar Lovaas
Bapak ABA Dunia

Profesional Pertama Di Dunia Yang Menerapkan ABA Untuk Autisme

Profesor Lovaas merupakan profesional pertama yang menerapkan ABA (Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme).
Dimulai pada tahun 1962, kemudian publikasi pertama pada tahun 1967, sehingga ABA untuk autisme dikenal juga sebagai Metode Lovaas.

Pada tahun 1993, Catherine Maurice menerbitkan bukunya yang berjudul Let Me Hear Your Voice, sehingga ABA menjadi terkenal ke seluruh dunia.
Dalam bukunya tersebut, Catherine Maurice menceriterakan tentang 2 anaknya yang autistik yang ditangani dengan ABA oleh Prof. Lovaas dan team, kemudian keduanya sembuh sehingga tidak bisa dibedakan dengan anak lain.

Setelah publikasi pertama penerapan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) oleh Prof. Lovaas pada tahun 1967, maka banyak ahli ABA dan praktisi ABA yang mengembangkan dan menyempurnakan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme).
dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I yang mempelajari ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) juga mengembangkan dan menyempurnakannya, terlebih khusus lagi untuk penyesuaian penggunaannya dalam bahasa Indonesia.
Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.


Tokoh ABA Indonesia

dr. Rudy Sutadi

dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I
Bapak ABA Indonesia

Profesional Indonesia Pertama Yang Mempopulerkan Dan Menyebarluaskan ABA Untuk Autisme Di Indonesia

Dokter Spesialis Anak yang menangani Autisme ini merupakan profesional yang langka, karena menguasai dua Terapi Utama Autisme yaitu ABA (Applied Behavior Analysis) dan Biomedical Intervention Therapy (BIT).
Kiprahnya diakui secara nasional maupun di lingkup internasional.

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI, adalah profesional Indonesia pertama yang menyebarluaskan dan mempopulerkan ABA untuk autisme di Indonesia, sejak tahun 1997.

Mempelajari ABA dari berbagai sumber, antara lain:
» LIFE (Lovaas Institute For Early Intervention), Los Angeles, USA
» PennState University, Pennsylvania, USA
» The Option Institute, New York, USA
» ISADD (Integration Service For Autism And Development Delay), Perth, Australia
» CalABA (California Association For Behavior Analysis), USA
» dan lain-lain

Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur / SOP ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.

» baca selengkapnya


Tokoh Penerus ABA

Liza Arneliza Anwar

Liza (Arneliza Anwar)
Tokoh Penerus ABA Indonesia

Advance Trainer Pada Smart ABA

Beberapa tahun setelah dokter Rudy tidak dapat aktif, penggunaan ABA yang betul dan benar sudah terkikis dan melenceng jauh, oleh karena itu Liza menggagas "Kembali Ke ABA" (Back To ABA).
Kemudian Liza bersama dokter Rudy mengembangkan Smart ABA.

Smart ABA merupakan ABA (Applied Behavior Analysis) yang dikembangkan oleh dokter Rudy bersama Liza, yaitu dengan melakukan assembling (perakitan) berbagai Struktur / SOP (Standard Operating Procedure), serta Sistematika yang khusus bahasa Indonesia, dan tolok ukur yang jelas (yaitu Sistem Penilaian yang kuantitatif dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Juga Kurikulum (Program dan Aktivitas) yang sangat jauh dikembangkan.

Sampai dengan tahun 2019, Liza telah memberikan lebih dari 50 kali Pelatihan / Training Smart ABA ke berbagai kota di seluruh Indonesia.
Pendapatnya tentang berbagai jenis terapi lainnya yang ada di Indonesia, Liza dengan tegas mengatakan "silahkan tunjukkan hasil penelitian metode tersebut untuk anak-anak autistik" (yang ternyata tak ada).
Sedangkan pendapatnya tentang terapis atau klinik/tempat terapi yang menangani autisme, "silahkan tanyakan berapa anak yang telah berhasil masuk sekolah reguler dengan benar, bukan sekedar sekolah-sekolahan, bukan sekolah inklusi apalagi sekolah khusus atau sekolah luar biasa", tukasnya.

Sejak tahun 2010 Liza/Arneliza mulai merintis berdiri dan terselenggaranya KID ABA (Klinik Intervensi Dini - Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme), di kawasan Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Dengan pasien yang berasal dari berbagai kota / daerah di Indonesia.

» baca selengkapnya


Tokoh ABA Dunia

Prof. Ole Ivar Lovaas

Prof. Ole Ivar Lovaas
Bapak ABA Dunia

Profesional Pertama Di Dunia Yang Menerapkan ABA Untuk Autisme

Profesor Lovaas merupakan profesional pertama yang menerapkan ABA (Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme).
Dimulai pada tahun 1962, kemudian publikasi pertama pada tahun 1967, sehingga ABA untuk autisme dikenal juga sebagai Metode Lovaas.

Pada tahun 1993, Catherine Maurice menerbitkan bukunya yang berjudul Let Me Hear Your Voice, sehingga ABA menjadi terkenal ke seluruh dunia.
Dalam bukunya tersebut, Catherine Maurice menceriterakan tentang 2 anaknya yang autistik yang ditangani dengan ABA oleh Prof. Lovaas dan team, kemudian keduanya sembuh sehingga tidak bisa dibedakan dengan anak lain.

Setelah publikasi pertama penerapan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) oleh Prof. Lovaas pada tahun 1967, maka banyak ahli ABA dan praktisi ABA yang mengembangkan dan menyempurnakan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme).
dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I yang mempelajari ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) juga mengembangkan dan menyempurnakannya, terlebih khusus lagi untuk penyesuaian penggunaannya dalam bahasa Indonesia.
Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.


Tokoh ABA Indonesia

dr. Rudy Sutadi

dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I
Bapak ABA Indonesia

Profesional Indonesia Pertama Yang Mempopulerkan Dan Menyebarluaskan ABA Untuk Autisme Di Indonesia

Dokter Spesialis Anak yang menangani Autisme ini merupakan profesional yang langka, karena menguasai dua Terapi Utama Autisme yaitu ABA (Applied Behavior Analysis) dan Biomedical Intervention Therapy (BIT).
Kiprahnya diakui secara nasional maupun di lingkup internasional.

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI, adalah profesional Indonesia pertama yang menyebarluaskan dan mempopulerkan ABA untuk autisme di Indonesia, sejak tahun 1997.

Mempelajari ABA dari berbagai sumber, antara lain:
» LIFE (Lovaas Institute For Early Intervention), Los Angeles, USA
» PennState University, Pennsylvania, USA
» The Option Institute, New York, USA
» ISADD (Integration Service For Autism And Development Delay), Perth, Australia
» CalABA (California Association For Behavior Analysis), USA
» dan lain-lain

Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur / SOP ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.

» baca selengkapnya


Tokoh Penerus ABA

Liza Arneliza Anwar

Liza (Arneliza Anwar)
Tokoh Penerus ABA Indonesia

Advance Trainer Pada Smart ABA

Beberapa tahun setelah dokter Rudy tidak dapat aktif, penggunaan ABA yang betul dan benar sudah terkikis dan melenceng jauh, oleh karena itu Liza menggagas "Kembali Ke ABA" (Back To ABA).
Kemudian Liza bersama dokter Rudy mengembangkan Smart ABA.

Smart ABA merupakan ABA (Applied Behavior Analysis) yang dikembangkan oleh dokter Rudy bersama Liza, yaitu dengan melakukan assembling (perakitan) berbagai Struktur / SOP (Standard Operating Procedure), serta Sistematika yang khusus bahasa Indonesia, dan tolok ukur yang jelas (yaitu Sistem Penilaian yang kuantitatif dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Juga Kurikulum (Program dan Aktivitas) yang sangat jauh dikembangkan.

Sampai dengan tahun 2019, Liza telah memberikan lebih dari 50 kali Pelatihan / Training Smart ABA ke berbagai kota di seluruh Indonesia.
Pendapatnya tentang berbagai jenis terapi lainnya yang ada di Indonesia, Liza dengan tegas mengatakan "silahkan tunjukkan hasil penelitian metode tersebut untuk anak-anak autistik" (yang ternyata tak ada).
Sedangkan pendapatnya tentang terapis atau klinik/tempat terapi yang menangani autisme, "silahkan tanyakan berapa anak yang telah berhasil masuk sekolah reguler dengan benar, bukan sekedar sekolah-sekolahan, bukan sekolah inklusi apalagi sekolah khusus atau sekolah luar biasa", tukasnya.

Sejak tahun 2010 Liza/Arneliza mulai merintis berdiri dan terselenggaranya KID ABA (Klinik Intervensi Dini - Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme), di kawasan Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Dengan pasien yang berasal dari berbagai kota / daerah di Indonesia.

» baca selengkapnya



Autis-Autism-Autisme Dari Masa Ke Masa autis-autism-autisme dari masa ke masa Istilah/kata autism pertama kali digunakan oleh seorang psikiater Swiss yang bernama Eugene Bleuler, yang pada tahun 1908-1911 mengamati adanya suatu ciri tertentu pada penderita skizofrenia dewasa yang ia sebut sebagai autism yang berasal dari kata bahasa Yunani yaitu autos yang berarti sendiri, yang.....Epidemiologi Autis-Autism-Autisme epidemiologi autis-autism-autisme Jumlah penyandang autisme di seluruh dunia semakin tahun semakin meningkat. Dari kepustakaan pada awal tahun 90-an, jumlah penyandang autisme diperkirakan sekitar 4-6 per 10.000 kelahiran. Tetapi mendekati tahun 2000 angka ini mencapai 15-20 per 10.000 kelahiran. Data pada tahun 2000, angka ini.....Autis-Autism-Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh? Pilihan Di Tangan Anda!!! autis-autism-autisme: sembuh atau tidak sembuh? pilihan di tangan anda!!! Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Stem Cell Therapy (Terapi Sel Induk) Pada Autisme stem cell therapy (terapi sel induk) pada autisme Istilah stem cell pertama kali dikemukakan pada tahun 1908 yang mempostulasikan adanya kemampuan berdiferensiasi pada sel-sel penghasil/pembentuk darah. Stem-cell atau sel-induk yaitu sel yang belum berdiferensiasi dimana turunan-turunan selnya dapat terdiferensiasi (berubah) menjadi berbagai jenis.....Antibiotik Pada Autisme: Kawan Atau Lawan??? antibiotik pada autisme: kawan atau lawan??? Salah satu hal yang menimbulkan masalah pada autisme adalah pemberian antibiotik.Oleh karena anak-anak autistik umumnya mempunyai gangguan kekebalan, maka mereka sering mengalami infeksi. Di Amerika, infeksi yang sering terjadi pada mereka adalah infeksi telinga tengah (sedangkan di Indonesia.....Pemilihan Metode Terapi Untuk Autisme pemilihan metode terapi untuk autisme Petunjuk/pedoman yang digunakan oleh ASA (Autism Society of America) dalam menilai suatu metode/cara terapi, yaitu: Apakah terapi tersebut bisa membahayakan anak? Apa akibatnya jika terapi tersebut gagal? Apakah terapi tersebut telah terbukti secara ilmiah? Apakah.....Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh??? Pilihan Di Tangan Anda!!! autisme: sembuh atau tidak sembuh??? pilihan di tangan anda!!! Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Dragons Den Dan Kesembuhan Autisme dragons den dan kesembuhan autisme Dragon’s Den (Sarang Naga), adalah suatu acara di BBC Knowledge, yaitu berbagai orang dari berbagai latar belakang, menghadapi 5 orang multi-milyuner yang merupakan pengusaha kelas kakap, untuk mengajukan permohonan dana dengan sistem kerjasama bagi hasil.Pada suatu episode, ada seorang penemu.....Antara Ajax dan PHP -dengan- Autisme dan ABA (Applied Behavior Analysis) antara ajax dan php -dengan- autisme dan aba (applied behavior analysis) Ada orang-orang yang menterapkan berbagai metode yang tidak khusus untuk terapi autisme tetapi tetap saja digunakan untuk menterapi autisme, padahal tidak ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan efisiensinya untuk kesembuhan autisme.Katakan saja misalnya Terapi Wicara. Ini tidak dikembangkan.....Applied Behavior Analysis (ABA/Lovaas) Untuk Autisme applied behavior analysis (aba/lovaas) untuk autisme ABA (Applied Behavior Analysis) yaitu suatu ilmu perilaku terapan untuk mengajarkan dan melatih seseorang agar menguasai berbagai kemampuan yang sesuai dengan standar yang ada di masyarakat. Penggunaan ABA tidak hanya terbatas pada autisme saja, tetapi sangat luas diterapkan dalam berbagai bidang,.....Terapi IVIG/IVGG Untuk Autisme terapi ivig/ivgg untuk autisme TANYA:1. Apakah yang dimaksud dengan terapi IVIG untuk penyandang Autis.2. Di manakah di Indonesia yang bisa melakukan terapi ini?3. Berapa biayanya? (karena sering disebutkan bahwa terapi ini MAHAL)4. Evaluasi sistem imun apa yang harus dilakukan sebelumnya?Zuhdi Setiadi-SemarangJAWAB:Terapi.....Me-Day Bagi Orangtua Penyandang Autisme me-day bagi orangtua penyandang autisme Penanganan penyandang autisme secara serius dengan ABA dan Biomedical Intervention, akan menguras banyak waktu, tenaga, dan perhatian. Itu betul.Tetapi jangan dilupakan bahwa kita juga manusia, yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kita tidak termasuk manusia super,.....Perceraian Pada Keluarga Yang Mempunyai Anak Autistik perceraian pada keluarga yang mempunyai anak autistik Dari suatu penelitian jangka panjang yang mengikuti 406 keluarga yang mempunyai anak autistik sampai dengan tahun 2004, didapatkan bahwa angka perceraian tinggi sampai dengan anak berusia 8 tahun, setelah itu menurun. Namun ancaman perceraian tetap berlanjut, yaitu didapatkan bahwa angka perceraian tetap.....Jangan Benci Ibumu jangan benci ibumu Suatu sore saya menonton film seri Frasier. Yaitu film seri tentang Dr. Frasier Crane, seorang psikiater yang merupakan penyiar radio terkenal di Seattle.Dalam seri itu, Dr. Frasier Crane yang bersama adiknya Dr. Niles Crane, melihat ayahnya sedang dinner di restoran bersama seorang wanita bekas.....Lie To Me (Bohongilah Aku) lie to me (bohongilah aku) Sangat menarik mempelajari ilmu perilaku manusia, apalagi dalam hal bohong.Mungkin dulu kita hanya mengenal bahwa terdapat 25 tanda kebohongan pada lelaki dan 15 pada wanita (waduh, jadi artinya dibandingkan wanita maka lelaki relatif lebih mudah diketahui jika berbohong).Namun dengan berkembangnya.....Deteksi Dini Autisme deteksi dini autisme Deteksi dini atau skrining terhadap autisme dapat dilakukan secara sederhana dengan tools (perangkat) yang sederhana misalnya dengan STAT (Screening Tool for Autism in Two-Year-Olds), atau dengan CHAT/M-CHAT (Modified Checklist for Autism in Toddler). M-CHAT adalah versi Amerika yang merupakan perluasan.....Biomedical Intervention Therapy Untuk Autisme biomedical intervention therapy untuk autisme Biomedical Intervention adalah ilmu medis/kedokteran yang menterapi/memperbaiki masalah nerobiologis dan biokimiawi yang terdapat pada autistik. Autisme diyakini penyebabnya yaitu mempunyai dasar genetik dan dipicu oleh faktor lingkungan Faktor genetik ini mengakibatkan banyak hal, misalnya masalah/gangguan.....Masalah Rivalitas Pada Saudara Kandung Penyandang Autisme masalah rivalitas pada saudara kandung penyandang autisme Saudara kandung dari anak autistik bisa menganggap anak autistik adalah rivalitas (saingan) yang mencuri seluruh perhatian dan milik/harta-benda dari mereka, oleh karena umumnya perhatian orangtua dan seluruh keluarga terpusat bahkan tersedot pada anak autistik mereka, sehingga mereka kurang memperhatikan.....Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan Autisme kontroversi hubungan antara vaksin dan autisme Sampai saat ini, masih berlangsung kontroversi/perdebatan mengenai hubungan antara vakstin dan autisme. Namun telah banyak laporan terjadinya regresi autistik beberapa minggu setelah seorang anak mendapat vaksin. Laporan yang paling sering adalah regresi autistik oleh karena MMR. MMR dikaitkan dengan.....Jepang Menghentikan Penggunaan Vaksin Meningitis Dan Pneumonia jepang menghentikan penggunaan vaksin meningitis dan pneumonia Kementerian Kesehatan Jepang telah menghentikan penggunaan vaksin meningitis dan pneumonia, setelah terdapat 4 kematian berturut-turut yang terjadi di Jepang pada bulan Februari dan Maret 2011 ini, pada anak-anak berumur 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun,.Kematian tersebut terjadi tidak.....Penyebab Autisme penyebab autisme Terjadinya autisme yaitu oleh karena adanya dasar faktor genetik yang dipengaruhi dan.atau dipicu oleh faktor lingkungan seperti misalnya infeksi rubella/cytomegalovirus, polutan/intoksikasi logam berat, dan vaksinasi campak/MMR (yang masih menjadi kontroversi), dll. Faktor genetik yang berperan.....Terapi Intervensi Dini Pada Autisme Yang dimaksud dengan Intervensi Dini yaitu terapi/tatalaksana yang dilakukan terhadap anak dengan usia sejak lahir sampai dengan usia 3 tahun (terapi/tatalaksana dimulai sebelum usia 3 tahun) yang dilakukan pada anak-anak yang memiliki kecacatan (disability), keterlambatan perkembangan (developmental.....Melalui Epigenetik - Autisme Bisa Disembuhkan Dengan Obat melalui epigenetik - autisme bisa disembuhkan dengan obat Pernah dengar mengenai epigenetik? Mungkin bahkan untuk umumnya dokter, hal ini masih asing, oleh karena memang merupakan ilmu yang relatif baru (kata epigenetik sendiri sudah lama ada, tetapi penggunaannya sebagai ilmu yang berhubungan relatif baru).Pada ilmu genetika, dikenal istilah genotip.....[Ringkasan 01 dari 17] ::: Biomedical Intervention Therapy Untuk Autisme Insya ALLAH, beberapa hari ke depan akan saya posting ringkasan Terapi Intervensi Biomedis (Biomedical Intervention Therapy / BIT) untuk autisme, yang saya ambil dari Autism Research Institute (James B. Adams, Ph.D.).Ayo cetak 1.000 dokter Indonesia yang menguasai Biomedical Intervention Therapy.....[ RINGKASAN 02 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] MEMPERBAIKI DIET Dasar :<br><ul> Manusia membutuhkan zat-zat gizi esensial tertentu untuk berbagai fungsi tubuhnya, yang meliputi vitamin, mineral, asam lemak esensial, dan asam amino (dari protein). Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu lakukan diet seimbang yang kaya sayuran, buah, dan protein.....[ RINGKASAN 03 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] A L E R G I M A K A N A N DASAR :Banyak anak autistik mengalami alergi makanan, disebabkan oleh abnormalitas pada sistem pencernaan dan/atau sistem kekebalan mereka. Jika makanan tidak dicerna sempurna menjadi susunan terkecil gula, asam amino, dll, maka makanan yang dicerna sebagian tersebut dapat terserap oleh saluran.....Bidadari Kiriman ALLAH bidadari kiriman allah Napi juga manusia, yang juga mempunyai kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Termasuk juga diriku yang Alhamdulillah merupakan lelaki normal. Bahkan salah seorang teman mengatakan mendengar suara wanita saja sudah merupakan hiburan tersendiri. Tetapi bagi kami yang faham dan ingin.....Kesabaran yang Indah kesabaran yang indah Disaat Ibu ibu lainnya bercengkarma dengan ibu lainnya ketika menunggu anak anak mereka sekolah, Ibu anak special harus dengan seksama berada di depan layar monitor melihat aktivitas si special yang sedang di terapi. Disaat Ibu ibu lainnya asyik berada di mall,<br.....Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Pra kehamilan 6-12 hal-hal yang perlu diperhatikan pada pra kehamilan 6-12 Sampai saat ini masih belum diketahui cara yang paling tepat untuk melakukan pencegahan terjadinya autisme, terutama pada keluarga yang ingin mendapatkan anak berikutnya. Namun berdasarkan ilmu dan pengetahuan tentang berbagai terapi spesifik yang telah menghasilkan perbaikan bahkan kesembuhan,.....Gejala-gejala autisme gejala-gejala autisme Gejala-gejala autisme akan tampak makin jelas setelah anak mencapai usia 3 tahun, yaitu berupa: 1. Gangguandalam bidang komunikasi verbal maupun non-verbal: - terlambat bicara, - meracau dengan bahasa yang tak dapat dimengerti orang lain, - kalaupun.....Hal-hal yang penting diperhatikan selama masa kehamilan hal-hal yang penting diperhatikan selama masa kehamilan Selama hamil: Teruskan diet organik yang sangat berkualitas, hilangkan atau sangat kurangi gula dan makanan olahan. Teruskan multivitamin dan multimineral lengkap yang mudah diserap, dengan paling tidak mengandung 1.800 mg kalsium dan 800 mcg.....AUTISME : Hal-hal yang penting diketahui Selama masa bayi Selama masa bayi: Berhubungan erat/akrab dengan bayi anda sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin, serta tangani dan bercakap-cakap dengannya. Tidur bersamaan dengan waktu tidur bayi anda agar anda memperoleh cukup istirahat, dan dapat berhubungan sesering mungkin.....AUTISME dan ABA : Melatih bicara pada anak autistik ika anak autistik sudah mampu berkumunikasi 1 arah, maka minimalisir pertanyaan langsung kepada mereka, lebih seringlah berkomentar akan suatu situasi, yang bisa secara tiba-tiba, atau memang sengaja diatur. Misalnya : Ibu menjatuhkan bola mainan dari meja saat bermain.....Autisme dan BIT (Biomedical intervention Therapy) : Yang perlu dilakukan dalam BIT untuk anak-anak a Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan paling tidak: oLab lokal : Hematologi rutin, fungsi hati (LFT, SGOT, SGPT), fungsi ginjal (ureum darah, kreatinin darah), elektrolit lengkap darah, fungsi tiroid (T3, T4, TSH), IgE total o Complete Digestive Stool.....AUTIME : Tentang ASPERGER Pada Asperger , biasanya tidak ada keterlambatan bicara, sehingga sering diagnosis tidak segera dilakukan, orangtua baru membawa ke dokter ketika usia anak /sekolah anak semakin meningkat, dimana dibutuhkan kemampuan komunikasi yang semakin kompleks, misalnya pada usia kelas I SD/2 SD. Gejala-gejala.....AUTISME : Timbal balik Komunikasi VERBAL dan Kognitif pada anak autistik Kemampuan bicara dengan kemampuan kognitif, itu timbal balik. Jika kognitif anak mambaik, kemampuan bicara juga membaik Ketika kemampuan bicara meningkat, maka akan meningkatkan kognitifnya Kognitif (Kemampuan pemahaman, menangkap rangasangan, menyimpan.....AUTISME dan BIT : RINGKASAN 04 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] [ RINGKASAN 04 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] GLUTEN-FREE, CASEIN-FREE DIET( DAN SERING JUGA CORN-FREE, SOY-FREE ) Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME & BIT : [ RINGKASAN 05 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] SUPLEMENTASI V I T A M I N / M I N E R A L Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) DASAR.....AUTISME dan ABA : Meningkatkan komunikasi pada anak autistik Untuk meningkatkan komunikasi pada anak autistik, maka lalukan berbagai hal seperti menimbulkan protes dari anak pada berbagai aktivitas, sebagai contoh Ketika anak memperhatikan anda, taruh sepatu di lemari pajangan, atur kesempatan anak untuk berkomentar \'Salah!\'.....AUTISME : PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME by : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Semua anak termasuk penyandang autisme, suatu saat akan mengalami pubertas, terlepas dari kemampuan sosial ataupun IQ nya. Pada.....AUTISME & BIT : Ringkasan 06 dari 17 - BIT] ::: Vitamin B6 Dosis Tinggi Dan Magnesium [ RINGKASAN 06 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] VITAMIN B6 DOSIS TINGGI DAN MAGNESIUM Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....TISAUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi verbal pada anak autistik dengan ABA Ikuti sistimatika dibawah ini, jangan pada awal-awal anak autistik sudah disuruh tiup lilin, meronce, meniti, memanjat, karena yang harus kita latih terlebih dahulu OTAK nya agar mampu berkomunikasi verbal, sehingga memanjat, menendang bola dll nantinya mampu dilakukan oleh anak tanpa harus.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 07 dari 17 - BIT] ::: Essential Fatty Acids [ RINGKASAN 07 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] ESSENTIAL FATTY ACIDS Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME : Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat Agar Anak autistic verbal butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua lain atau profesional (katanya) yang mengatakan.....AUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi VERBAL anak autistik dengan ABA Selain anak AUTISTIK tidak/belum bisa bicara, masalah/gangguan bicara yang lain yang mungkin terdapat adalah kadang anak sudah mulai sedikit-sedikit mengeluarkan beberapa patah kata, tetapi kemudian kemampuan bicaranya menghilang begitu saja pada usia sekitar 18 bulan atau sebelum 2 tahun. Hal.....AUTISME : AUTISME & ABA Melatih kepatuhan pada anak autistik Melatih kepatuhan pada anak autistik adalah dengan melatih duduk, tentunya kita latih duduk sejak usia dini, sehingga anak-anak autistik yang ditangani dengan ABA yang benar sejak dini, maka kepatuhan tidak akan pernah menjadi masalah saat mereka bersekolah reguler nantinya. Karena semenjak.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan ENZIM-ENZIM PENCERNAAN Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior.....AUTISME & ABA : Program paralel dalam melatih bicara bagi anak-anak autistik Jika anak autistik sudah mulai masuk pada tahap verbal, ( INGAT, BUKAN PADA SAAT PERTAMA KALI ANAK AUTISTIK DITERAPI YA !!!! ) maka latih juga secara paralel, dimana orangtua harus lebih banyak melatih ini dirumah : 1. Meniup potongan tissue yang diletakkan ditangan 2. Meniup.....AUTISME & ABA : Generalisai pada anak autistik Jika anak autistik sudah mampu berkomunikasi satu arah ( berbicara dan sudah menguasai labih kurang 100 kata), maka lakukan generalisasi Misalnya : kata \'tidak\', yang biasaya diucapkan, dperluas menjadi \'nggak\', \'jangan\', \'ga boleh\'. Jika terapis di teaching room bertanya.....AUTISME & Penghasilan yang Halal Menyaring, hanya penghasilan HALAL yang akan diberikan kepada anak-anak kita, adalah upaya dini untuk menuju generasi yang sehat lahir dan batin dan takut kepada Alloh......AUTISME & BIT : [Ringkasan 09 dari 17 - BIT] ::: Terapi Usus: Anti Jamur dan Probiotik TERAPI USUS : ANTI JAMUR DAN PROBIOTIK Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesiali Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) LATAR BELAKANG.....Jangan merasa sedirian jangan merasa sedirian Bergabunglah dengan kelompok orangtua yang mempunyai keyakinan bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan, sehingga kita tidak merasa sendirian di dunia ini, serta dapat berbagi suka-duka serta pemecahan/mengatasi masalah. Pengalaman-pengalaman positif dari orang-orangtua yang lebih dahulu menangani.....Pesan untuk orangtua pesan untuk orangtua Pesan Untuk Orangtua (dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika orangtua tidak faham apa itu autisme, mungkin diagnosis autisme tidak berpengaruh.....Diet AUTISME dan BIT diet autisme dan bit Jika tahun 2013 masih jahil membocorkan diet pada anak autistik, maka tahun 2014 ini seharusnya zaman jahil itu harus berlalu, seharusnya orangtua dan keluarga SADAR, lakukan diet CFGFSF dengan 100 %, tidak boleh ada kebocoran, bahkan sesekalipun. Biar jangan lupa kami ingatkan kembali kembali.....Persediann Obat-obat persediann obat-obat Tentang AUTISME : Seputar persediaan obat-obat, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Tentang AUTISME: Tentang AUTISME : Seputar obat-obatan, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Seputar ABA untuk AUTISME seputar aba untuk autisme Yang perlu diingat pada latihan kontak mata pada anak autistik adalah sbb : 1. Jangan memanggil nama anak selama program awal kontak mata, instruksi hanya "lihat " saja. 2. Jika anak sudah on request saat diberi instruksi "lihat",.....Seputar BIT untuk AUTISME : Diet pada anak autistik Catatan PENTING !!!! 1. Walaupun hasil pemeriksaan allergi anak autistik tidak akergi terhadap susu dan terigu, tetapi pada anak autistik susu dan terigu tetap TIDAK BOLEH mereka konsumsi, hal ini bukan karena berhungan dengan alerginya, tetapi terbentuknya morphin jika.....Tentang AUTISME tentang autisme Seputar AUTISME : Membaca hasil pemeriksaan Lab Alergi makanan pada anak autistik Hasil pemeriksaan Lab pada alergi makanan IgG, biasanya tertulis dalam bentuk 0, 1, 2, 3, 4, 5. Berapun hasil nya, itu menunjukkan bahan makanan tersebut REACTIVE (Alergi), jadi.....Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seringkali orangtua jika ditanya "Sudah diet pak/bu", dengan cepat akan mengatakan " ooo sudah, anak saya sudah diet 100 %", padahal kita yakin bahwa masih ada kebocoran.....Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Data kembali sayur yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa ROTASI dan ELIMINASI yaaa 1. Sawi hijau 2. Sawi putih 3. Pok coi 4......Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik <span class="userContent" data-ft="{&quot;tn&quot;:&quot;K&quot;}">Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik Setelah sayur,,,yuk kita data kembali buah yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa.....Langkah-langkah menjalani tatalaksana bagi anak autistik langkah-langkah menjalani tatalaksana bagi anak autistik Langkah-langkah memulai Tatalaksana bagi anak autistik Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Step pertama: "Permohonan kita dengan YAKIN agar anak autistik kita sembuh atas izinNya, tentunya dengan taat kepada perintahNya dan menghentikan laranganNya" Step.....Berbagai gangguan pada anak autistik berbagai gangguan pada anak autistik Berbagai gangguan pada anak autistik Penyandang autisme memiliki gangguan pada interaksi sosial, komunikasi, imajinasi, serta pola perilaku yang repetitif (berulang-ulang), dan resistensi (tidak mudah mengikuti/menyesuaikan) terhadap perubahan pada rutinitas. Gangguan pada.....Memulai diet CFGFSF pada Anak autistik memulai diet cfgfsf pada anak autistik Memulai diet pada anak autistik Diet umumnya dilakukan karena ada suatu penyakit di dalam tubuh kita yang jika tidak dijalankan bisa berpengaruh buruk pada organ lainnya.Begitu juga pada AUTSIME, karena berbagai kerusakan di dalam tubuh anak-anak ini antara lain pencernaan,.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Liza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik.....Jangan mudah mengeluh jangan mudah mengeluh Jangan mudah mengeluh dan putus asa Sebenarnya, apapun tidaklah SULIT, sulit hanya karena kita manusia memandangnya dari sisi kita sebagai manusia, dan mengabaikan dasar-dasar yang diberikan oleh Allah. 1. Wah berat banget ujian saya Allah.....Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang dengan teknik Extinction Oleh: Liza Anwar Seringkali orangtua, orang serumah dan tempat terapi anak autistik, dibuat pusing oleh perilaku anak autsitik yang suka merusak barang-barang (umpamanya.....Autism is Curable, Insha Allah autism is curable, insha allah Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua.....smartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior An smartaba for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart aba= applied behavior an SmartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior Analysis Metode Dokter Rudy Sutadi) Kebutuhan akan calon terapis smart ABA untuk Autisme di Indonesia terus meningkat, seiring dengan loncakan yang.....Autisme, ABA & BIT untuk Autisme Ekolalia adalah mengulang apa yang pernah didengar utamanya oleh penyandang Autisme.Hal ini bisa terjadi karena anak masih nonton TV, ,main game, tab, android, HP dan lain-lain peralatan elektronik serta menjalankan smart ABA tidak dengan cara yang benar Cara terbaik adalah hentikan.....AUTISME, smart ABA & smart BIT untuk Autisme <h2>Tentang AUTISME : Ikuti jalan-jalan yang telah dirambah oleh ahli-ahli, profesional dan orangtua anak autistik Oleh : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, S Pd.I</h2> Menjalani tatalaksana bagi penyandang AUTISME di Indonesia pada tahun 1997, ibarat masuk ke hutan.....Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. perbaiki hubungan dengan orangtua kita. Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) .....Pesan untuk orangtua anak autistik pesan untuk orangtua anak autistik Pesan Untuk Orangtua dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa.....Mengatasi anak autistik yang suka menyerang mengatasi anak autistik yang suka menyerang Mengatasi Anak autistik yang suka menyerang Oleh : Arneliza Anwar Mengapa anak autistik seringkali menyerang (misal memukul, menjambak rambut, mendorong dll) orang lain? Masalah ini adalah karena ketidak mampuan mereka untuk mengkomunikasi.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Arneliza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik secara bertubi-tubi,.....

Tokoh ABA Dunia

Prof. Ole Ivar Lovaas

Prof. Ole Ivar Lovaas
Bapak ABA Dunia

Profesional Pertama Di Dunia Yang Menerapkan ABA Untuk Autisme

Profesor Lovaas merupakan profesional pertama yang menerapkan ABA (Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme).
Dimulai pada tahun 1962, kemudian publikasi pertama pada tahun 1967, sehingga ABA untuk autisme dikenal juga sebagai Metode Lovaas.

Pada tahun 1993, Catherine Maurice menerbitkan bukunya yang berjudul Let Me Hear Your Voice, sehingga ABA menjadi terkenal ke seluruh dunia.
Dalam bukunya tersebut, Catherine Maurice menceriterakan tentang 2 anaknya yang autistik yang ditangani dengan ABA oleh Prof. Lovaas dan team, kemudian keduanya sembuh sehingga tidak bisa dibedakan dengan anak lain.

Setelah publikasi pertama penerapan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) oleh Prof. Lovaas pada tahun 1967, maka banyak ahli ABA dan praktisi ABA yang mengembangkan dan menyempurnakan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme).
dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I yang mempelajari ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) juga mengembangkan dan menyempurnakannya, terlebih khusus lagi untuk penyesuaian penggunaannya dalam bahasa Indonesia.
Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.


Tokoh ABA Indonesia

dr. Rudy Sutadi

dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I
Bapak ABA Indonesia

Profesional Indonesia Pertama Yang Mempopulerkan Dan Menyebarluaskan ABA Untuk Autisme Di Indonesia

Dokter Spesialis Anak yang menangani Autisme ini merupakan profesional yang langka, karena menguasai dua Terapi Utama Autisme yaitu ABA (Applied Behavior Analysis) dan Biomedical Intervention Therapy (BIT).
Kiprahnya diakui secara nasional maupun di lingkup internasional.

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI, adalah profesional Indonesia pertama yang menyebarluaskan dan mempopulerkan ABA untuk autisme di Indonesia, sejak tahun 1997.

Mempelajari ABA dari berbagai sumber, antara lain:
» LIFE (Lovaas Institute For Early Intervention), Los Angeles, USA
» PennState University, Pennsylvania, USA
» The Option Institute, New York, USA
» ISADD (Integration Service For Autism And Development Delay), Perth, Australia
» CalABA (California Association For Behavior Analysis), USA
» dan lain-lain

Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur / SOP ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.

» baca selengkapnya


Tokoh Penerus ABA

Liza Arneliza Anwar

Liza (Arneliza Anwar)
Tokoh Penerus ABA Indonesia

Advance Trainer Pada Smart ABA

Beberapa tahun setelah dokter Rudy tidak dapat aktif, penggunaan ABA yang betul dan benar sudah terkikis dan melenceng jauh, oleh karena itu Liza menggagas "Kembali Ke ABA" (Back To ABA).
Kemudian Liza bersama dokter Rudy mengembangkan Smart ABA.

Smart ABA merupakan ABA (Applied Behavior Analysis) yang dikembangkan oleh dokter Rudy bersama Liza, yaitu dengan melakukan assembling (perakitan) berbagai Struktur / SOP (Standard Operating Procedure), serta Sistematika yang khusus bahasa Indonesia, dan tolok ukur yang jelas (yaitu Sistem Penilaian yang kuantitatif dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Juga Kurikulum (Program dan Aktivitas) yang sangat jauh dikembangkan.

Sampai dengan tahun 2019, Liza telah memberikan lebih dari 50 kali Pelatihan / Training Smart ABA ke berbagai kota di seluruh Indonesia.
Pendapatnya tentang berbagai jenis terapi lainnya yang ada di Indonesia, Liza dengan tegas mengatakan "silahkan tunjukkan hasil penelitian metode tersebut untuk anak-anak autistik" (yang ternyata tak ada).
Sedangkan pendapatnya tentang terapis atau klinik/tempat terapi yang menangani autisme, "silahkan tanyakan berapa anak yang telah berhasil masuk sekolah reguler dengan benar, bukan sekedar sekolah-sekolahan, bukan sekolah inklusi apalagi sekolah khusus atau sekolah luar biasa", tukasnya.

Sejak tahun 2010 Liza/Arneliza mulai merintis berdiri dan terselenggaranya KID ABA (Klinik Intervensi Dini - Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme), di kawasan Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Dengan pasien yang berasal dari berbagai kota / daerah di Indonesia.

» baca selengkapnya



Autis-Autism-Autisme Dari Masa Ke MasaIstilah/kata autism pertama kali digunakan oleh seorang psikiater Swiss yang bernama Eugene Bleuler, yang pada tahun 1908-1911 mengamati adanya suatu ciri tertentu pada penderita skizofrenia dewasa yang ia sebut sebagai autism yang berasal dari kata bahasa Yunani yaitu autos yang berarti sendiri, yang.....Epidemiologi Autis-Autism-AutismeJumlah penyandang autisme di seluruh dunia semakin tahun semakin meningkat. Dari kepustakaan pada awal tahun 90-an, jumlah penyandang autisme diperkirakan sekitar 4-6 per 10.000 kelahiran. Tetapi mendekati tahun 2000 angka ini mencapai 15-20 per 10.000 kelahiran. Data pada tahun 2000, angka ini.....Autis-Autism-Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh? Pilihan Di Tangan Anda!!!Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Stem Cell Therapy (Terapi Sel Induk) Pada AutismeIstilah stem cell pertama kali dikemukakan pada tahun 1908 yang mempostulasikan adanya kemampuan berdiferensiasi pada sel-sel penghasil/pembentuk darah. Stem-cell atau sel-induk yaitu sel yang belum berdiferensiasi dimana turunan-turunan selnya dapat terdiferensiasi (berubah) menjadi berbagai jenis.....Antibiotik Pada Autisme: Kawan Atau Lawan???Salah satu hal yang menimbulkan masalah pada autisme adalah pemberian antibiotik.Oleh karena anak-anak autistik umumnya mempunyai gangguan kekebalan, maka mereka sering mengalami infeksi. Di Amerika, infeksi yang sering terjadi pada mereka adalah infeksi telinga tengah (sedangkan di Indonesia.....Pemilihan Metode Terapi Untuk AutismePetunjuk/pedoman yang digunakan oleh ASA (Autism Society of America) dalam menilai suatu metode/cara terapi, yaitu: Apakah terapi tersebut bisa membahayakan anak? Apa akibatnya jika terapi tersebut gagal? Apakah terapi tersebut telah terbukti secara ilmiah? Apakah.....Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh??? Pilihan Di Tangan Anda!!!Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Dragons Den Dan Kesembuhan AutismeDragon’s Den (Sarang Naga), adalah suatu acara di BBC Knowledge, yaitu berbagai orang dari berbagai latar belakang, menghadapi 5 orang multi-milyuner yang merupakan pengusaha kelas kakap, untuk mengajukan permohonan dana dengan sistem kerjasama bagi hasil.Pada suatu episode, ada seorang penemu.....Antara Ajax dan PHP -dengan- Autisme dan ABA (Applied Behavior Analysis)Ada orang-orang yang menterapkan berbagai metode yang tidak khusus untuk terapi autisme tetapi tetap saja digunakan untuk menterapi autisme, padahal tidak ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan efisiensinya untuk kesembuhan autisme.Katakan saja misalnya Terapi Wicara. Ini tidak dikembangkan.....Applied Behavior Analysis (ABA/Lovaas) Untuk AutismeABA (Applied Behavior Analysis) yaitu suatu ilmu perilaku terapan untuk mengajarkan dan melatih seseorang agar menguasai berbagai kemampuan yang sesuai dengan standar yang ada di masyarakat. Penggunaan ABA tidak hanya terbatas pada autisme saja, tetapi sangat luas diterapkan dalam berbagai bidang,.....Terapi IVIG/IVGG Untuk AutismeTANYA:1. Apakah yang dimaksud dengan terapi IVIG untuk penyandang Autis.2. Di manakah di Indonesia yang bisa melakukan terapi ini?3. Berapa biayanya? (karena sering disebutkan bahwa terapi ini MAHAL)4. Evaluasi sistem imun apa yang harus dilakukan sebelumnya?Zuhdi Setiadi-SemarangJAWAB:Terapi.....Me-Day Bagi Orangtua Penyandang AutismePenanganan penyandang autisme secara serius dengan ABA dan Biomedical Intervention, akan menguras banyak waktu, tenaga, dan perhatian. Itu betul.Tetapi jangan dilupakan bahwa kita juga manusia, yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kita tidak termasuk manusia super,.....Perceraian Pada Keluarga Yang Mempunyai Anak AutistikDari suatu penelitian jangka panjang yang mengikuti 406 keluarga yang mempunyai anak autistik sampai dengan tahun 2004, didapatkan bahwa angka perceraian tinggi sampai dengan anak berusia 8 tahun, setelah itu menurun. Namun ancaman perceraian tetap berlanjut, yaitu didapatkan bahwa angka perceraian tetap.....Jangan Benci IbumuSuatu sore saya menonton film seri Frasier. Yaitu film seri tentang Dr. Frasier Crane, seorang psikiater yang merupakan penyiar radio terkenal di Seattle.Dalam seri itu, Dr. Frasier Crane yang bersama adiknya Dr. Niles Crane, melihat ayahnya sedang dinner di restoran bersama seorang wanita bekas.....Lie To Me (Bohongilah Aku)Sangat menarik mempelajari ilmu perilaku manusia, apalagi dalam hal bohong.Mungkin dulu kita hanya mengenal bahwa terdapat 25 tanda kebohongan pada lelaki dan 15 pada wanita (waduh, jadi artinya dibandingkan wanita maka lelaki relatif lebih mudah diketahui jika berbohong).Namun dengan berkembangnya.....Deteksi Dini AutismeDeteksi dini atau skrining terhadap autisme dapat dilakukan secara sederhana dengan tools (perangkat) yang sederhana misalnya dengan STAT (Screening Tool for Autism in Two-Year-Olds), atau dengan CHAT/M-CHAT (Modified Checklist for Autism in Toddler). M-CHAT adalah versi Amerika yang merupakan perluasan.....Biomedical Intervention Therapy Untuk AutismeBiomedical Intervention adalah ilmu medis/kedokteran yang menterapi/memperbaiki masalah nerobiologis dan biokimiawi yang terdapat pada autistik. Autisme diyakini penyebabnya yaitu mempunyai dasar genetik dan dipicu oleh faktor lingkungan Faktor genetik ini mengakibatkan banyak hal, misalnya masalah/gangguan.....Masalah Rivalitas Pada Saudara Kandung Penyandang AutismeSaudara kandung dari anak autistik bisa menganggap anak autistik adalah rivalitas (saingan) yang mencuri seluruh perhatian dan milik/harta-benda dari mereka, oleh karena umumnya perhatian orangtua dan seluruh keluarga terpusat bahkan tersedot pada anak autistik mereka, sehingga mereka kurang memperhatikan.....Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan AutismeSampai saat ini, masih berlangsung kontroversi/perdebatan mengenai hubungan antara vakstin dan autisme. Namun telah banyak laporan terjadinya regresi autistik beberapa minggu setelah seorang anak mendapat vaksin. Laporan yang paling sering adalah regresi autistik oleh karena MMR. MMR dikaitkan dengan.....Jepang Menghentikan Penggunaan Vaksin Meningitis Dan PneumoniaKementerian Kesehatan Jepang telah menghentikan penggunaan vaksin meningitis dan pneumonia, setelah terdapat 4 kematian berturut-turut yang terjadi di Jepang pada bulan Februari dan Maret 2011 ini, pada anak-anak berumur 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun,.Kematian tersebut terjadi tidak.....Penyebab AutismeTerjadinya autisme yaitu oleh karena adanya dasar faktor genetik yang dipengaruhi dan.atau dipicu oleh faktor lingkungan seperti misalnya infeksi rubella/cytomegalovirus, polutan/intoksikasi logam berat, dan vaksinasi campak/MMR (yang masih menjadi kontroversi), dll. Faktor genetik yang berperan.....Terapi Intervensi Dini Pada AutismeYang dimaksud dengan Intervensi Dini yaitu terapi/tatalaksana yang dilakukan terhadap anak dengan usia sejak lahir sampai dengan usia 3 tahun (terapi/tatalaksana dimulai sebelum usia 3 tahun) yang dilakukan pada anak-anak yang memiliki kecacatan (disability), keterlambatan perkembangan (developmental.....Melalui Epigenetik - Autisme Bisa Disembuhkan Dengan ObatPernah dengar mengenai epigenetik? Mungkin bahkan untuk umumnya dokter, hal ini masih asing, oleh karena memang merupakan ilmu yang relatif baru (kata epigenetik sendiri sudah lama ada, tetapi penggunaannya sebagai ilmu yang berhubungan relatif baru).Pada ilmu genetika, dikenal istilah genotip.....[Ringkasan 01 dari 17] ::: Biomedical Intervention Therapy Untuk AutismeInsya ALLAH, beberapa hari ke depan akan saya posting ringkasan Terapi Intervensi Biomedis (Biomedical Intervention Therapy / BIT) untuk autisme, yang saya ambil dari Autism Research Institute (James B. Adams, Ph.D.).Ayo cetak 1.000 dokter Indonesia yang menguasai Biomedical Intervention Therapy.....[ RINGKASAN 02 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] MEMPERBAIKI DIETDasar :<br><ul> Manusia membutuhkan zat-zat gizi esensial tertentu untuk berbagai fungsi tubuhnya, yang meliputi vitamin, mineral, asam lemak esensial, dan asam amino (dari protein). Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu lakukan diet seimbang yang kaya sayuran, buah, dan protein.....[ RINGKASAN 03 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] A L E R G I M A K A N A NDASAR :Banyak anak autistik mengalami alergi makanan, disebabkan oleh abnormalitas pada sistem pencernaan dan/atau sistem kekebalan mereka. Jika makanan tidak dicerna sempurna menjadi susunan terkecil gula, asam amino, dll, maka makanan yang dicerna sebagian tersebut dapat terserap oleh saluran.....Bidadari Kiriman ALLAH Napi juga manusia, yang juga mempunyai kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Termasuk juga diriku yang Alhamdulillah merupakan lelaki normal. Bahkan salah seorang teman mengatakan mendengar suara wanita saja sudah merupakan hiburan tersendiri. Tetapi bagi kami yang faham dan ingin.....Kesabaran yang Indah Disaat Ibu ibu lainnya bercengkarma dengan ibu lainnya ketika menunggu anak anak mereka sekolah, Ibu anak special harus dengan seksama berada di depan layar monitor melihat aktivitas si special yang sedang di terapi. Disaat Ibu ibu lainnya asyik berada di mall,<br.....Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Pra kehamilan 6-12 Sampai saat ini masih belum diketahui cara yang paling tepat untuk melakukan pencegahan terjadinya autisme, terutama pada keluarga yang ingin mendapatkan anak berikutnya. Namun berdasarkan ilmu dan pengetahuan tentang berbagai terapi spesifik yang telah menghasilkan perbaikan bahkan kesembuhan,.....Gejala-gejala autisme Gejala-gejala autisme akan tampak makin jelas setelah anak mencapai usia 3 tahun, yaitu berupa: 1. Gangguandalam bidang komunikasi verbal maupun non-verbal: - terlambat bicara, - meracau dengan bahasa yang tak dapat dimengerti orang lain, - kalaupun.....Hal-hal yang penting diperhatikan selama masa kehamilan Selama hamil: Teruskan diet organik yang sangat berkualitas, hilangkan atau sangat kurangi gula dan makanan olahan. Teruskan multivitamin dan multimineral lengkap yang mudah diserap, dengan paling tidak mengandung 1.800 mg kalsium dan 800 mcg.....AUTISME : Hal-hal yang penting diketahui Selama masa bayi Selama masa bayi: Berhubungan erat/akrab dengan bayi anda sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin, serta tangani dan bercakap-cakap dengannya. Tidur bersamaan dengan waktu tidur bayi anda agar anda memperoleh cukup istirahat, dan dapat berhubungan sesering mungkin.....AUTISME dan ABA : Melatih bicara pada anak autistik ika anak autistik sudah mampu berkumunikasi 1 arah, maka minimalisir pertanyaan langsung kepada mereka, lebih seringlah berkomentar akan suatu situasi, yang bisa secara tiba-tiba, atau memang sengaja diatur. Misalnya : Ibu menjatuhkan bola mainan dari meja saat bermain.....Autisme dan BIT (Biomedical intervention Therapy) : Yang perlu dilakukan dalam BIT untuk anak-anak a Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan paling tidak: oLab lokal : Hematologi rutin, fungsi hati (LFT, SGOT, SGPT), fungsi ginjal (ureum darah, kreatinin darah), elektrolit lengkap darah, fungsi tiroid (T3, T4, TSH), IgE total o Complete Digestive Stool.....AUTIME : Tentang ASPERGER Pada Asperger , biasanya tidak ada keterlambatan bicara, sehingga sering diagnosis tidak segera dilakukan, orangtua baru membawa ke dokter ketika usia anak /sekolah anak semakin meningkat, dimana dibutuhkan kemampuan komunikasi yang semakin kompleks, misalnya pada usia kelas I SD/2 SD. Gejala-gejala.....AUTISME : Timbal balik Komunikasi VERBAL dan Kognitif pada anak autistik Kemampuan bicara dengan kemampuan kognitif, itu timbal balik. Jika kognitif anak mambaik, kemampuan bicara juga membaik Ketika kemampuan bicara meningkat, maka akan meningkatkan kognitifnya Kognitif (Kemampuan pemahaman, menangkap rangasangan, menyimpan.....AUTISME dan BIT : RINGKASAN 04 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] [ RINGKASAN 04 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] GLUTEN-FREE, CASEIN-FREE DIET( DAN SERING JUGA CORN-FREE, SOY-FREE ) Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME & BIT : [ RINGKASAN 05 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] SUPLEMENTASI V I T A M I N / M I N E R A L Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) DASAR.....AUTISME dan ABA : Meningkatkan komunikasi pada anak autistik Untuk meningkatkan komunikasi pada anak autistik, maka lalukan berbagai hal seperti menimbulkan protes dari anak pada berbagai aktivitas, sebagai contoh Ketika anak memperhatikan anda, taruh sepatu di lemari pajangan, atur kesempatan anak untuk berkomentar \'Salah!\'.....AUTISME : PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME by : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Semua anak termasuk penyandang autisme, suatu saat akan mengalami pubertas, terlepas dari kemampuan sosial ataupun IQ nya. Pada.....AUTISME & BIT : Ringkasan 06 dari 17 - BIT] ::: Vitamin B6 Dosis Tinggi Dan Magnesium [ RINGKASAN 06 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] VITAMIN B6 DOSIS TINGGI DAN MAGNESIUM Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....TISAUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi verbal pada anak autistik dengan ABA Ikuti sistimatika dibawah ini, jangan pada awal-awal anak autistik sudah disuruh tiup lilin, meronce, meniti, memanjat, karena yang harus kita latih terlebih dahulu OTAK nya agar mampu berkomunikasi verbal, sehingga memanjat, menendang bola dll nantinya mampu dilakukan oleh anak tanpa harus.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 07 dari 17 - BIT] ::: Essential Fatty Acids [ RINGKASAN 07 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] ESSENTIAL FATTY ACIDS Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME : Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat Agar Anak autistic verbal butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua lain atau profesional (katanya) yang mengatakan.....AUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi VERBAL anak autistik dengan ABA Selain anak AUTISTIK tidak/belum bisa bicara, masalah/gangguan bicara yang lain yang mungkin terdapat adalah kadang anak sudah mulai sedikit-sedikit mengeluarkan beberapa patah kata, tetapi kemudian kemampuan bicaranya menghilang begitu saja pada usia sekitar 18 bulan atau sebelum 2 tahun. Hal.....AUTISME : AUTISME & ABA Melatih kepatuhan pada anak autistik Melatih kepatuhan pada anak autistik adalah dengan melatih duduk, tentunya kita latih duduk sejak usia dini, sehingga anak-anak autistik yang ditangani dengan ABA yang benar sejak dini, maka kepatuhan tidak akan pernah menjadi masalah saat mereka bersekolah reguler nantinya. Karena semenjak.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan ENZIM-ENZIM PENCERNAAN Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior.....AUTISME & ABA : Program paralel dalam melatih bicara bagi anak-anak autistikJika anak autistik sudah mulai masuk pada tahap verbal, ( INGAT, BUKAN PADA SAAT PERTAMA KALI ANAK AUTISTIK DITERAPI YA !!!! ) maka latih juga secara paralel, dimana orangtua harus lebih banyak melatih ini dirumah : 1. Meniup potongan tissue yang diletakkan ditangan 2. Meniup.....AUTISME & ABA : Generalisai pada anak autistikJika anak autistik sudah mampu berkomunikasi satu arah ( berbicara dan sudah menguasai labih kurang 100 kata), maka lakukan generalisasi Misalnya : kata \'tidak\', yang biasaya diucapkan, dperluas menjadi \'nggak\', \'jangan\', \'ga boleh\'. Jika terapis di teaching room bertanya.....AUTISME & Penghasilan yang HalalMenyaring, hanya penghasilan HALAL yang akan diberikan kepada anak-anak kita, adalah upaya dini untuk menuju generasi yang sehat lahir dan batin dan takut kepada Alloh......AUTISME & BIT : [Ringkasan 09 dari 17 - BIT] ::: Terapi Usus: Anti Jamur dan Probiotik TERAPI USUS : ANTI JAMUR DAN PROBIOTIK Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesiali Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) LATAR BELAKANG.....Jangan merasa sedirian Bergabunglah dengan kelompok orangtua yang mempunyai keyakinan bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan, sehingga kita tidak merasa sendirian di dunia ini, serta dapat berbagi suka-duka serta pemecahan/mengatasi masalah. Pengalaman-pengalaman positif dari orang-orangtua yang lebih dahulu menangani.....Pesan untuk orangtua Pesan Untuk Orangtua (dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika orangtua tidak faham apa itu autisme, mungkin diagnosis autisme tidak berpengaruh.....Diet AUTISME dan BIT Jika tahun 2013 masih jahil membocorkan diet pada anak autistik, maka tahun 2014 ini seharusnya zaman jahil itu harus berlalu, seharusnya orangtua dan keluarga SADAR, lakukan diet CFGFSF dengan 100 %, tidak boleh ada kebocoran, bahkan sesekalipun. Biar jangan lupa kami ingatkan kembali kembali.....Persediann Obat-obat Tentang AUTISME : Seputar persediaan obat-obat, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Tentang AUTISME: Tentang AUTISME : Seputar obat-obatan, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Seputar ABA untuk AUTISME Yang perlu diingat pada latihan kontak mata pada anak autistik adalah sbb : 1. Jangan memanggil nama anak selama program awal kontak mata, instruksi hanya "lihat " saja. 2. Jika anak sudah on request saat diberi instruksi "lihat",.....Seputar BIT untuk AUTISME : Diet pada anak autistik Catatan PENTING !!!! 1. Walaupun hasil pemeriksaan allergi anak autistik tidak akergi terhadap susu dan terigu, tetapi pada anak autistik susu dan terigu tetap TIDAK BOLEH mereka konsumsi, hal ini bukan karena berhungan dengan alerginya, tetapi terbentuknya morphin jika.....Tentang AUTISME Seputar AUTISME : Membaca hasil pemeriksaan Lab Alergi makanan pada anak autistik Hasil pemeriksaan Lab pada alergi makanan IgG, biasanya tertulis dalam bentuk 0, 1, 2, 3, 4, 5. Berapun hasil nya, itu menunjukkan bahan makanan tersebut REACTIVE (Alergi), jadi.....Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seringkali orangtua jika ditanya "Sudah diet pak/bu", dengan cepat akan mengatakan " ooo sudah, anak saya sudah diet 100 %", padahal kita yakin bahwa masih ada kebocoran.....Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Data kembali sayur yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa ROTASI dan ELIMINASI yaaa 1. Sawi hijau 2. Sawi putih 3. Pok coi 4......Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik <span class="userContent" data-ft="{&quot;tn&quot;:&quot;K&quot;}">Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik Setelah sayur,,,yuk kita data kembali buah yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa.....Langkah-langkah menjalani tatalaksana bagi anak autistik Langkah-langkah memulai Tatalaksana bagi anak autistik Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Step pertama: "Permohonan kita dengan YAKIN agar anak autistik kita sembuh atas izinNya, tentunya dengan taat kepada perintahNya dan menghentikan laranganNya" Step.....Berbagai gangguan pada anak autistik Berbagai gangguan pada anak autistik Penyandang autisme memiliki gangguan pada interaksi sosial, komunikasi, imajinasi, serta pola perilaku yang repetitif (berulang-ulang), dan resistensi (tidak mudah mengikuti/menyesuaikan) terhadap perubahan pada rutinitas. Gangguan pada.....Memulai diet CFGFSF pada Anak autistik Memulai diet pada anak autistik Diet umumnya dilakukan karena ada suatu penyakit di dalam tubuh kita yang jika tidak dijalankan bisa berpengaruh buruk pada organ lainnya.Begitu juga pada AUTSIME, karena berbagai kerusakan di dalam tubuh anak-anak ini antara lain pencernaan,.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Liza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik.....Jangan mudah mengeluh Jangan mudah mengeluh dan putus asa Sebenarnya, apapun tidaklah SULIT, sulit hanya karena kita manusia memandangnya dari sisi kita sebagai manusia, dan mengabaikan dasar-dasar yang diberikan oleh Allah. 1. Wah berat banget ujian saya Allah.....Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang dengan teknik Extinction Oleh: Liza Anwar Seringkali orangtua, orang serumah dan tempat terapi anak autistik, dibuat pusing oleh perilaku anak autsitik yang suka merusak barang-barang (umpamanya.....Autism is Curable, Insha Allah Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua.....smartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior An SmartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior Analysis Metode Dokter Rudy Sutadi) Kebutuhan akan calon terapis smart ABA untuk Autisme di Indonesia terus meningkat, seiring dengan loncakan yang.....Autisme, ABA & BIT untuk Autisme Ekolalia adalah mengulang apa yang pernah didengar utamanya oleh penyandang Autisme.Hal ini bisa terjadi karena anak masih nonton TV, ,main game, tab, android, HP dan lain-lain peralatan elektronik serta menjalankan smart ABA tidak dengan cara yang benar Cara terbaik adalah hentikan.....AUTISME, smart ABA & smart BIT untuk Autisme<h2>Tentang AUTISME : Ikuti jalan-jalan yang telah dirambah oleh ahli-ahli, profesional dan orangtua anak autistik Oleh : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, S Pd.I</h2> Menjalani tatalaksana bagi penyandang AUTISME di Indonesia pada tahun 1997, ibarat masuk ke hutan.....Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) .....Pesan untuk orangtua anak autistik Pesan Untuk Orangtua dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa.....Mengatasi anak autistik yang suka menyerang Mengatasi Anak autistik yang suka menyerang Oleh : Arneliza Anwar Mengapa anak autistik seringkali menyerang (misal memukul, menjambak rambut, mendorong dll) orang lain? Masalah ini adalah karena ketidak mampuan mereka untuk mengkomunikasi.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Arneliza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik secara bertubi-tubi,.....


Autis-Autism-Autisme Dari Masa Ke MasaIstilah/kata autism pertama kali digunakan oleh seorang psikiater Swiss yang bernama Eugene Bleuler, yang pada tahun 1908-1911 mengamati adanya suatu ciri tertentu pada penderita skizofrenia dewasa yang ia sebut sebagai autism yang berasal dari kata bahasa Yunani yaitu autos yang berarti sendiri, yang.....Epidemiologi Autis-Autism-AutismeJumlah penyandang autisme di seluruh dunia semakin tahun semakin meningkat. Dari kepustakaan pada awal tahun 90-an, jumlah penyandang autisme diperkirakan sekitar 4-6 per 10.000 kelahiran. Tetapi mendekati tahun 2000 angka ini mencapai 15-20 per 10.000 kelahiran. Data pada tahun 2000, angka ini.....Autis-Autism-Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh? Pilihan Di Tangan Anda!!!Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Stem Cell Therapy (Terapi Sel Induk) Pada AutismeIstilah stem cell pertama kali dikemukakan pada tahun 1908 yang mempostulasikan adanya kemampuan berdiferensiasi pada sel-sel penghasil/pembentuk darah. Stem-cell atau sel-induk yaitu sel yang belum berdiferensiasi dimana turunan-turunan selnya dapat terdiferensiasi (berubah) menjadi berbagai jenis.....Antibiotik Pada Autisme: Kawan Atau Lawan???Salah satu hal yang menimbulkan masalah pada autisme adalah pemberian antibiotik.Oleh karena anak-anak autistik umumnya mempunyai gangguan kekebalan, maka mereka sering mengalami infeksi. Di Amerika, infeksi yang sering terjadi pada mereka adalah infeksi telinga tengah (sedangkan di Indonesia.....Pemilihan Metode Terapi Untuk AutismePetunjuk/pedoman yang digunakan oleh ASA (Autism Society of America) dalam menilai suatu metode/cara terapi, yaitu: Apakah terapi tersebut bisa membahayakan anak? Apa akibatnya jika terapi tersebut gagal? Apakah terapi tersebut telah terbukti secara ilmiah? Apakah.....Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh??? Pilihan Di Tangan Anda!!!Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Dragons Den Dan Kesembuhan AutismeDragon’s Den (Sarang Naga), adalah suatu acara di BBC Knowledge, yaitu berbagai orang dari berbagai latar belakang, menghadapi 5 orang multi-milyuner yang merupakan pengusaha kelas kakap, untuk mengajukan permohonan dana dengan sistem kerjasama bagi hasil.Pada suatu episode, ada seorang penemu.....Antara Ajax dan PHP -dengan- Autisme dan ABA (Applied Behavior Analysis)Ada orang-orang yang menterapkan berbagai metode yang tidak khusus untuk terapi autisme tetapi tetap saja digunakan untuk menterapi autisme, padahal tidak ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan efisiensinya untuk kesembuhan autisme.Katakan saja misalnya Terapi Wicara. Ini tidak dikembangkan.....Applied Behavior Analysis (ABA/Lovaas) Untuk AutismeABA (Applied Behavior Analysis) yaitu suatu ilmu perilaku terapan untuk mengajarkan dan melatih seseorang agar menguasai berbagai kemampuan yang sesuai dengan standar yang ada di masyarakat. Penggunaan ABA tidak hanya terbatas pada autisme saja, tetapi sangat luas diterapkan dalam berbagai bidang,.....Terapi IVIG/IVGG Untuk AutismeTANYA:1. Apakah yang dimaksud dengan terapi IVIG untuk penyandang Autis.2. Di manakah di Indonesia yang bisa melakukan terapi ini?3. Berapa biayanya? (karena sering disebutkan bahwa terapi ini MAHAL)4. Evaluasi sistem imun apa yang harus dilakukan sebelumnya?Zuhdi Setiadi-SemarangJAWAB:Terapi.....Me-Day Bagi Orangtua Penyandang AutismePenanganan penyandang autisme secara serius dengan ABA dan Biomedical Intervention, akan menguras banyak waktu, tenaga, dan perhatian. Itu betul.Tetapi jangan dilupakan bahwa kita juga manusia, yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kita tidak termasuk manusia super,.....Perceraian Pada Keluarga Yang Mempunyai Anak AutistikDari suatu penelitian jangka panjang yang mengikuti 406 keluarga yang mempunyai anak autistik sampai dengan tahun 2004, didapatkan bahwa angka perceraian tinggi sampai dengan anak berusia 8 tahun, setelah itu menurun. Namun ancaman perceraian tetap berlanjut, yaitu didapatkan bahwa angka perceraian tetap.....Jangan Benci IbumuSuatu sore saya menonton film seri Frasier. Yaitu film seri tentang Dr. Frasier Crane, seorang psikiater yang merupakan penyiar radio terkenal di Seattle.Dalam seri itu, Dr. Frasier Crane yang bersama adiknya Dr. Niles Crane, melihat ayahnya sedang dinner di restoran bersama seorang wanita bekas.....Lie To Me (Bohongilah Aku)Sangat menarik mempelajari ilmu perilaku manusia, apalagi dalam hal bohong.Mungkin dulu kita hanya mengenal bahwa terdapat 25 tanda kebohongan pada lelaki dan 15 pada wanita (waduh, jadi artinya dibandingkan wanita maka lelaki relatif lebih mudah diketahui jika berbohong).Namun dengan berkembangnya.....Deteksi Dini AutismeDeteksi dini atau skrining terhadap autisme dapat dilakukan secara sederhana dengan tools (perangkat) yang sederhana misalnya dengan STAT (Screening Tool for Autism in Two-Year-Olds), atau dengan CHAT/M-CHAT (Modified Checklist for Autism in Toddler). M-CHAT adalah versi Amerika yang merupakan perluasan.....Biomedical Intervention Therapy Untuk AutismeBiomedical Intervention adalah ilmu medis/kedokteran yang menterapi/memperbaiki masalah nerobiologis dan biokimiawi yang terdapat pada autistik. Autisme diyakini penyebabnya yaitu mempunyai dasar genetik dan dipicu oleh faktor lingkungan Faktor genetik ini mengakibatkan banyak hal, misalnya masalah/gangguan.....Masalah Rivalitas Pada Saudara Kandung Penyandang AutismeSaudara kandung dari anak autistik bisa menganggap anak autistik adalah rivalitas (saingan) yang mencuri seluruh perhatian dan milik/harta-benda dari mereka, oleh karena umumnya perhatian orangtua dan seluruh keluarga terpusat bahkan tersedot pada anak autistik mereka, sehingga mereka kurang memperhatikan.....Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan AutismeSampai saat ini, masih berlangsung kontroversi/perdebatan mengenai hubungan antara vakstin dan autisme. Namun telah banyak laporan terjadinya regresi autistik beberapa minggu setelah seorang anak mendapat vaksin. Laporan yang paling sering adalah regresi autistik oleh karena MMR. MMR dikaitkan dengan.....Jepang Menghentikan Penggunaan Vaksin Meningitis Dan PneumoniaKementerian Kesehatan Jepang telah menghentikan penggunaan vaksin meningitis dan pneumonia, setelah terdapat 4 kematian berturut-turut yang terjadi di Jepang pada bulan Februari dan Maret 2011 ini, pada anak-anak berumur 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun,.Kematian tersebut terjadi tidak.....Penyebab AutismeTerjadinya autisme yaitu oleh karena adanya dasar faktor genetik yang dipengaruhi dan.atau dipicu oleh faktor lingkungan seperti misalnya infeksi rubella/cytomegalovirus, polutan/intoksikasi logam berat, dan vaksinasi campak/MMR (yang masih menjadi kontroversi), dll. Faktor genetik yang berperan.....Terapi Intervensi Dini Pada AutismeYang dimaksud dengan Intervensi Dini yaitu terapi/tatalaksana yang dilakukan terhadap anak dengan usia sejak lahir sampai dengan usia 3 tahun (terapi/tatalaksana dimulai sebelum usia 3 tahun) yang dilakukan pada anak-anak yang memiliki kecacatan (disability), keterlambatan perkembangan (developmental.....Melalui Epigenetik - Autisme Bisa Disembuhkan Dengan ObatPernah dengar mengenai epigenetik? Mungkin bahkan untuk umumnya dokter, hal ini masih asing, oleh karena memang merupakan ilmu yang relatif baru (kata epigenetik sendiri sudah lama ada, tetapi penggunaannya sebagai ilmu yang berhubungan relatif baru).Pada ilmu genetika, dikenal istilah genotip.....[Ringkasan 01 dari 17] ::: Biomedical Intervention Therapy Untuk AutismeInsya ALLAH, beberapa hari ke depan akan saya posting ringkasan Terapi Intervensi Biomedis (Biomedical Intervention Therapy / BIT) untuk autisme, yang saya ambil dari Autism Research Institute (James B. Adams, Ph.D.).Ayo cetak 1.000 dokter Indonesia yang menguasai Biomedical Intervention Therapy.....[ RINGKASAN 02 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] MEMPERBAIKI DIETDasar :<br><ul> Manusia membutuhkan zat-zat gizi esensial tertentu untuk berbagai fungsi tubuhnya, yang meliputi vitamin, mineral, asam lemak esensial, dan asam amino (dari protein). Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu lakukan diet seimbang yang kaya sayuran, buah, dan protein.....[ RINGKASAN 03 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] A L E R G I M A K A N A NDASAR :Banyak anak autistik mengalami alergi makanan, disebabkan oleh abnormalitas pada sistem pencernaan dan/atau sistem kekebalan mereka. Jika makanan tidak dicerna sempurna menjadi susunan terkecil gula, asam amino, dll, maka makanan yang dicerna sebagian tersebut dapat terserap oleh saluran.....Bidadari Kiriman ALLAH Napi juga manusia, yang juga mempunyai kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Termasuk juga diriku yang Alhamdulillah merupakan lelaki normal. Bahkan salah seorang teman mengatakan mendengar suara wanita saja sudah merupakan hiburan tersendiri. Tetapi bagi kami yang faham dan ingin.....Kesabaran yang Indah Disaat Ibu ibu lainnya bercengkarma dengan ibu lainnya ketika menunggu anak anak mereka sekolah, Ibu anak special harus dengan seksama berada di depan layar monitor melihat aktivitas si special yang sedang di terapi. Disaat Ibu ibu lainnya asyik berada di mall,<br.....Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Pra kehamilan 6-12 Sampai saat ini masih belum diketahui cara yang paling tepat untuk melakukan pencegahan terjadinya autisme, terutama pada keluarga yang ingin mendapatkan anak berikutnya. Namun berdasarkan ilmu dan pengetahuan tentang berbagai terapi spesifik yang telah menghasilkan perbaikan bahkan kesembuhan,.....Gejala-gejala autisme Gejala-gejala autisme akan tampak makin jelas setelah anak mencapai usia 3 tahun, yaitu berupa: 1. Gangguandalam bidang komunikasi verbal maupun non-verbal: - terlambat bicara, - meracau dengan bahasa yang tak dapat dimengerti orang lain, - kalaupun.....Hal-hal yang penting diperhatikan selama masa kehamilan Selama hamil: Teruskan diet organik yang sangat berkualitas, hilangkan atau sangat kurangi gula dan makanan olahan. Teruskan multivitamin dan multimineral lengkap yang mudah diserap, dengan paling tidak mengandung 1.800 mg kalsium dan 800 mcg.....AUTISME : Hal-hal yang penting diketahui Selama masa bayi Selama masa bayi: Berhubungan erat/akrab dengan bayi anda sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin, serta tangani dan bercakap-cakap dengannya. Tidur bersamaan dengan waktu tidur bayi anda agar anda memperoleh cukup istirahat, dan dapat berhubungan sesering mungkin.....AUTISME dan ABA : Melatih bicara pada anak autistik ika anak autistik sudah mampu berkumunikasi 1 arah, maka minimalisir pertanyaan langsung kepada mereka, lebih seringlah berkomentar akan suatu situasi, yang bisa secara tiba-tiba, atau memang sengaja diatur. Misalnya : Ibu menjatuhkan bola mainan dari meja saat bermain.....Autisme dan BIT (Biomedical intervention Therapy) : Yang perlu dilakukan dalam BIT untuk anak-anak a Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan paling tidak: oLab lokal : Hematologi rutin, fungsi hati (LFT, SGOT, SGPT), fungsi ginjal (ureum darah, kreatinin darah), elektrolit lengkap darah, fungsi tiroid (T3, T4, TSH), IgE total o Complete Digestive Stool.....AUTIME : Tentang ASPERGER Pada Asperger , biasanya tidak ada keterlambatan bicara, sehingga sering diagnosis tidak segera dilakukan, orangtua baru membawa ke dokter ketika usia anak /sekolah anak semakin meningkat, dimana dibutuhkan kemampuan komunikasi yang semakin kompleks, misalnya pada usia kelas I SD/2 SD. Gejala-gejala.....AUTISME : Timbal balik Komunikasi VERBAL dan Kognitif pada anak autistik Kemampuan bicara dengan kemampuan kognitif, itu timbal balik. Jika kognitif anak mambaik, kemampuan bicara juga membaik Ketika kemampuan bicara meningkat, maka akan meningkatkan kognitifnya Kognitif (Kemampuan pemahaman, menangkap rangasangan, menyimpan.....AUTISME dan BIT : RINGKASAN 04 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] [ RINGKASAN 04 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] GLUTEN-FREE, CASEIN-FREE DIET( DAN SERING JUGA CORN-FREE, SOY-FREE ) Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME & BIT : [ RINGKASAN 05 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] SUPLEMENTASI V I T A M I N / M I N E R A L Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) DASAR.....AUTISME dan ABA : Meningkatkan komunikasi pada anak autistik Untuk meningkatkan komunikasi pada anak autistik, maka lalukan berbagai hal seperti menimbulkan protes dari anak pada berbagai aktivitas, sebagai contoh Ketika anak memperhatikan anda, taruh sepatu di lemari pajangan, atur kesempatan anak untuk berkomentar \'Salah!\'.....AUTISME : PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME by : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Semua anak termasuk penyandang autisme, suatu saat akan mengalami pubertas, terlepas dari kemampuan sosial ataupun IQ nya. Pada.....AUTISME & BIT : Ringkasan 06 dari 17 - BIT] ::: Vitamin B6 Dosis Tinggi Dan Magnesium [ RINGKASAN 06 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] VITAMIN B6 DOSIS TINGGI DAN MAGNESIUM Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....TISAUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi verbal pada anak autistik dengan ABA Ikuti sistimatika dibawah ini, jangan pada awal-awal anak autistik sudah disuruh tiup lilin, meronce, meniti, memanjat, karena yang harus kita latih terlebih dahulu OTAK nya agar mampu berkomunikasi verbal, sehingga memanjat, menendang bola dll nantinya mampu dilakukan oleh anak tanpa harus.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 07 dari 17 - BIT] ::: Essential Fatty Acids [ RINGKASAN 07 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] ESSENTIAL FATTY ACIDS Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME : Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat Agar Anak autistic verbal butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua lain atau profesional (katanya) yang mengatakan.....AUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi VERBAL anak autistik dengan ABA Selain anak AUTISTIK tidak/belum bisa bicara, masalah/gangguan bicara yang lain yang mungkin terdapat adalah kadang anak sudah mulai sedikit-sedikit mengeluarkan beberapa patah kata, tetapi kemudian kemampuan bicaranya menghilang begitu saja pada usia sekitar 18 bulan atau sebelum 2 tahun. Hal.....AUTISME : AUTISME & ABA Melatih kepatuhan pada anak autistik Melatih kepatuhan pada anak autistik adalah dengan melatih duduk, tentunya kita latih duduk sejak usia dini, sehingga anak-anak autistik yang ditangani dengan ABA yang benar sejak dini, maka kepatuhan tidak akan pernah menjadi masalah saat mereka bersekolah reguler nantinya. Karena semenjak.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan ENZIM-ENZIM PENCERNAAN Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior.....AUTISME & ABA : Program paralel dalam melatih bicara bagi anak-anak autistikJika anak autistik sudah mulai masuk pada tahap verbal, ( INGAT, BUKAN PADA SAAT PERTAMA KALI ANAK AUTISTIK DITERAPI YA !!!! ) maka latih juga secara paralel, dimana orangtua harus lebih banyak melatih ini dirumah : 1. Meniup potongan tissue yang diletakkan ditangan 2. Meniup.....AUTISME & ABA : Generalisai pada anak autistikJika anak autistik sudah mampu berkomunikasi satu arah ( berbicara dan sudah menguasai labih kurang 100 kata), maka lakukan generalisasi Misalnya : kata \'tidak\', yang biasaya diucapkan, dperluas menjadi \'nggak\', \'jangan\', \'ga boleh\'. Jika terapis di teaching room bertanya.....AUTISME & Penghasilan yang HalalMenyaring, hanya penghasilan HALAL yang akan diberikan kepada anak-anak kita, adalah upaya dini untuk menuju generasi yang sehat lahir dan batin dan takut kepada Alloh......AUTISME & BIT : [Ringkasan 09 dari 17 - BIT] ::: Terapi Usus: Anti Jamur dan Probiotik TERAPI USUS : ANTI JAMUR DAN PROBIOTIK Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesiali Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) LATAR BELAKANG.....Jangan merasa sedirian Bergabunglah dengan kelompok orangtua yang mempunyai keyakinan bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan, sehingga kita tidak merasa sendirian di dunia ini, serta dapat berbagi suka-duka serta pemecahan/mengatasi masalah. Pengalaman-pengalaman positif dari orang-orangtua yang lebih dahulu menangani.....Pesan untuk orangtua Pesan Untuk Orangtua (dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika orangtua tidak faham apa itu autisme, mungkin diagnosis autisme tidak berpengaruh.....Diet AUTISME dan BIT Jika tahun 2013 masih jahil membocorkan diet pada anak autistik, maka tahun 2014 ini seharusnya zaman jahil itu harus berlalu, seharusnya orangtua dan keluarga SADAR, lakukan diet CFGFSF dengan 100 %, tidak boleh ada kebocoran, bahkan sesekalipun. Biar jangan lupa kami ingatkan kembali kembali.....Persediann Obat-obat Tentang AUTISME : Seputar persediaan obat-obat, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Tentang AUTISME: Tentang AUTISME : Seputar obat-obatan, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Seputar ABA untuk AUTISME Yang perlu diingat pada latihan kontak mata pada anak autistik adalah sbb : 1. Jangan memanggil nama anak selama program awal kontak mata, instruksi hanya "lihat " saja. 2. Jika anak sudah on request saat diberi instruksi "lihat",.....Seputar BIT untuk AUTISME : Diet pada anak autistik Catatan PENTING !!!! 1. Walaupun hasil pemeriksaan allergi anak autistik tidak akergi terhadap susu dan terigu, tetapi pada anak autistik susu dan terigu tetap TIDAK BOLEH mereka konsumsi, hal ini bukan karena berhungan dengan alerginya, tetapi terbentuknya morphin jika.....Tentang AUTISME Seputar AUTISME : Membaca hasil pemeriksaan Lab Alergi makanan pada anak autistik Hasil pemeriksaan Lab pada alergi makanan IgG, biasanya tertulis dalam bentuk 0, 1, 2, 3, 4, 5. Berapun hasil nya, itu menunjukkan bahan makanan tersebut REACTIVE (Alergi), jadi.....Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seringkali orangtua jika ditanya "Sudah diet pak/bu", dengan cepat akan mengatakan " ooo sudah, anak saya sudah diet 100 %", padahal kita yakin bahwa masih ada kebocoran.....Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Data kembali sayur yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa ROTASI dan ELIMINASI yaaa 1. Sawi hijau 2. Sawi putih 3. Pok coi 4......Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik <span class="userContent" data-ft="{&quot;tn&quot;:&quot;K&quot;}">Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik Setelah sayur,,,yuk kita data kembali buah yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa.....Langkah-langkah menjalani tatalaksana bagi anak autistik Langkah-langkah memulai Tatalaksana bagi anak autistik Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Step pertama: "Permohonan kita dengan YAKIN agar anak autistik kita sembuh atas izinNya, tentunya dengan taat kepada perintahNya dan menghentikan laranganNya" Step.....Berbagai gangguan pada anak autistik Berbagai gangguan pada anak autistik Penyandang autisme memiliki gangguan pada interaksi sosial, komunikasi, imajinasi, serta pola perilaku yang repetitif (berulang-ulang), dan resistensi (tidak mudah mengikuti/menyesuaikan) terhadap perubahan pada rutinitas. Gangguan pada.....Memulai diet CFGFSF pada Anak autistik Memulai diet pada anak autistik Diet umumnya dilakukan karena ada suatu penyakit di dalam tubuh kita yang jika tidak dijalankan bisa berpengaruh buruk pada organ lainnya.Begitu juga pada AUTSIME, karena berbagai kerusakan di dalam tubuh anak-anak ini antara lain pencernaan,.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Liza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik.....Jangan mudah mengeluh Jangan mudah mengeluh dan putus asa Sebenarnya, apapun tidaklah SULIT, sulit hanya karena kita manusia memandangnya dari sisi kita sebagai manusia, dan mengabaikan dasar-dasar yang diberikan oleh Allah. 1. Wah berat banget ujian saya Allah.....Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang dengan teknik Extinction Oleh: Liza Anwar Seringkali orangtua, orang serumah dan tempat terapi anak autistik, dibuat pusing oleh perilaku anak autsitik yang suka merusak barang-barang (umpamanya.....Autism is Curable, Insha Allah Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua.....smartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior An SmartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior Analysis Metode Dokter Rudy Sutadi) Kebutuhan akan calon terapis smart ABA untuk Autisme di Indonesia terus meningkat, seiring dengan loncakan yang.....Autisme, ABA & BIT untuk Autisme Ekolalia adalah mengulang apa yang pernah didengar utamanya oleh penyandang Autisme.Hal ini bisa terjadi karena anak masih nonton TV, ,main game, tab, android, HP dan lain-lain peralatan elektronik serta menjalankan smart ABA tidak dengan cara yang benar Cara terbaik adalah hentikan.....AUTISME, smart ABA & smart BIT untuk Autisme<h2>Tentang AUTISME : Ikuti jalan-jalan yang telah dirambah oleh ahli-ahli, profesional dan orangtua anak autistik Oleh : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, S Pd.I</h2> Menjalani tatalaksana bagi penyandang AUTISME di Indonesia pada tahun 1997, ibarat masuk ke hutan.....Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) .....Pesan untuk orangtua anak autistik Pesan Untuk Orangtua dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa.....Mengatasi anak autistik yang suka menyerang Mengatasi Anak autistik yang suka menyerang Oleh : Arneliza Anwar Mengapa anak autistik seringkali menyerang (misal memukul, menjambak rambut, mendorong dll) orang lain? Masalah ini adalah karena ketidak mampuan mereka untuk mengkomunikasi.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Arneliza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik secara bertubi-tubi,.....

© 2011 KID ABA Ultimate For Autism

Grand Wisata Blok AA 11 No.56-57-58, Tambun, Bekasi, Jawa Barat 17510, Indonesia

Mohon Maaf, Aplikasi Di Bawah Ini BELUM Berfungsi