Autisme Bisa Sembuh - Insya Allah

KID ABA Ultimate For Autism

Grand Wisata AA 11 No.56-57-58, Bekasi, Jawa Barat 17510, Indonesia
Telpon/WhatsApp +62-85-100-90-6000
Home Lowongan Kerja Terapis Lokasi Kami (GoogleMaps) Hubungi Kami
Home Lowongan Kerja Terapis Lokasi Kami (GoogleMaps) Hubungi Kami
Home Lowongan Kerja Terapis Lokasi Kami (GoogleMaps) Hubungi Kami

Konferensi Nasional Autisme Indonesia Kedua - 12 & 13 September 2020

Tanya Ahli

AUTISME...?

Tanyakan Ahlinya ! Gratis

+62-889-8000-6000
(WhatsApp Only)

Mohon tulis nama-lengkap bapak/ibu dan gelar lengkap (jika ada), serta kota tempat tinggal.

Autism Is Curable - Insha Allah
Dengan Smart-ABA dan Smart-BIT

Terapi Autisme Jaman Now


Appointment Konsultasi

Anak Terlambat Bicara?

Curiga Anak Anda Autisme?

Anak Anda Didiagnosis Autisme?

Ingin Konsultasi Temu Muka Lebih Lanjut Dengan Dokter Khusus Autisme?

Aplikasi ini untuk melakukan/mendapatkan penjadwalan tanggal dan jam untuk Konsultasi Temu Muka dengan DOKTER KHUSUS yang menangani Autisme di KID ABA Ultimate, Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Diagnosis App

Anak Terlambat Bicara?

Apakah Anak Anda Autisme?

Aplikasi Untuk Diagnosis Autisme

Aplikasi ini untuk digunakan dokter / orangtua / keluarga / guru / terapis / profesional / klinik atau siapapun, untuk keperluan penyaring (SCREENING kemungkinan autisme ataukah tidak) maupun DIAGNOSIS autisme itu sendiri.


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Smart BIT-App

Aplikasi Untuk Pelaksanaan Smart BIT (Biomedical Intervention Therapy) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Smart BIT terdiri dari Comprehensive Diet, Obat, dan Suplemen.
Aplikasi ini untuk membantu orangtua (dan dokter) dalam pelaksanaannya


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Smart ABA-App

Aplikasi Untuk Pelaksanaan Smart ABA (Applied Behavior Analysis) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Aplikasi ini meliputi Kurikulum Sistematik, Penilaian Berlangsungnya Teaching Session, Pelaporan Sesi dan Pekanan, Bimbingan dan Konsultasi Masalah


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Kursus Smart-ABA

Aplikasi Untuk Mempelajari Teori dan Praktek Smart ABA (Applied Behavior Analysis) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Aplikasi ini meliputi Pengajaran Teori dan Tehnik Praktis yang berhubungan langsung untuk pelaksanaan Smart ABA yang baik dan benar, Simulasi, serta Bimbingan dan Konsultasi


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Artikel Smart ABA dan Smart BIT

KONTROVERSI HUBUNGAN ANTARA VAKSIN DAN AUTISME

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI
Dokter Spesialis Anak. Konsultan Ahli Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis dan Biomedical Intervention Therapy)

Artikel ini telah dibaca: 113018 kali, sejak 08 Juli 2011
Waktu terakhir dibaca 19 Maret 2024, jam 07:25:20

 

Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan Autisme

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI
Dokter Spesialis Anak. Konsultan Ahli Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis dan Biomedical Intervention Therapy)

Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan Autisme || Autisme ABA Applied Behavior Analysis Lovaas Indonesia Jakarta Bekasi Sampai saat ini, masih berlangsung kontroversi/perdebatan mengenai hubungan antara vakstin dan autisme. Namun telah banyak laporan terjadinya regresi autistik beberapa minggu setelah seorang anak mendapat vaksin. Laporan yang paling sering adalah regresi autistik oleh karena MMR. MMR dikaitkan dengan autisme melalui proses autoimun. Sedangkan vaksin lainnya yang dikaitkan dengan autisme adalah beberapa vaksin Hepatitis B dan DPT, yang disebabkan oleh merkuri (thimerosal) yang dikandungnya.

Boyd Haley, seorang profesor ahli kimia menerangkan bahwa batas aman yang ditetapkan oleh EPA (Environment Protection Agency) untuk paparan merkuri dalam makanan adalah 0,1 mikrogram per kilogram berat badan. Sedangkan merkuri dalam vaksin (thimerosal) kadarnya 12,5 mikrogram yang berarti 125 kali jauh lebih tinggi dari batas aman dari EPA.
Sehingga vaksin yang mengandung thimerosal hanya aman jika berat bayi anda adalah 125 kilogram!!! Terlebih lagi thimerosal ini disuntikkan, sehingga menyebabkan lebih toksik, ditambah lagi berikatan dengan alumunium yang meningkatkan nerotoksisitasnya.
Sehingga tidak benarlah jika ada dokter yang mengatakan bahwa thimerosal jumlahnya relatif kecil sehingga bisa diabaikan atau tidak perlu dikuatirkan.
Selain itu, masalahnya pada (calon) penyandang autisme kurang mampu untuk mengeliminasi/mendetoksifikasi bahan-bahan toksik termasuk merkuri ini, sehingga terjadi penumpukan (kumulasi) merkuri yang didapat dari vaksinasi serial ini, kemudian merkuri-merkuri tersebut akan terdistribusi ke seluruh organ-organ tubuh, termasuk otak dan merusak sel-sel syaraf (neuron dan neurit/dendrit)..

Sejak diperkenalkannya vaksin MMR, maka terlihat bahwa angka kejadian penyandang baru autisme sangat meningkat. Kejadian ini bukan hanya berkebetulan (koinsidens), namun benar-benar merupakan hal yang nyata.
Di California misalnya, sejak vaksin MMR diperkenalkan pada tahun 1978, jumlah penyandang autisme semakin meningkat setiap tahunnya. Yaitu yang biasanya ditemukan kurang dari 200 pasien baru per tahun, meningkat menjadi hampir 600 orang per tahunnya pada tahun 1990-an.
Begitu juga di Inggris, vaksinasi MMR mulai dilakukan pada tahun 1988, sejak itu terjadi peningkatan jumlah penyandang baru autisme. Yaitu yang biasanya kurang dari 250 per tahunnya, terus meningkat sampai hampir 400-an per tahun pada awal tahun 1990-an, dan hampir 600 pada tahun 1995-1996.

Dari hasil penelitian (Lancet, 1998), diketahui hubungan antara vaksin MMR dengan autisme yaitu kemudian kaitannya lebih lanjut dengan terjadinya hiperpermeabilitas (peningkatan permeabilitas) usus, suatu keadaan yang disebut leaky gut syndrome.
Itu merupakan kemungkinan pertama di mana autisme merupakan akibat tidak langsung dari vaksin MMR. Sedangkan akibat langsung dari MMR yang menyebabkan autisme diketahui dari hasil penelitian Dr Vijendra Singh.
Singh menemukan bahwa sebanyak 80% (dari 400 kasus dan kontrol) anak-anak autistik memiliki otoantibodi terhadap myelin basic protein (MBP) yaitu jaket yang menyelimuti serabut syaraf, sehingga serabut syaraf bersangkutan tidak lagi berfungsi karena tidak dapat menghantarkan sinyal. Dan, semakin banyak jumlah antibodi terhadap virus campak, semakin banyak pula anti-MBP, sehingga semakin luaslah kerusakan di otak.
Antibodi tersebut jarang ditemukan pada anak normal/kontrol (0-5%). Singh menyimpulkan bahwa autisme disebabkan oleh respons otoimun spesifik terhadap MBP yang menyebabkan kerusakan myelin pada otak yang sedang berkembang. Akhirnya, dengan adanya kerusakan \'perkabelan\' otak maka terjadilah autisme.

Riwayat pemberian vaksin (vaksinasi) dimulai sejak Edward Jenner pada tahun 1796 melakukan vaksinasi cacar, kemudian dari abad ke abad berikutnya ditemukanlah berbagai vaksin untuk melawan berbagai penyakit infeksi. Sehingga saat ini, sebelum anak mencapai usia 2 tahun, anak telah diberondong dengan berbagai jenis vaksinasi, sehingga paling tidak telah mendapat vaksin sebanyak 13-18 kali, yang terdiri dari BCG, DPT, polio, campak, hepatitis B, meningitis (HIB), dan MMR. Dalam sejarah pemberian vaksin, terbukti bahwa telah banyak terjadi reaksi buruk (adverse reaction) setelah anak mendapat vaksinasi.

Dulu, dalam suatu kuliah pada Fakultas Kedokteran di Harvard University, dikatakan bahwa bila kita menemukan satu orang saja penyandang autisme dalam praktek, itu sudah terlalu banyak. Sedangkan saat ini banyak sekali dapat kita jumpai penyandang autisme, bahkan di tempat-tempat umum sekalipun (mal dll).

Pada pertengahan abad yang lalu, ketika vaksinasi hanya terdiri dari 4 macam (difteri, tetanus, pertusis, dan cacar), autisme sangat jarang ditemui. Sejak diidentifikasinya autisme pertama kali pada tahun 1943, autisme hanya dijumpai kurang dari 1 di antara 10.000 anak. Saat ini di Amerika, terdapat 1 penyandang autisme dalam setiap 68 keluarga.
Selain itu, gangguan perkembangan yang lebih ringan, misalnya ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) juga jarang ditemukan sebelum jaman vaksin, namun saat ini terdapat 4juta anak ADHD di Amerika.
Juga diketahui bahwa 1 di antara 6 anak Amerika masuk dalam kategori LD (Learning Disabled). Angka-angka sedemikian besar ini sudah dapat dikatakan wabah! Wabah autisme! Sedangkan selama ini tidak pernah diketahui adanya wabah pada penyakit-penyakit genetik, oleh karena itu tentulah faktor lingkungan yang berperan pada peningkatan terjadinya autisme.

Selain itu juga, banyak anak di Amerika mengalami epidemi penyakit-penyakit autoimun, seperti diabetes tipe I, artritis rematoid, asma, dan gangguan pencernaan. Terdapat peningkatan 17 kali lipat pada diabetes tipe 1, yaitu dari 1 di antara 7.100 anak pada tahun 1950 menjadi 1 di antara 400 saat ini. Artritis rematoid pada anak menimpa 300.000 anak, yang mana penyakit ini sangat jarang pada 25 tahun yang lalu sehingga tidak terdapat data statstik tentang hal ini di kantor departemen kesehatan. Terjadi peningkatan sampai 4 kali pada asma, dan gangguan pencernaan juga sudah umum dijumpai dibandingkan dengan 50 tahun yang lalu.

Terdapat sejumlah data yang semakin banyak tentang dampak vaksin terhadap gangguan kesehatan anak-anak. Di antaranya hipotesis bahwa vaksin menyebabkan gangguan sistem nerologis dan sistem imun, yang disebabkan pemberian sejumlah vaksin pada anak-anak dalam rentang waktu yang dekat.
Yaitu telah diketahui bahwa otak juga memiliki sistem imun khusus tersendiri, yaitu sel-sel mikroglia. Ketika seseorang mendapat vaksinasi, mikroglia ini teraktivasi. Pemberian vaksinasi yang jaraknya dekat akan menyebabkan over-stimulasi dari mikroglia, sehingga mereka melepaskan berbagai elemen toksik seperti sitokin, kemokin, eksitotoksin, protease, komplemen, dan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel otak dan hubungan-hubungan sinaptiknya (JANA, 2003;6(4):21-35. \"Interaction of Cytokines, Excitotoxins, Reactive Nitrogen and Oxygen Species in Autism Spectrum Disorders\"; JAPS 2004;9(2):46—52: \"Chronic Microglial Activation and Excitotoxicity Secondary to Excessive Immune Stimulation: Possible Factors in Gulf War Syndrome and Autism,\").

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, oleh karena perkembangan otak manusia paling pesat terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan, maka sebaiknya vaksinasi tidak diberikan pada anak-anak yang berisiko tinggi terhadap autisme, sampai adanya penelitian randomized controlled yang membuktikan keamanannya. Pengecualian pada vaksin hepatitis B jika ibunya positif terhadap penyakit tersebut.
Kemudian, paling tidak setelah usia 2 tahun, jika ingin divaksinasi, pemberian vaksin ini hanya maksimal 1 jenis dalam 6 bulan (agar supaya sistem imun mempunyai cukup waktu untuk pulih dan stabil), satu-demi-satu secara terpisah/tersendiri, jangan digunakan vaksin gabungan DPT/DTaP, MMR, dll. Namun terdapat juga kasus terjadinya regresi autisme pada beberapa anak usia 3-4 tahun ketika dilakukan vaksinasi masal MMR di Inggris.
Sebaiknya juga hindari penggunaan vaksin yang mengandung virus hidup, yang terdapat pada MMR (gabungan), varicella (cacar air), serta vaksin polio Sabin. Jadi, mungkin sebaiknya hanya 4 vaksin yang diberikan, yaitu Pertusis (yang aseluer / aP, bukan yang seluruh sel / P), difteri (D), tetanus (T), dan vaksin Polio Salk.

Jepang yang merupakan negara maju telah melarang vaksin MMR sejak tahun 1993 setelah 1,8 juta anak mendapat MMR dan terjadi sejumlah meningitis non-viral dan reaksi buruk lainnya.
Pemerintah Jepang menyadari adanya masalah sehubungan dengan MMR setelah vaksin ini diwajibkan mulai tahun 1989, dan dikenakan denda bagi yang menolak vaksin MMR tersebut.
Setelah itu terdapat hampir 1000 klaim kompensasi sehubungan dengan akibat buruk dari MMR.
Pada tahun 1999, pemerintah Jepang mempertimbangkan kembali pemberian MMR, tetapi diputuskan bahwa lebih aman untuk tetap m elarang MMR, dan tetap melanjutkan penggunaan vaksinasi terpisah antara measles (campak), mumps (parotitis/ gondongan), dan rubella (campak Jerman).

Pemerintah Jepang menyadari adanya masalah dengan MMR segera setelah mulai mewajibkan vaksinasi pada April 1989. Suatu analisis selama tiga bulan menunjukkan bahwa terjadi masalah pada 1 anak dari setiap 900 injeksi. Dan ini adalah 2.000 kali lebih tinggi dari yang diperkirakan (expected rate) yaitu 1 dari 200.000.
Dr. Hiroki Nakatani, direktur divisi penyakit menular dari Departemen Kesehatan Jepang mengatakan bahwa pemberian vaksin terpisah memang menyebabkan biaya dua kalinya dibanding MMR, tetapi beliau mengatakan bahwa mereka percaya hal ini lebih berharga (yaitu anak lebih berharga dibanding uang).

Kementerian Kesehatan Jepang pada tahun 2002 mengatakan bahwa dengan dilarangnya/dihentikannya vaksin MMR di Jepang, tidak terjadi peningkatan kematian akibat penyakit campak. Bahkan angka kematian akibat campak lebih tinggi dalam kurun waktu saat masih digunakannya vaksin MMR, dibandingkan setelah diberikan secara terpisah.
Hal ini dikemukakan dalam rangka menangkis tudingan PM Inggris Tony Blair yang memberi contoh betapa bahayanya jika tidak dilakukan vaksinasi MMR di Jepang.
Padahal, untuk diketahui, bahwa Leo Blair sendiri yang merupakan anak bungsu dari PM Tony Blair, tidak divaksinasi MMR. Sejak dipertanyakan oleh masyarakat Inggris pada tahun 2002 dan sampai saat inipun masih dipertanyakan apakah Leo Blair sudah mendapat vaksinasi MMR atau belum. Sebagai tambahan Cherrie Blair (istri dari PM Tony Blair), yang adalah seorang ahli hukum, adalah orang yang skeptis terhadap berbagai hal, termasuk tidak percaya terhadap manfaat vaksin.

Perlu diketahui oleh orangtua, bahwa jika anak tidak mendapat suatu vaksinasi, maka anak tersebut mempunyai risiko lebih tinggi untuk tertular penyakit infeksi yang bersangkutan dibandingkan anak yang sudah diimunisasi.
Namun di alam ini dikenal suatu fenomena yang disebut sebagai herd-immunity (kekebalan kelompok/komunitas). Herd-immunity ini bisa terjadi jika 70an sampai 80an persen dari seluruh populasi (penduduk) telah mendapat imunisasi penyakit tersebut. Sehingga hal ini memperkecil kemungkinan seorang anak dengan high-risk autism tertular penyakit infeksi tersebut.

Oleh karena itu, orangtua harus secara bijaksana mempertimbangkan diberikan atau tidak diberikannya vaksinasi kepada anak-anak yang mempunyai risiko tinggi untuk terjadinya autisme (high-risk autism).
Seorang bayi/anak termasuk dalam high-risk autism jika di dalam keluarga besar mereka terdapat:
  1. Penyandang autisme,
  2. Penyakit otoimun (Lupus, Jantung Rematik, Artritis Rematoid, dll),
  3. Gangguan jiwa (skizofren, dll),
  4. Penyakit genetik (sindrom Down, maple syrup urine disease, dll),
  5. Gangguan perkembangan yang lainnya (gangguan belajar/learning disability, retardasi mental, terlambat bicara, dll).





 

KID ABA Shop

Tersedia Berbagai Kebutuhan Pro Autisi

10 Jenis Beras, 5 Macam Daging HALAL, 6 Minyak Goreng, Garam Himalaya, Alat Masak Kaca, Wadah Kaca, Botol Kaca, Sendok Kayu, Sabun Mandi, Sabun Cuci, Siwak, dlsb


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)



Lowongan Terapis

Sebagai Terapis Smart ABA

(Smart Applied Behavior Analysis)
Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

  • Wanita Muslimah, Taat Dan Takut Pada Allah
  • Rutin Shalat Awal Waktu, Dan Hafal Minimal Al-Fatihah, Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas
  • Bersedia Menggunakan Busana Muslimah Syar'i (Diberikan)
  • S1 (Sarjana) Lulusan Apapun (Semua Jurusan, Misalnya Ekonomi, Hukum, Tehnik, Informatika, Pertanian, Peternakan, Gizi, Keperawatan, Matematika, Biologi, Pendidikan Islam, dlsb)
  • Usia Maksimal 27 Tahun
  • Belum Menikah. Tidak berencana menikah dalam 2 tahun masa kontrak.
  • Sehat Jasmani dan Rohani. Tidak ada penyakit kronis.
  • Tidak Ada Cacat/Masalah Fisik, Tidak Berkacamata, Tidak Cadel, Tidak Ada Masalah Pendengaran, Tidak Menggunakan Alat Bantu Dengar / Lainnya
  • Jujur, Rajin, Amanah, Berakhlak / Beradab / Beretika
  • Bisa Bekerjasama Dalam Team, Dan Bertanggung Jawab
  • Bersedia Mengikuti Training Dan Magang Sekitar 1-6 Bulan/Lebih
  • Bersedia Menjalani Kontrak Ikatan Kerja 3 (Tiga) Tahun
  • Bersedia Ditempatkan Di Seluruh Indonesia (Maupun Seluruh Dunia » Dalam Perencanaan)
  • (Untuk Penempatan Di Seluruh Dunia: Mampu Berbahasa Inggris Aktif » Dalam Perencanaan)
  • Belum Pernah Menangani Autisi (Penyandang Autisme)
  • Bersedia Mengikuti Seluruh Peraturan Tertulis Maupun Tidak Tertulis

CV dan Surat Lamaran:  

Via Email:
terapis@kidaba.com

Via WhatsApp:
+62-85-100-90-6000

Via Pos:
KID-ABA Ultimate, Grand Wisata Blok AA 11 No.56-57-58, Tambun, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia

Via Form Website:

(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)

KID ABA Ultimate
Mendidik Generasi Milenial
Menjadi Generasi Qur'ani, Rabbani, Penegak Islam Berakhlak Mulia Sejak Dini


Tanya Ahli

AUTISME...?

Tanyakan Ahlinya ! Gratis

+62-889-8000-6000
(WhatsApp Only)

Mohon tulis nama-lengkap bapak/ibu dan gelar lengkap (jika ada), serta kota tempat tinggal.

Autism Is Curable - Insha Allah
Dengan Smart-ABA dan Smart-BIT

Terapi Autisme Jaman Now


Appointment Konsultasi

Anak Terlambat Bicara?

Curiga Anak Anda Autisme?

Anak Anda Didiagnosis Autisme?

Ingin Konsultasi Temu Muka Lebih Lanjut Dengan Dokter Khusus Autisme?

Aplikasi ini untuk melakukan/mendapatkan penjadwalan tanggal dan jam untuk Konsultasi Temu Muka dengan DOKTER KHUSUS yang menangani Autisme di KID ABA Ultimate, Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


KID ABA Shop

Tersedia Berbagai Kebutuhan Pro Autisi

10 Jenis Beras, 5 Macam Daging HALAL, 6 Minyak Goreng, Garam Himalaya, Alat Masak Kaca, Wadah Kaca, Botol Kaca, Sendok Kayu, Sabun Mandi, Sabun Cuci, Siwak, dlsb


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Artikel Smart ABA dan Smart BIT

KONTROVERSI HUBUNGAN ANTARA VAKSIN DAN AUTISME

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI
Dokter Spesialis Anak. Konsultan Ahli Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis dan Biomedical Intervention Therapy)

Artikel ini telah dibaca: 113018 kali, sejak 08 Juli 2011
Waktu terakhir dibaca 19 Maret 2024, jam 07:25:20

 

Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan Autisme

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI
Dokter Spesialis Anak. Konsultan Ahli Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis dan Biomedical Intervention Therapy)

Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan Autisme || Autisme ABA Applied Behavior Analysis Lovaas Indonesia Jakarta Bekasi Sampai saat ini, masih berlangsung kontroversi/perdebatan mengenai hubungan antara vakstin dan autisme. Namun telah banyak laporan terjadinya regresi autistik beberapa minggu setelah seorang anak mendapat vaksin. Laporan yang paling sering adalah regresi autistik oleh karena MMR. MMR dikaitkan dengan autisme melalui proses autoimun. Sedangkan vaksin lainnya yang dikaitkan dengan autisme adalah beberapa vaksin Hepatitis B dan DPT, yang disebabkan oleh merkuri (thimerosal) yang dikandungnya.

Boyd Haley, seorang profesor ahli kimia menerangkan bahwa batas aman yang ditetapkan oleh EPA (Environment Protection Agency) untuk paparan merkuri dalam makanan adalah 0,1 mikrogram per kilogram berat badan. Sedangkan merkuri dalam vaksin (thimerosal) kadarnya 12,5 mikrogram yang berarti 125 kali jauh lebih tinggi dari batas aman dari EPA.
Sehingga vaksin yang mengandung thimerosal hanya aman jika berat bayi anda adalah 125 kilogram!!! Terlebih lagi thimerosal ini disuntikkan, sehingga menyebabkan lebih toksik, ditambah lagi berikatan dengan alumunium yang meningkatkan nerotoksisitasnya.
Sehingga tidak benarlah jika ada dokter yang mengatakan bahwa thimerosal jumlahnya relatif kecil sehingga bisa diabaikan atau tidak perlu dikuatirkan.
Selain itu, masalahnya pada (calon) penyandang autisme kurang mampu untuk mengeliminasi/mendetoksifikasi bahan-bahan toksik termasuk merkuri ini, sehingga terjadi penumpukan (kumulasi) merkuri yang didapat dari vaksinasi serial ini, kemudian merkuri-merkuri tersebut akan terdistribusi ke seluruh organ-organ tubuh, termasuk otak dan merusak sel-sel syaraf (neuron dan neurit/dendrit)..

Sejak diperkenalkannya vaksin MMR, maka terlihat bahwa angka kejadian penyandang baru autisme sangat meningkat. Kejadian ini bukan hanya berkebetulan (koinsidens), namun benar-benar merupakan hal yang nyata.
Di California misalnya, sejak vaksin MMR diperkenalkan pada tahun 1978, jumlah penyandang autisme semakin meningkat setiap tahunnya. Yaitu yang biasanya ditemukan kurang dari 200 pasien baru per tahun, meningkat menjadi hampir 600 orang per tahunnya pada tahun 1990-an.
Begitu juga di Inggris, vaksinasi MMR mulai dilakukan pada tahun 1988, sejak itu terjadi peningkatan jumlah penyandang baru autisme. Yaitu yang biasanya kurang dari 250 per tahunnya, terus meningkat sampai hampir 400-an per tahun pada awal tahun 1990-an, dan hampir 600 pada tahun 1995-1996.

Dari hasil penelitian (Lancet, 1998), diketahui hubungan antara vaksin MMR dengan autisme yaitu kemudian kaitannya lebih lanjut dengan terjadinya hiperpermeabilitas (peningkatan permeabilitas) usus, suatu keadaan yang disebut leaky gut syndrome.
Itu merupakan kemungkinan pertama di mana autisme merupakan akibat tidak langsung dari vaksin MMR. Sedangkan akibat langsung dari MMR yang menyebabkan autisme diketahui dari hasil penelitian Dr Vijendra Singh.
Singh menemukan bahwa sebanyak 80% (dari 400 kasus dan kontrol) anak-anak autistik memiliki otoantibodi terhadap myelin basic protein (MBP) yaitu jaket yang menyelimuti serabut syaraf, sehingga serabut syaraf bersangkutan tidak lagi berfungsi karena tidak dapat menghantarkan sinyal. Dan, semakin banyak jumlah antibodi terhadap virus campak, semakin banyak pula anti-MBP, sehingga semakin luaslah kerusakan di otak.
Antibodi tersebut jarang ditemukan pada anak normal/kontrol (0-5%). Singh menyimpulkan bahwa autisme disebabkan oleh respons otoimun spesifik terhadap MBP yang menyebabkan kerusakan myelin pada otak yang sedang berkembang. Akhirnya, dengan adanya kerusakan \'perkabelan\' otak maka terjadilah autisme.

Riwayat pemberian vaksin (vaksinasi) dimulai sejak Edward Jenner pada tahun 1796 melakukan vaksinasi cacar, kemudian dari abad ke abad berikutnya ditemukanlah berbagai vaksin untuk melawan berbagai penyakit infeksi. Sehingga saat ini, sebelum anak mencapai usia 2 tahun, anak telah diberondong dengan berbagai jenis vaksinasi, sehingga paling tidak telah mendapat vaksin sebanyak 13-18 kali, yang terdiri dari BCG, DPT, polio, campak, hepatitis B, meningitis (HIB), dan MMR. Dalam sejarah pemberian vaksin, terbukti bahwa telah banyak terjadi reaksi buruk (adverse reaction) setelah anak mendapat vaksinasi.

Dulu, dalam suatu kuliah pada Fakultas Kedokteran di Harvard University, dikatakan bahwa bila kita menemukan satu orang saja penyandang autisme dalam praktek, itu sudah terlalu banyak. Sedangkan saat ini banyak sekali dapat kita jumpai penyandang autisme, bahkan di tempat-tempat umum sekalipun (mal dll).

Pada pertengahan abad yang lalu, ketika vaksinasi hanya terdiri dari 4 macam (difteri, tetanus, pertusis, dan cacar), autisme sangat jarang ditemui. Sejak diidentifikasinya autisme pertama kali pada tahun 1943, autisme hanya dijumpai kurang dari 1 di antara 10.000 anak. Saat ini di Amerika, terdapat 1 penyandang autisme dalam setiap 68 keluarga.
Selain itu, gangguan perkembangan yang lebih ringan, misalnya ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) juga jarang ditemukan sebelum jaman vaksin, namun saat ini terdapat 4juta anak ADHD di Amerika.
Juga diketahui bahwa 1 di antara 6 anak Amerika masuk dalam kategori LD (Learning Disabled). Angka-angka sedemikian besar ini sudah dapat dikatakan wabah! Wabah autisme! Sedangkan selama ini tidak pernah diketahui adanya wabah pada penyakit-penyakit genetik, oleh karena itu tentulah faktor lingkungan yang berperan pada peningkatan terjadinya autisme.

Selain itu juga, banyak anak di Amerika mengalami epidemi penyakit-penyakit autoimun, seperti diabetes tipe I, artritis rematoid, asma, dan gangguan pencernaan. Terdapat peningkatan 17 kali lipat pada diabetes tipe 1, yaitu dari 1 di antara 7.100 anak pada tahun 1950 menjadi 1 di antara 400 saat ini. Artritis rematoid pada anak menimpa 300.000 anak, yang mana penyakit ini sangat jarang pada 25 tahun yang lalu sehingga tidak terdapat data statstik tentang hal ini di kantor departemen kesehatan. Terjadi peningkatan sampai 4 kali pada asma, dan gangguan pencernaan juga sudah umum dijumpai dibandingkan dengan 50 tahun yang lalu.

Terdapat sejumlah data yang semakin banyak tentang dampak vaksin terhadap gangguan kesehatan anak-anak. Di antaranya hipotesis bahwa vaksin menyebabkan gangguan sistem nerologis dan sistem imun, yang disebabkan pemberian sejumlah vaksin pada anak-anak dalam rentang waktu yang dekat.
Yaitu telah diketahui bahwa otak juga memiliki sistem imun khusus tersendiri, yaitu sel-sel mikroglia. Ketika seseorang mendapat vaksinasi, mikroglia ini teraktivasi. Pemberian vaksinasi yang jaraknya dekat akan menyebabkan over-stimulasi dari mikroglia, sehingga mereka melepaskan berbagai elemen toksik seperti sitokin, kemokin, eksitotoksin, protease, komplemen, dan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel otak dan hubungan-hubungan sinaptiknya (JANA, 2003;6(4):21-35. \"Interaction of Cytokines, Excitotoxins, Reactive Nitrogen and Oxygen Species in Autism Spectrum Disorders\"; JAPS 2004;9(2):46—52: \"Chronic Microglial Activation and Excitotoxicity Secondary to Excessive Immune Stimulation: Possible Factors in Gulf War Syndrome and Autism,\").

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, oleh karena perkembangan otak manusia paling pesat terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan, maka sebaiknya vaksinasi tidak diberikan pada anak-anak yang berisiko tinggi terhadap autisme, sampai adanya penelitian randomized controlled yang membuktikan keamanannya. Pengecualian pada vaksin hepatitis B jika ibunya positif terhadap penyakit tersebut.
Kemudian, paling tidak setelah usia 2 tahun, jika ingin divaksinasi, pemberian vaksin ini hanya maksimal 1 jenis dalam 6 bulan (agar supaya sistem imun mempunyai cukup waktu untuk pulih dan stabil), satu-demi-satu secara terpisah/tersendiri, jangan digunakan vaksin gabungan DPT/DTaP, MMR, dll. Namun terdapat juga kasus terjadinya regresi autisme pada beberapa anak usia 3-4 tahun ketika dilakukan vaksinasi masal MMR di Inggris.
Sebaiknya juga hindari penggunaan vaksin yang mengandung virus hidup, yang terdapat pada MMR (gabungan), varicella (cacar air), serta vaksin polio Sabin. Jadi, mungkin sebaiknya hanya 4 vaksin yang diberikan, yaitu Pertusis (yang aseluer / aP, bukan yang seluruh sel / P), difteri (D), tetanus (T), dan vaksin Polio Salk.

Jepang yang merupakan negara maju telah melarang vaksin MMR sejak tahun 1993 setelah 1,8 juta anak mendapat MMR dan terjadi sejumlah meningitis non-viral dan reaksi buruk lainnya.
Pemerintah Jepang menyadari adanya masalah sehubungan dengan MMR setelah vaksin ini diwajibkan mulai tahun 1989, dan dikenakan denda bagi yang menolak vaksin MMR tersebut.
Setelah itu terdapat hampir 1000 klaim kompensasi sehubungan dengan akibat buruk dari MMR.
Pada tahun 1999, pemerintah Jepang mempertimbangkan kembali pemberian MMR, tetapi diputuskan bahwa lebih aman untuk tetap m elarang MMR, dan tetap melanjutkan penggunaan vaksinasi terpisah antara measles (campak), mumps (parotitis/ gondongan), dan rubella (campak Jerman).

Pemerintah Jepang menyadari adanya masalah dengan MMR segera setelah mulai mewajibkan vaksinasi pada April 1989. Suatu analisis selama tiga bulan menunjukkan bahwa terjadi masalah pada 1 anak dari setiap 900 injeksi. Dan ini adalah 2.000 kali lebih tinggi dari yang diperkirakan (expected rate) yaitu 1 dari 200.000.
Dr. Hiroki Nakatani, direktur divisi penyakit menular dari Departemen Kesehatan Jepang mengatakan bahwa pemberian vaksin terpisah memang menyebabkan biaya dua kalinya dibanding MMR, tetapi beliau mengatakan bahwa mereka percaya hal ini lebih berharga (yaitu anak lebih berharga dibanding uang).

Kementerian Kesehatan Jepang pada tahun 2002 mengatakan bahwa dengan dilarangnya/dihentikannya vaksin MMR di Jepang, tidak terjadi peningkatan kematian akibat penyakit campak. Bahkan angka kematian akibat campak lebih tinggi dalam kurun waktu saat masih digunakannya vaksin MMR, dibandingkan setelah diberikan secara terpisah.
Hal ini dikemukakan dalam rangka menangkis tudingan PM Inggris Tony Blair yang memberi contoh betapa bahayanya jika tidak dilakukan vaksinasi MMR di Jepang.
Padahal, untuk diketahui, bahwa Leo Blair sendiri yang merupakan anak bungsu dari PM Tony Blair, tidak divaksinasi MMR. Sejak dipertanyakan oleh masyarakat Inggris pada tahun 2002 dan sampai saat inipun masih dipertanyakan apakah Leo Blair sudah mendapat vaksinasi MMR atau belum. Sebagai tambahan Cherrie Blair (istri dari PM Tony Blair), yang adalah seorang ahli hukum, adalah orang yang skeptis terhadap berbagai hal, termasuk tidak percaya terhadap manfaat vaksin.

Perlu diketahui oleh orangtua, bahwa jika anak tidak mendapat suatu vaksinasi, maka anak tersebut mempunyai risiko lebih tinggi untuk tertular penyakit infeksi yang bersangkutan dibandingkan anak yang sudah diimunisasi.
Namun di alam ini dikenal suatu fenomena yang disebut sebagai herd-immunity (kekebalan kelompok/komunitas). Herd-immunity ini bisa terjadi jika 70an sampai 80an persen dari seluruh populasi (penduduk) telah mendapat imunisasi penyakit tersebut. Sehingga hal ini memperkecil kemungkinan seorang anak dengan high-risk autism tertular penyakit infeksi tersebut.

Oleh karena itu, orangtua harus secara bijaksana mempertimbangkan diberikan atau tidak diberikannya vaksinasi kepada anak-anak yang mempunyai risiko tinggi untuk terjadinya autisme (high-risk autism).
Seorang bayi/anak termasuk dalam high-risk autism jika di dalam keluarga besar mereka terdapat:
  1. Penyandang autisme,
  2. Penyakit otoimun (Lupus, Jantung Rematik, Artritis Rematoid, dll),
  3. Gangguan jiwa (skizofren, dll),
  4. Penyakit genetik (sindrom Down, maple syrup urine disease, dll),
  5. Gangguan perkembangan yang lainnya (gangguan belajar/learning disability, retardasi mental, terlambat bicara, dll).





 

 

Diagnosis App

Anak Terlambat Bicara?

Apakah Anak Anda Autisme?

Aplikasi Untuk Diagnosis Autisme

Aplikasi ini untuk digunakan dokter / orangtua / keluarga / guru / terapis / profesional / klinik atau siapapun, untuk keperluan penyaring (SCREENING kemungkinan autisme ataukah tidak) maupun DIAGNOSIS autisme itu sendiri.


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Smart BIT-App

Aplikasi Untuk Pelaksanaan Smart BIT (Biomedical Intervention Therapy) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Smart BIT terdiri dari Comprehensive Diet, Obat, dan Suplemen.
Aplikasi ini untuk membantu orangtua (dan dokter) dalam pelaksanaannya


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Smart ABA-App

Aplikasi Untuk Pelaksanaan Smart ABA (Applied Behavior Analysis) Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

Aplikasi ini meliputi Kurikulum Sistematik, Penilaian Berlangsungnya Teaching Session, Pelaporan Sesi dan Pekanan, Bimbingan dan Konsultasi Masalah


(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)


Lowongan Terapis

Sebagai Terapis Smart ABA

(Smart Applied Behavior Analysis)
Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

  • Wanita Muslimah, Taat Dan Takut Pada Allah
  • Rutin Shalat Awal Waktu, Dan Hafal Minimal Al-Fatihah, Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas
  • Bersedia Menggunakan Busana Muslimah Syar'i (Diberikan)
  • S1 (Sarjana) Lulusan Apapun (Semua Jurusan, Misalnya Ekonomi, Hukum, Tehnik, Informatika, Pertanian, Peternakan, Gizi, Keperawatan, Matematika, Biologi, Pendidikan Islam, dlsb)
  • Usia Maksimal 27 Tahun
  • Belum Menikah. Tidak berencana menikah dalam 2 tahun masa kontrak.
  • Sehat Jasmani dan Rohani. Tidak ada penyakit kronis.
  • Tidak Ada Cacat/Masalah Fisik, Tidak Berkacamata, Tidak Cadel, Tidak Ada Masalah Pendengaran, Tidak Menggunakan Alat Bantu Dengar / Lainnya
  • Jujur, Rajin, Amanah, Berakhlak / Beradab / Beretika
  • Bisa Bekerjasama Dalam Team, Dan Bertanggung Jawab
  • Bersedia Mengikuti Training Dan Magang Sekitar 1-6 Bulan/Lebih
  • Bersedia Menjalani Kontrak Ikatan Kerja 3 (Tiga) Tahun
  • Bersedia Ditempatkan Di Seluruh Indonesia (Maupun Seluruh Dunia » Dalam Perencanaan)
  • (Untuk Penempatan Di Seluruh Dunia: Mampu Berbahasa Inggris Aktif » Dalam Perencanaan)
  • Belum Pernah Menangani Autisi (Penyandang Autisme)
  • Bersedia Mengikuti Seluruh Peraturan Tertulis Maupun Tidak Tertulis

CV dan Surat Lamaran:  

Via Email:
terapis@kidaba.com

Via WhatsApp:
+62-85-100-90-6000

Via Pos:
KID-ABA Ultimate, Grand Wisata Blok AA 11 No.56-57-58, Tambun, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia

Via Form Website:

(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)

KID ABA Ultimate
Mendidik Generasi Milenial
Menjadi Generasi Qur'ani, Rabbani, Penegak Islam Berakhlak Mulia Sejak Dini


Aplikasi

AUTISME..?
Tanyakan Ahlinya..! Gratis

+62-889-8000-6000
(WhatsApp Only)

Mohon Maaf Aplikasi Tersebut Di Atas BELUM Berjalan (Masih Dalam Pengembangan)

Artikel Smart ABA dan Smart BIT

KONTROVERSI HUBUNGAN ANTARA VAKSIN DAN AUTISME

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI
Dokter Spesialis Anak. Konsultan Ahli Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis dan Biomedical Intervention Therapy)

Artikel ini telah dibaca: 113018 kali, sejak 08 Juli 2011
Waktu terakhir dibaca 19 Maret 2024, jam 07:25:20

 

Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan Autisme

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI
Dokter Spesialis Anak. Konsultan Ahli Autisme, ABA & BIT
(Applied Behavior Analysis dan Biomedical Intervention Therapy)

Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan Autisme || Autisme ABA Applied Behavior Analysis Lovaas Indonesia Jakarta Bekasi Sampai saat ini, masih berlangsung kontroversi/perdebatan mengenai hubungan antara vakstin dan autisme. Namun telah banyak laporan terjadinya regresi autistik beberapa minggu setelah seorang anak mendapat vaksin. Laporan yang paling sering adalah regresi autistik oleh karena MMR. MMR dikaitkan dengan autisme melalui proses autoimun. Sedangkan vaksin lainnya yang dikaitkan dengan autisme adalah beberapa vaksin Hepatitis B dan DPT, yang disebabkan oleh merkuri (thimerosal) yang dikandungnya.

Boyd Haley, seorang profesor ahli kimia menerangkan bahwa batas aman yang ditetapkan oleh EPA (Environment Protection Agency) untuk paparan merkuri dalam makanan adalah 0,1 mikrogram per kilogram berat badan. Sedangkan merkuri dalam vaksin (thimerosal) kadarnya 12,5 mikrogram yang berarti 125 kali jauh lebih tinggi dari batas aman dari EPA.
Sehingga vaksin yang mengandung thimerosal hanya aman jika berat bayi anda adalah 125 kilogram!!! Terlebih lagi thimerosal ini disuntikkan, sehingga menyebabkan lebih toksik, ditambah lagi berikatan dengan alumunium yang meningkatkan nerotoksisitasnya.
Sehingga tidak benarlah jika ada dokter yang mengatakan bahwa thimerosal jumlahnya relatif kecil sehingga bisa diabaikan atau tidak perlu dikuatirkan.
Selain itu, masalahnya pada (calon) penyandang autisme kurang mampu untuk mengeliminasi/mendetoksifikasi bahan-bahan toksik termasuk merkuri ini, sehingga terjadi penumpukan (kumulasi) merkuri yang didapat dari vaksinasi serial ini, kemudian merkuri-merkuri tersebut akan terdistribusi ke seluruh organ-organ tubuh, termasuk otak dan merusak sel-sel syaraf (neuron dan neurit/dendrit)..

Sejak diperkenalkannya vaksin MMR, maka terlihat bahwa angka kejadian penyandang baru autisme sangat meningkat. Kejadian ini bukan hanya berkebetulan (koinsidens), namun benar-benar merupakan hal yang nyata.
Di California misalnya, sejak vaksin MMR diperkenalkan pada tahun 1978, jumlah penyandang autisme semakin meningkat setiap tahunnya. Yaitu yang biasanya ditemukan kurang dari 200 pasien baru per tahun, meningkat menjadi hampir 600 orang per tahunnya pada tahun 1990-an.
Begitu juga di Inggris, vaksinasi MMR mulai dilakukan pada tahun 1988, sejak itu terjadi peningkatan jumlah penyandang baru autisme. Yaitu yang biasanya kurang dari 250 per tahunnya, terus meningkat sampai hampir 400-an per tahun pada awal tahun 1990-an, dan hampir 600 pada tahun 1995-1996.

Dari hasil penelitian (Lancet, 1998), diketahui hubungan antara vaksin MMR dengan autisme yaitu kemudian kaitannya lebih lanjut dengan terjadinya hiperpermeabilitas (peningkatan permeabilitas) usus, suatu keadaan yang disebut leaky gut syndrome.
Itu merupakan kemungkinan pertama di mana autisme merupakan akibat tidak langsung dari vaksin MMR. Sedangkan akibat langsung dari MMR yang menyebabkan autisme diketahui dari hasil penelitian Dr Vijendra Singh.
Singh menemukan bahwa sebanyak 80% (dari 400 kasus dan kontrol) anak-anak autistik memiliki otoantibodi terhadap myelin basic protein (MBP) yaitu jaket yang menyelimuti serabut syaraf, sehingga serabut syaraf bersangkutan tidak lagi berfungsi karena tidak dapat menghantarkan sinyal. Dan, semakin banyak jumlah antibodi terhadap virus campak, semakin banyak pula anti-MBP, sehingga semakin luaslah kerusakan di otak.
Antibodi tersebut jarang ditemukan pada anak normal/kontrol (0-5%). Singh menyimpulkan bahwa autisme disebabkan oleh respons otoimun spesifik terhadap MBP yang menyebabkan kerusakan myelin pada otak yang sedang berkembang. Akhirnya, dengan adanya kerusakan \'perkabelan\' otak maka terjadilah autisme.

Riwayat pemberian vaksin (vaksinasi) dimulai sejak Edward Jenner pada tahun 1796 melakukan vaksinasi cacar, kemudian dari abad ke abad berikutnya ditemukanlah berbagai vaksin untuk melawan berbagai penyakit infeksi. Sehingga saat ini, sebelum anak mencapai usia 2 tahun, anak telah diberondong dengan berbagai jenis vaksinasi, sehingga paling tidak telah mendapat vaksin sebanyak 13-18 kali, yang terdiri dari BCG, DPT, polio, campak, hepatitis B, meningitis (HIB), dan MMR. Dalam sejarah pemberian vaksin, terbukti bahwa telah banyak terjadi reaksi buruk (adverse reaction) setelah anak mendapat vaksinasi.

Dulu, dalam suatu kuliah pada Fakultas Kedokteran di Harvard University, dikatakan bahwa bila kita menemukan satu orang saja penyandang autisme dalam praktek, itu sudah terlalu banyak. Sedangkan saat ini banyak sekali dapat kita jumpai penyandang autisme, bahkan di tempat-tempat umum sekalipun (mal dll).

Pada pertengahan abad yang lalu, ketika vaksinasi hanya terdiri dari 4 macam (difteri, tetanus, pertusis, dan cacar), autisme sangat jarang ditemui. Sejak diidentifikasinya autisme pertama kali pada tahun 1943, autisme hanya dijumpai kurang dari 1 di antara 10.000 anak. Saat ini di Amerika, terdapat 1 penyandang autisme dalam setiap 68 keluarga.
Selain itu, gangguan perkembangan yang lebih ringan, misalnya ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) juga jarang ditemukan sebelum jaman vaksin, namun saat ini terdapat 4juta anak ADHD di Amerika.
Juga diketahui bahwa 1 di antara 6 anak Amerika masuk dalam kategori LD (Learning Disabled). Angka-angka sedemikian besar ini sudah dapat dikatakan wabah! Wabah autisme! Sedangkan selama ini tidak pernah diketahui adanya wabah pada penyakit-penyakit genetik, oleh karena itu tentulah faktor lingkungan yang berperan pada peningkatan terjadinya autisme.

Selain itu juga, banyak anak di Amerika mengalami epidemi penyakit-penyakit autoimun, seperti diabetes tipe I, artritis rematoid, asma, dan gangguan pencernaan. Terdapat peningkatan 17 kali lipat pada diabetes tipe 1, yaitu dari 1 di antara 7.100 anak pada tahun 1950 menjadi 1 di antara 400 saat ini. Artritis rematoid pada anak menimpa 300.000 anak, yang mana penyakit ini sangat jarang pada 25 tahun yang lalu sehingga tidak terdapat data statstik tentang hal ini di kantor departemen kesehatan. Terjadi peningkatan sampai 4 kali pada asma, dan gangguan pencernaan juga sudah umum dijumpai dibandingkan dengan 50 tahun yang lalu.

Terdapat sejumlah data yang semakin banyak tentang dampak vaksin terhadap gangguan kesehatan anak-anak. Di antaranya hipotesis bahwa vaksin menyebabkan gangguan sistem nerologis dan sistem imun, yang disebabkan pemberian sejumlah vaksin pada anak-anak dalam rentang waktu yang dekat.
Yaitu telah diketahui bahwa otak juga memiliki sistem imun khusus tersendiri, yaitu sel-sel mikroglia. Ketika seseorang mendapat vaksinasi, mikroglia ini teraktivasi. Pemberian vaksinasi yang jaraknya dekat akan menyebabkan over-stimulasi dari mikroglia, sehingga mereka melepaskan berbagai elemen toksik seperti sitokin, kemokin, eksitotoksin, protease, komplemen, dan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel otak dan hubungan-hubungan sinaptiknya (JANA, 2003;6(4):21-35. \"Interaction of Cytokines, Excitotoxins, Reactive Nitrogen and Oxygen Species in Autism Spectrum Disorders\"; JAPS 2004;9(2):46—52: \"Chronic Microglial Activation and Excitotoxicity Secondary to Excessive Immune Stimulation: Possible Factors in Gulf War Syndrome and Autism,\").

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, oleh karena perkembangan otak manusia paling pesat terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan, maka sebaiknya vaksinasi tidak diberikan pada anak-anak yang berisiko tinggi terhadap autisme, sampai adanya penelitian randomized controlled yang membuktikan keamanannya. Pengecualian pada vaksin hepatitis B jika ibunya positif terhadap penyakit tersebut.
Kemudian, paling tidak setelah usia 2 tahun, jika ingin divaksinasi, pemberian vaksin ini hanya maksimal 1 jenis dalam 6 bulan (agar supaya sistem imun mempunyai cukup waktu untuk pulih dan stabil), satu-demi-satu secara terpisah/tersendiri, jangan digunakan vaksin gabungan DPT/DTaP, MMR, dll. Namun terdapat juga kasus terjadinya regresi autisme pada beberapa anak usia 3-4 tahun ketika dilakukan vaksinasi masal MMR di Inggris.
Sebaiknya juga hindari penggunaan vaksin yang mengandung virus hidup, yang terdapat pada MMR (gabungan), varicella (cacar air), serta vaksin polio Sabin. Jadi, mungkin sebaiknya hanya 4 vaksin yang diberikan, yaitu Pertusis (yang aseluer / aP, bukan yang seluruh sel / P), difteri (D), tetanus (T), dan vaksin Polio Salk.

Jepang yang merupakan negara maju telah melarang vaksin MMR sejak tahun 1993 setelah 1,8 juta anak mendapat MMR dan terjadi sejumlah meningitis non-viral dan reaksi buruk lainnya.
Pemerintah Jepang menyadari adanya masalah sehubungan dengan MMR setelah vaksin ini diwajibkan mulai tahun 1989, dan dikenakan denda bagi yang menolak vaksin MMR tersebut.
Setelah itu terdapat hampir 1000 klaim kompensasi sehubungan dengan akibat buruk dari MMR.
Pada tahun 1999, pemerintah Jepang mempertimbangkan kembali pemberian MMR, tetapi diputuskan bahwa lebih aman untuk tetap m elarang MMR, dan tetap melanjutkan penggunaan vaksinasi terpisah antara measles (campak), mumps (parotitis/ gondongan), dan rubella (campak Jerman).

Pemerintah Jepang menyadari adanya masalah dengan MMR segera setelah mulai mewajibkan vaksinasi pada April 1989. Suatu analisis selama tiga bulan menunjukkan bahwa terjadi masalah pada 1 anak dari setiap 900 injeksi. Dan ini adalah 2.000 kali lebih tinggi dari yang diperkirakan (expected rate) yaitu 1 dari 200.000.
Dr. Hiroki Nakatani, direktur divisi penyakit menular dari Departemen Kesehatan Jepang mengatakan bahwa pemberian vaksin terpisah memang menyebabkan biaya dua kalinya dibanding MMR, tetapi beliau mengatakan bahwa mereka percaya hal ini lebih berharga (yaitu anak lebih berharga dibanding uang).

Kementerian Kesehatan Jepang pada tahun 2002 mengatakan bahwa dengan dilarangnya/dihentikannya vaksin MMR di Jepang, tidak terjadi peningkatan kematian akibat penyakit campak. Bahkan angka kematian akibat campak lebih tinggi dalam kurun waktu saat masih digunakannya vaksin MMR, dibandingkan setelah diberikan secara terpisah.
Hal ini dikemukakan dalam rangka menangkis tudingan PM Inggris Tony Blair yang memberi contoh betapa bahayanya jika tidak dilakukan vaksinasi MMR di Jepang.
Padahal, untuk diketahui, bahwa Leo Blair sendiri yang merupakan anak bungsu dari PM Tony Blair, tidak divaksinasi MMR. Sejak dipertanyakan oleh masyarakat Inggris pada tahun 2002 dan sampai saat inipun masih dipertanyakan apakah Leo Blair sudah mendapat vaksinasi MMR atau belum. Sebagai tambahan Cherrie Blair (istri dari PM Tony Blair), yang adalah seorang ahli hukum, adalah orang yang skeptis terhadap berbagai hal, termasuk tidak percaya terhadap manfaat vaksin.

Perlu diketahui oleh orangtua, bahwa jika anak tidak mendapat suatu vaksinasi, maka anak tersebut mempunyai risiko lebih tinggi untuk tertular penyakit infeksi yang bersangkutan dibandingkan anak yang sudah diimunisasi.
Namun di alam ini dikenal suatu fenomena yang disebut sebagai herd-immunity (kekebalan kelompok/komunitas). Herd-immunity ini bisa terjadi jika 70an sampai 80an persen dari seluruh populasi (penduduk) telah mendapat imunisasi penyakit tersebut. Sehingga hal ini memperkecil kemungkinan seorang anak dengan high-risk autism tertular penyakit infeksi tersebut.

Oleh karena itu, orangtua harus secara bijaksana mempertimbangkan diberikan atau tidak diberikannya vaksinasi kepada anak-anak yang mempunyai risiko tinggi untuk terjadinya autisme (high-risk autism).
Seorang bayi/anak termasuk dalam high-risk autism jika di dalam keluarga besar mereka terdapat:
  1. Penyandang autisme,
  2. Penyakit otoimun (Lupus, Jantung Rematik, Artritis Rematoid, dll),
  3. Gangguan jiwa (skizofren, dll),
  4. Penyakit genetik (sindrom Down, maple syrup urine disease, dll),
  5. Gangguan perkembangan yang lainnya (gangguan belajar/learning disability, retardasi mental, terlambat bicara, dll).





 


Lowongan Terapis

Sebagai Terapis Smart ABA

(Smart Applied Behavior Analysis)
Untuk Autisi (Penyandang Autisme)

  • Wanita Muslimah, Taat Dan Takut Pada Allah
  • Rutin Shalat Awal Waktu, Dan Hafal Minimal Al-Fatihah, Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas
  • Bersedia Menggunakan Busana Muslimah Syar'i (Diberikan)
  • S1 (Sarjana) Lulusan Apapun (Semua Jurusan, Misalnya Ekonomi, Hukum, Tehnik, Informatika, Pertanian, Peternakan, Gizi, Keperawatan, Matematika, Biologi, Pendidikan Islam, dlsb)
  • Usia Maksimal 27 Tahun
  • Belum Menikah. Tidak berencana menikah dalam 2 tahun masa kontrak.
  • Sehat Jasmani dan Rohani. Tidak ada penyakit kronis.
  • Tidak Ada Cacat/Masalah Fisik, Tidak Berkacamata, Tidak Cadel, Tidak Ada Masalah Pendengaran, Tidak Menggunakan Alat Bantu Dengar / Lainnya
  • Jujur, Rajin, Amanah, Berakhlak / Beradab / Beretika
  • Bisa Bekerjasama Dalam Team, Dan Bertanggung Jawab
  • Bersedia Mengikuti Training Dan Magang Sekitar 1-6 Bulan/Lebih
  • Bersedia Menjalani Kontrak Ikatan Kerja 3 (Tiga) Tahun
  • Bersedia Ditempatkan Di Seluruh Indonesia (Maupun Seluruh Dunia » Dalam Perencanaan)
  • (Untuk Penempatan Di Seluruh Dunia: Mampu Berbahasa Inggris Aktif » Dalam Perencanaan)
  • Belum Pernah Menangani Autisi (Penyandang Autisme)
  • Bersedia Mengikuti Seluruh Peraturan Tertulis Maupun Tidak Tertulis

CV dan Surat Lamaran:  

Via Email:
terapis@kidaba.com

Via WhatsApp:
+62-85-100-90-6000

Via Pos:
KID-ABA Ultimate, Grand Wisata Blok AA 11 No.56-57-58, Tambun, Bekasi 17510, Jawa Barat, Indonesia

Via Form Website:

(Mohon Maaf, Masih Dalam Pengembangan)

KID ABA Ultimate
Mendidik Generasi Milenial
Menjadi Generasi Qur'ani, Rabbani, Penegak Islam Berakhlak Mulia Sejak Dini






Tokoh ABA Dunia

Prof. Ole Ivar Lovaas

Prof. Ole Ivar Lovaas
Bapak ABA Dunia

Profesional Pertama Di Dunia Yang Menerapkan ABA Untuk Autisme

Profesor Lovaas merupakan profesional pertama yang menerapkan ABA (Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme).
Dimulai pada tahun 1962, kemudian publikasi pertama pada tahun 1967, sehingga ABA untuk autisme dikenal juga sebagai Metode Lovaas.

Pada tahun 1993, Catherine Maurice menerbitkan bukunya yang berjudul Let Me Hear Your Voice, sehingga ABA menjadi terkenal ke seluruh dunia.
Dalam bukunya tersebut, Catherine Maurice menceriterakan tentang 2 anaknya yang autistik yang ditangani dengan ABA oleh Prof. Lovaas dan team, kemudian keduanya sembuh sehingga tidak bisa dibedakan dengan anak lain.

Setelah publikasi pertama penerapan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) oleh Prof. Lovaas pada tahun 1967, maka banyak ahli ABA dan praktisi ABA yang mengembangkan dan menyempurnakan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme).
dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I yang mempelajari ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) juga mengembangkan dan menyempurnakannya, terlebih khusus lagi untuk penyesuaian penggunaannya dalam bahasa Indonesia.
Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.


Tokoh ABA Indonesia

dr. Rudy Sutadi

dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I
Bapak ABA Indonesia

Profesional Indonesia Pertama Yang Mempopulerkan Dan Menyebarluaskan ABA Untuk Autisme Di Indonesia

Dokter Spesialis Anak yang menangani Autisme ini merupakan profesional yang langka, karena menguasai dua Terapi Utama Autisme yaitu ABA (Applied Behavior Analysis) dan Biomedical Intervention Therapy (BIT).
Kiprahnya diakui secara nasional maupun di lingkup internasional.

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI, adalah profesional Indonesia pertama yang menyebarluaskan dan mempopulerkan ABA untuk autisme di Indonesia, sejak tahun 1997.

Mempelajari ABA dari berbagai sumber, antara lain:
» LIFE (Lovaas Institute For Early Intervention), Los Angeles, USA
» PennState University, Pennsylvania, USA
» The Option Institute, New York, USA
» ISADD (Integration Service For Autism And Development Delay), Perth, Australia
» CalABA (California Association For Behavior Analysis), USA
» dan lain-lain

Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur / SOP ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.

» baca selengkapnya


Tokoh Penerus ABA

Liza Arneliza Anwar

Liza (Arneliza Anwar)
Tokoh Penerus ABA Indonesia

Advance Trainer Pada Smart ABA

Beberapa tahun setelah dokter Rudy tidak dapat aktif, penggunaan ABA yang betul dan benar sudah terkikis dan melenceng jauh, oleh karena itu Liza menggagas "Kembali Ke ABA" (Back To ABA).
Kemudian Liza bersama dokter Rudy mengembangkan Smart ABA.

Smart ABA merupakan ABA (Applied Behavior Analysis) yang dikembangkan oleh dokter Rudy bersama Liza, yaitu dengan melakukan assembling (perakitan) berbagai Struktur / SOP (Standard Operating Procedure), serta Sistematika yang khusus bahasa Indonesia, dan tolok ukur yang jelas (yaitu Sistem Penilaian yang kuantitatif dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Juga Kurikulum (Program dan Aktivitas) yang sangat jauh dikembangkan.

Sampai dengan tahun 2019, Liza telah memberikan lebih dari 50 kali Pelatihan / Training Smart ABA ke berbagai kota di seluruh Indonesia.
Pendapatnya tentang berbagai jenis terapi lainnya yang ada di Indonesia, Liza dengan tegas mengatakan "silahkan tunjukkan hasil penelitian metode tersebut untuk anak-anak autistik" (yang ternyata tak ada).
Sedangkan pendapatnya tentang terapis atau klinik/tempat terapi yang menangani autisme, "silahkan tanyakan berapa anak yang telah berhasil masuk sekolah reguler dengan benar, bukan sekedar sekolah-sekolahan, bukan sekolah inklusi apalagi sekolah khusus atau sekolah luar biasa", tukasnya.

Sejak tahun 2010 Liza/Arneliza mulai merintis berdiri dan terselenggaranya KID ABA (Klinik Intervensi Dini - Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme), di kawasan Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Dengan pasien yang berasal dari berbagai kota / daerah di Indonesia.

» baca selengkapnya


Tokoh ABA Dunia

Prof. Ole Ivar Lovaas

Prof. Ole Ivar Lovaas
Bapak ABA Dunia

Profesional Pertama Di Dunia Yang Menerapkan ABA Untuk Autisme

Profesor Lovaas merupakan profesional pertama yang menerapkan ABA (Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme).
Dimulai pada tahun 1962, kemudian publikasi pertama pada tahun 1967, sehingga ABA untuk autisme dikenal juga sebagai Metode Lovaas.

Pada tahun 1993, Catherine Maurice menerbitkan bukunya yang berjudul Let Me Hear Your Voice, sehingga ABA menjadi terkenal ke seluruh dunia.
Dalam bukunya tersebut, Catherine Maurice menceriterakan tentang 2 anaknya yang autistik yang ditangani dengan ABA oleh Prof. Lovaas dan team, kemudian keduanya sembuh sehingga tidak bisa dibedakan dengan anak lain.

Setelah publikasi pertama penerapan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) oleh Prof. Lovaas pada tahun 1967, maka banyak ahli ABA dan praktisi ABA yang mengembangkan dan menyempurnakan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme).
dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I yang mempelajari ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) juga mengembangkan dan menyempurnakannya, terlebih khusus lagi untuk penyesuaian penggunaannya dalam bahasa Indonesia.
Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.


Tokoh ABA Indonesia

dr. Rudy Sutadi

dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I
Bapak ABA Indonesia

Profesional Indonesia Pertama Yang Mempopulerkan Dan Menyebarluaskan ABA Untuk Autisme Di Indonesia

Dokter Spesialis Anak yang menangani Autisme ini merupakan profesional yang langka, karena menguasai dua Terapi Utama Autisme yaitu ABA (Applied Behavior Analysis) dan Biomedical Intervention Therapy (BIT).
Kiprahnya diakui secara nasional maupun di lingkup internasional.

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI, adalah profesional Indonesia pertama yang menyebarluaskan dan mempopulerkan ABA untuk autisme di Indonesia, sejak tahun 1997.

Mempelajari ABA dari berbagai sumber, antara lain:
» LIFE (Lovaas Institute For Early Intervention), Los Angeles, USA
» PennState University, Pennsylvania, USA
» The Option Institute, New York, USA
» ISADD (Integration Service For Autism And Development Delay), Perth, Australia
» CalABA (California Association For Behavior Analysis), USA
» dan lain-lain

Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur / SOP ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.

» baca selengkapnya


Tokoh Penerus ABA

Liza Arneliza Anwar

Liza (Arneliza Anwar)
Tokoh Penerus ABA Indonesia

Advance Trainer Pada Smart ABA

Beberapa tahun setelah dokter Rudy tidak dapat aktif, penggunaan ABA yang betul dan benar sudah terkikis dan melenceng jauh, oleh karena itu Liza menggagas "Kembali Ke ABA" (Back To ABA).
Kemudian Liza bersama dokter Rudy mengembangkan Smart ABA.

Smart ABA merupakan ABA (Applied Behavior Analysis) yang dikembangkan oleh dokter Rudy bersama Liza, yaitu dengan melakukan assembling (perakitan) berbagai Struktur / SOP (Standard Operating Procedure), serta Sistematika yang khusus bahasa Indonesia, dan tolok ukur yang jelas (yaitu Sistem Penilaian yang kuantitatif dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Juga Kurikulum (Program dan Aktivitas) yang sangat jauh dikembangkan.

Sampai dengan tahun 2019, Liza telah memberikan lebih dari 50 kali Pelatihan / Training Smart ABA ke berbagai kota di seluruh Indonesia.
Pendapatnya tentang berbagai jenis terapi lainnya yang ada di Indonesia, Liza dengan tegas mengatakan "silahkan tunjukkan hasil penelitian metode tersebut untuk anak-anak autistik" (yang ternyata tak ada).
Sedangkan pendapatnya tentang terapis atau klinik/tempat terapi yang menangani autisme, "silahkan tanyakan berapa anak yang telah berhasil masuk sekolah reguler dengan benar, bukan sekedar sekolah-sekolahan, bukan sekolah inklusi apalagi sekolah khusus atau sekolah luar biasa", tukasnya.

Sejak tahun 2010 Liza/Arneliza mulai merintis berdiri dan terselenggaranya KID ABA (Klinik Intervensi Dini - Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme), di kawasan Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Dengan pasien yang berasal dari berbagai kota / daerah di Indonesia.

» baca selengkapnya



Autis-Autism-Autisme Dari Masa Ke Masa autis-autism-autisme dari masa ke masa Istilah/kata autism pertama kali digunakan oleh seorang psikiater Swiss yang bernama Eugene Bleuler, yang pada tahun 1908-1911 mengamati adanya suatu ciri tertentu pada penderita skizofrenia dewasa yang ia sebut sebagai autism yang berasal dari kata bahasa Yunani yaitu autos yang berarti sendiri, yang.....Epidemiologi Autis-Autism-Autisme epidemiologi autis-autism-autisme Jumlah penyandang autisme di seluruh dunia semakin tahun semakin meningkat. Dari kepustakaan pada awal tahun 90-an, jumlah penyandang autisme diperkirakan sekitar 4-6 per 10.000 kelahiran. Tetapi mendekati tahun 2000 angka ini mencapai 15-20 per 10.000 kelahiran. Data pada tahun 2000, angka ini.....Autis-Autism-Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh? Pilihan Di Tangan Anda!!! autis-autism-autisme: sembuh atau tidak sembuh? pilihan di tangan anda!!! Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Stem Cell Therapy (Terapi Sel Induk) Pada Autisme stem cell therapy (terapi sel induk) pada autisme Istilah stem cell pertama kali dikemukakan pada tahun 1908 yang mempostulasikan adanya kemampuan berdiferensiasi pada sel-sel penghasil/pembentuk darah. Stem-cell atau sel-induk yaitu sel yang belum berdiferensiasi dimana turunan-turunan selnya dapat terdiferensiasi (berubah) menjadi berbagai jenis.....Antibiotik Pada Autisme: Kawan Atau Lawan??? antibiotik pada autisme: kawan atau lawan??? Salah satu hal yang menimbulkan masalah pada autisme adalah pemberian antibiotik.Oleh karena anak-anak autistik umumnya mempunyai gangguan kekebalan, maka mereka sering mengalami infeksi. Di Amerika, infeksi yang sering terjadi pada mereka adalah infeksi telinga tengah (sedangkan di Indonesia.....Pemilihan Metode Terapi Untuk Autisme pemilihan metode terapi untuk autisme Petunjuk/pedoman yang digunakan oleh ASA (Autism Society of America) dalam menilai suatu metode/cara terapi, yaitu: Apakah terapi tersebut bisa membahayakan anak? Apa akibatnya jika terapi tersebut gagal? Apakah terapi tersebut telah terbukti secara ilmiah? Apakah.....Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh??? Pilihan Di Tangan Anda!!! autisme: sembuh atau tidak sembuh??? pilihan di tangan anda!!! Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Dragons Den Dan Kesembuhan Autisme dragons den dan kesembuhan autisme Dragon’s Den (Sarang Naga), adalah suatu acara di BBC Knowledge, yaitu berbagai orang dari berbagai latar belakang, menghadapi 5 orang multi-milyuner yang merupakan pengusaha kelas kakap, untuk mengajukan permohonan dana dengan sistem kerjasama bagi hasil.Pada suatu episode, ada seorang.....Antara Ajax dan PHP -dengan- Autisme dan ABA (Applied Behavior Analysis) antara ajax dan php -dengan- autisme dan aba (applied behavior analysis) Ada orang-orang yang menterapkan berbagai metode yang tidak khusus untuk terapi autisme tetapi tetap saja digunakan untuk menterapi autisme, padahal tidak ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan efisiensinya untuk kesembuhan autisme.Katakan saja misalnya Terapi Wicara. Ini tidak dikembangkan.....Applied Behavior Analysis (ABA/Lovaas) Untuk Autisme applied behavior analysis (aba/lovaas) untuk autisme ABA (Applied Behavior Analysis) yaitu suatu ilmu perilaku terapan untuk mengajarkan dan melatih seseorang agar menguasai berbagai kemampuan yang sesuai dengan standar yang ada di masyarakat. Penggunaan ABA tidak hanya terbatas pada autisme saja, tetapi sangat luas diterapkan dalam berbagai bidang,.....Terapi IVIG/IVGG Untuk Autisme terapi ivig/ivgg untuk autisme TANYA:1. Apakah yang dimaksud dengan terapi IVIG untuk penyandang Autis.2. Di manakah di Indonesia yang bisa melakukan terapi ini?3. Berapa biayanya? (karena sering disebutkan bahwa terapi ini MAHAL)4. Evaluasi sistem imun apa yang harus dilakukan sebelumnya?Zuhdi Setiadi-SemarangJAWAB:Terapi.....Me-Day Bagi Orangtua Penyandang Autisme me-day bagi orangtua penyandang autisme Penanganan penyandang autisme secara serius dengan ABA dan Biomedical Intervention, akan menguras banyak waktu, tenaga, dan perhatian. Itu betul.Tetapi jangan dilupakan bahwa kita juga manusia, yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kita tidak termasuk manusia super,.....Perceraian Pada Keluarga Yang Mempunyai Anak Autistik perceraian pada keluarga yang mempunyai anak autistik Dari suatu penelitian jangka panjang yang mengikuti 406 keluarga yang mempunyai anak autistik sampai dengan tahun 2004, didapatkan bahwa angka perceraian tinggi sampai dengan anak berusia 8 tahun, setelah itu menurun. Namun ancaman perceraian tetap berlanjut, yaitu didapatkan bahwa angka perceraian tetap.....Jangan Benci Ibumu jangan benci ibumu Suatu sore saya menonton film seri Frasier. Yaitu film seri tentang Dr. Frasier Crane, seorang psikiater yang merupakan penyiar radio terkenal di Seattle.Dalam seri itu, Dr. Frasier Crane yang bersama adiknya Dr. Niles Crane, melihat ayahnya sedang dinner di restoran bersama seorang wanita bekas.....Lie To Me (Bohongilah Aku) lie to me (bohongilah aku) Sangat menarik mempelajari ilmu perilaku manusia, apalagi dalam hal bohong.Mungkin dulu kita hanya mengenal bahwa terdapat 25 tanda kebohongan pada lelaki dan 15 pada wanita (waduh, jadi artinya dibandingkan wanita maka lelaki relatif lebih mudah diketahui jika berbohong).Namun dengan berkembangnya.....Deteksi Dini Autisme deteksi dini autisme Deteksi dini atau skrining terhadap autisme dapat dilakukan secara sederhana dengan tools (perangkat) yang sederhana misalnya dengan STAT (Screening Tool for Autism in Two-Year-Olds), atau dengan CHAT/M-CHAT (Modified Checklist for Autism in Toddler). M-CHAT adalah versi Amerika yang merupakan perluasan.....Biomedical Intervention Therapy Untuk Autisme biomedical intervention therapy untuk autisme Biomedical Intervention adalah ilmu medis/kedokteran yang menterapi/memperbaiki masalah nerobiologis dan biokimiawi yang terdapat pada autistik. Autisme diyakini penyebabnya yaitu mempunyai dasar genetik dan dipicu oleh faktor lingkungan Faktor genetik ini mengakibatkan banyak hal, misalnya masalah/gangguan.....Masalah Rivalitas Pada Saudara Kandung Penyandang Autisme masalah rivalitas pada saudara kandung penyandang autisme Saudara kandung dari anak autistik bisa menganggap anak autistik adalah rivalitas (saingan) yang mencuri seluruh perhatian dan milik/harta-benda dari mereka, oleh karena umumnya perhatian orangtua dan seluruh keluarga terpusat bahkan tersedot pada anak autistik mereka, sehingga mereka kurang memperhatikan.....Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan Autisme kontroversi hubungan antara vaksin dan autisme Sampai saat ini, masih berlangsung kontroversi/perdebatan mengenai hubungan antara vakstin dan autisme. Namun telah banyak laporan terjadinya regresi autistik beberapa minggu setelah seorang anak mendapat vaksin. Laporan yang paling sering adalah regresi autistik oleh karena MMR. MMR dikaitkan dengan.....Jepang Menghentikan Penggunaan Vaksin Meningitis Dan Pneumonia jepang menghentikan penggunaan vaksin meningitis dan pneumonia Kementerian Kesehatan Jepang telah menghentikan penggunaan vaksin meningitis dan pneumonia, setelah terdapat 4 kematian berturut-turut yang terjadi di Jepang pada bulan Februari dan Maret 2011 ini, pada anak-anak berumur 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun,.Kematian tersebut terjadi tidak.....Penyebab Autisme penyebab autisme Terjadinya autisme yaitu oleh karena adanya dasar faktor genetik yang dipengaruhi dan.atau dipicu oleh faktor lingkungan seperti misalnya infeksi rubella/cytomegalovirus, polutan/intoksikasi logam berat, dan vaksinasi campak/MMR (yang masih menjadi kontroversi), dll. Faktor genetik yang berperan.....Terapi Intervensi Dini Pada Autisme Yang dimaksud dengan Intervensi Dini yaitu terapi/tatalaksana yang dilakukan terhadap anak dengan usia sejak lahir sampai dengan usia 3 tahun (terapi/tatalaksana dimulai sebelum usia 3 tahun) yang dilakukan pada anak-anak yang memiliki kecacatan (disability), keterlambatan perkembangan (developmental.....Melalui Epigenetik - Autisme Bisa Disembuhkan Dengan Obat melalui epigenetik - autisme bisa disembuhkan dengan obat Pernah dengar mengenai epigenetik? Mungkin bahkan untuk umumnya dokter, hal ini masih asing, oleh karena memang merupakan ilmu yang relatif baru (kata epigenetik sendiri sudah lama ada, tetapi penggunaannya sebagai ilmu yang berhubungan relatif baru).Pada ilmu genetika, dikenal istilah genotip.....[Ringkasan 01 dari 17] ::: Biomedical Intervention Therapy Untuk Autisme Insya ALLAH, beberapa hari ke depan akan saya posting ringkasan Terapi Intervensi Biomedis (Biomedical Intervention Therapy / BIT) untuk autisme, yang saya ambil dari Autism Research Institute (James B. Adams, Ph.D.).Ayo cetak 1.000 dokter Indonesia yang menguasai Biomedical Intervention Therapy.....[ RINGKASAN 02 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] MEMPERBAIKI DIET Dasar :<br><ul> Manusia membutuhkan zat-zat gizi esensial tertentu untuk berbagai fungsi tubuhnya, yang meliputi vitamin, mineral, asam lemak esensial, dan asam amino (dari protein). Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu lakukan diet seimbang yang kaya sayuran, buah, dan protein.....[ RINGKASAN 03 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] A L E R G I M A K A N A N DASAR :Banyak anak autistik mengalami alergi makanan, disebabkan oleh abnormalitas pada sistem pencernaan dan/atau sistem kekebalan mereka. Jika makanan tidak dicerna sempurna menjadi susunan terkecil gula, asam amino, dll, maka makanan yang dicerna sebagian tersebut dapat terserap oleh saluran.....Bidadari Kiriman ALLAH bidadari kiriman allah Sebagai manusia yang juga mempunyai kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Termasuk juga diriku yang Alhamdulillah merupakan lelaki normal. Bahkan salah seorang teman mengatakan mendengar suara wanita saja sudah merupakan hiburan tersendiri. Tetapi.....Kesabaran yang Indah kesabaran yang indah Disaat Ibu ibu lainnya bercengkarma dengan ibu lainnya ketika menunggu anak anak mereka sekolah, Ibu anak special harus dengan seksama berada di depan layar monitor melihat aktivitas si special yang sedang di terapi. Disaat Ibu ibu lainnya asyik berada di mall,<br.....Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Pra kehamilan 6-12 hal-hal yang perlu diperhatikan pada pra kehamilan 6-12 Sampai saat ini masih belum diketahui cara yang paling tepat untuk melakukan pencegahan terjadinya autisme, terutama pada keluarga yang ingin mendapatkan anak berikutnya. Namun berdasarkan ilmu dan pengetahuan tentang berbagai terapi spesifik yang telah menghasilkan perbaikan bahkan kesembuhan,.....Gejala-gejala autisme gejala-gejala autisme Gejala-gejala autisme akan tampak makin jelas setelah anak mencapai usia 3 tahun, yaitu berupa: 1. Gangguandalam bidang komunikasi verbal maupun non-verbal: - terlambat bicara, - meracau dengan bahasa yang tak dapat dimengerti orang lain, - kalaupun.....Hal-hal yang penting diperhatikan selama masa kehamilan hal-hal yang penting diperhatikan selama masa kehamilan Selama hamil: Teruskan diet organik yang sangat berkualitas, hilangkan atau sangat kurangi gula dan makanan olahan. Teruskan multivitamin dan multimineral lengkap yang mudah diserap, dengan paling tidak mengandung 1.800 mg kalsium dan 800 mcg.....AUTISME : Hal-hal yang penting diketahui Selama masa bayi Selama masa bayi: Berhubungan erat/akrab dengan bayi anda sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin, serta tangani dan bercakap-cakap dengannya. Tidur bersamaan dengan waktu tidur bayi anda agar anda memperoleh cukup istirahat, dan dapat berhubungan sesering mungkin.....AUTISME dan ABA : Melatih bicara pada anak autistik ika anak autistik sudah mampu berkumunikasi 1 arah, maka minimalisir pertanyaan langsung kepada mereka, lebih seringlah berkomentar akan suatu situasi, yang bisa secara tiba-tiba, atau memang sengaja diatur. Misalnya : Ibu menjatuhkan bola mainan dari meja saat bermain.....Autisme dan BIT (Biomedical intervention Therapy) : Yang perlu dilakukan dalam BIT untuk anak-anak a Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan paling tidak: oLab lokal : Hematologi rutin, fungsi hati (LFT, SGOT, SGPT), fungsi ginjal (ureum darah, kreatinin darah), elektrolit lengkap darah, fungsi tiroid (T3, T4, TSH), IgE total o Complete Digestive Stool.....AUTIME : Tentang ASPERGER Pada Asperger , biasanya tidak ada keterlambatan bicara, sehingga sering diagnosis tidak segera dilakukan, orangtua baru membawa ke dokter ketika usia anak /sekolah anak semakin meningkat, dimana dibutuhkan kemampuan komunikasi yang semakin kompleks, misalnya pada usia kelas I SD/2 SD. Gejala-gejala.....AUTISME : Timbal balik Komunikasi VERBAL dan Kognitif pada anak autistik Kemampuan bicara dengan kemampuan kognitif, itu timbal balik. Jika kognitif anak mambaik, kemampuan bicara juga membaik Ketika kemampuan bicara meningkat, maka akan meningkatkan kognitifnya Kognitif (Kemampuan pemahaman, menangkap rangasangan, menyimpan.....AUTISME dan BIT : RINGKASAN 04 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] [ RINGKASAN 04 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] GLUTEN-FREE, CASEIN-FREE DIET( DAN SERING JUGA CORN-FREE, SOY-FREE ) Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME & BIT : [ RINGKASAN 05 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] SUPLEMENTASI V I T A M I N / M I N E R A L Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) DASAR.....AUTISME dan ABA : Meningkatkan komunikasi pada anak autistik Untuk meningkatkan komunikasi pada anak autistik, maka lalukan berbagai hal seperti menimbulkan protes dari anak pada berbagai aktivitas, sebagai contoh Ketika anak memperhatikan anda, taruh sepatu di lemari pajangan, atur kesempatan anak untuk berkomentar \'Salah!\'.....AUTISME : PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME by : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Semua anak termasuk penyandang autisme, suatu saat akan mengalami pubertas, terlepas dari kemampuan sosial ataupun IQ nya. Pada.....AUTISME & BIT : Ringkasan 06 dari 17 - BIT] ::: Vitamin B6 Dosis Tinggi Dan Magnesium [ RINGKASAN 06 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] VITAMIN B6 DOSIS TINGGI DAN MAGNESIUM Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....TISAUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi verbal pada anak autistik dengan ABA Ikuti sistimatika dibawah ini, jangan pada awal-awal anak autistik sudah disuruh tiup lilin, meronce, meniti, memanjat, karena yang harus kita latih terlebih dahulu OTAK nya agar mampu berkomunikasi verbal, sehingga memanjat, menendang bola dll nantinya mampu dilakukan oleh anak tanpa harus.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 07 dari 17 - BIT] ::: Essential Fatty Acids [ RINGKASAN 07 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] ESSENTIAL FATTY ACIDS Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME : Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat Agar Anak autistic verbal butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua lain atau profesional (katanya) yang mengatakan.....AUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi VERBAL anak autistik dengan ABA Selain anak AUTISTIK tidak/belum bisa bicara, masalah/gangguan bicara yang lain yang mungkin terdapat adalah kadang anak sudah mulai sedikit-sedikit mengeluarkan beberapa patah kata, tetapi kemudian kemampuan bicaranya menghilang begitu saja pada usia sekitar 18 bulan atau sebelum 2 tahun. Hal.....AUTISME : AUTISME & ABA Melatih kepatuhan pada anak autistik Melatih kepatuhan pada anak autistik adalah dengan melatih duduk, tentunya kita latih duduk sejak usia dini, sehingga anak-anak autistik yang ditangani dengan ABA yang benar sejak dini, maka kepatuhan tidak akan pernah menjadi masalah saat mereka bersekolah reguler nantinya. Karena semenjak.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan ENZIM-ENZIM PENCERNAAN Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior.....AUTISME & ABA : Program paralel dalam melatih bicara bagi anak-anak autistik Jika anak autistik sudah mulai masuk pada tahap verbal, ( INGAT, BUKAN PADA SAAT PERTAMA KALI ANAK AUTISTIK DITERAPI YA !!!! ) maka latih juga secara paralel, dimana orangtua harus lebih banyak melatih ini dirumah : 1. Meniup potongan tissue yang diletakkan ditangan 2. Meniup.....AUTISME & ABA : Generalisai pada anak autistik Jika anak autistik sudah mampu berkomunikasi satu arah ( berbicara dan sudah menguasai labih kurang 100 kata), maka lakukan generalisasi Misalnya : kata \'tidak\', yang biasaya diucapkan, dperluas menjadi \'nggak\', \'jangan\', \'ga boleh\'. Jika terapis di teaching room bertanya.....AUTISME & Penghasilan yang Halal Menyaring, hanya penghasilan HALAL yang akan diberikan kepada anak-anak kita, adalah upaya dini untuk menuju generasi yang sehat lahir dan batin dan takut kepada Alloh......AUTISME & BIT : [Ringkasan 09 dari 17 - BIT] ::: Terapi Usus: Anti Jamur dan Probiotik TERAPI USUS : ANTI JAMUR DAN PROBIOTIK Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesiali Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) LATAR BELAKANG.....Jangan merasa sedirian jangan merasa sedirian Bergabunglah dengan kelompok orangtua yang mempunyai keyakinan bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan, sehingga kita tidak merasa sendirian di dunia ini, serta dapat berbagi suka-duka serta pemecahan/mengatasi masalah. Pengalaman-pengalaman positif dari orang-orangtua yang lebih dahulu menangani.....Pesan untuk orangtua pesan untuk orangtua Pesan Untuk Orangtua (dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika orangtua tidak faham apa itu autisme, mungkin diagnosis autisme tidak berpengaruh.....Diet AUTISME dan BIT diet autisme dan bit Jika tahun 2013 masih jahil membocorkan diet pada anak autistik, maka tahun 2014 ini seharusnya zaman jahil itu harus berlalu, seharusnya orangtua dan keluarga SADAR, lakukan diet CFGFSF dengan 100 %, tidak boleh ada kebocoran, bahkan sesekalipun. Biar jangan lupa kami ingatkan kembali kembali.....Persediann Obat-obat persediann obat-obat Tentang AUTISME : Seputar persediaan obat-obat, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Tentang AUTISME: Tentang AUTISME : Seputar obat-obatan, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Seputar ABA untuk AUTISME seputar aba untuk autisme Yang perlu diingat pada latihan kontak mata pada anak autistik adalah sbb : 1. Jangan memanggil nama anak selama program awal kontak mata, instruksi hanya "lihat " saja. 2. Jika anak sudah on request saat diberi instruksi "lihat",.....Seputar BIT untuk AUTISME : Diet pada anak autistik Catatan PENTING !!!! 1. Walaupun hasil pemeriksaan allergi anak autistik tidak akergi terhadap susu dan terigu, tetapi pada anak autistik susu dan terigu tetap TIDAK BOLEH mereka konsumsi, hal ini bukan karena berhungan dengan alerginya, tetapi terbentuknya morphin jika.....Tentang AUTISME tentang autisme Seputar AUTISME : Membaca hasil pemeriksaan Lab Alergi makanan pada anak autistik Hasil pemeriksaan Lab pada alergi makanan IgG, biasanya tertulis dalam bentuk 0, 1, 2, 3, 4, 5. Berapun hasil nya, itu menunjukkan bahan makanan tersebut REACTIVE (Alergi), jadi.....Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seringkali orangtua jika ditanya "Sudah diet pak/bu", dengan cepat akan mengatakan " ooo sudah, anak saya sudah diet 100 %", padahal kita yakin bahwa masih ada kebocoran.....Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Data kembali sayur yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa ROTASI dan ELIMINASI yaaa 1. Sawi hijau 2. Sawi putih 3. Pok coi 4......Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik <span class="userContent" data-ft="{&quot;tn&quot;:&quot;K&quot;}">Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik Setelah sayur,,,yuk kita data kembali buah yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa.....Langkah-langkah menjalani tatalaksana bagi anak autistik langkah-langkah menjalani tatalaksana bagi anak autistik Langkah-langkah memulai Tatalaksana bagi anak autistik Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Step pertama: "Permohonan kita dengan YAKIN agar anak autistik kita sembuh atas izinNya, tentunya dengan taat kepada perintahNya dan menghentikan laranganNya" Step.....Berbagai gangguan pada anak autistik berbagai gangguan pada anak autistik Berbagai gangguan pada anak autistik Penyandang autisme memiliki gangguan pada interaksi sosial, komunikasi, imajinasi, serta pola perilaku yang repetitif (berulang-ulang), dan resistensi (tidak mudah mengikuti/menyesuaikan) terhadap perubahan pada rutinitas. Gangguan pada.....Memulai diet CFGFSF pada Anak autistik memulai diet cfgfsf pada anak autistik Memulai diet pada anak autistik Diet umumnya dilakukan karena ada suatu penyakit di dalam tubuh kita yang jika tidak dijalankan bisa berpengaruh buruk pada organ lainnya.Begitu juga pada AUTSIME, karena berbagai kerusakan di dalam tubuh anak-anak ini antara lain pencernaan,.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Liza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik.....Jangan mudah mengeluh jangan mudah mengeluh Jangan mudah mengeluh dan putus asa Sebenarnya, apapun tidaklah SULIT, sulit hanya karena kita manusia memandangnya dari sisi kita sebagai manusia, dan mengabaikan dasar-dasar yang diberikan oleh Allah. 1. Wah berat banget ujian saya Allah.....Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang dengan teknik Extinction Oleh: Liza Anwar Seringkali orangtua, orang serumah dan tempat terapi anak autistik, dibuat pusing oleh perilaku anak autsitik yang suka merusak barang-barang (umpamanya.....Autism is Curable, Insha Allah autism is curable, insha allah Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua.....smartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior An smartaba for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart aba= applied behavior an SmartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior Analysis Metode Dokter Rudy Sutadi) Kebutuhan akan calon terapis smart ABA untuk Autisme di Indonesia terus meningkat, seiring dengan loncakan yang.....Autisme, ABA & BIT untuk Autisme Ekolalia adalah mengulang apa yang pernah didengar utamanya oleh penyandang Autisme.Hal ini bisa terjadi karena anak masih nonton TV, ,main game, tab, android, HP dan lain-lain peralatan elektronik serta menjalankan smart ABA tidak dengan cara yang benar Cara terbaik adalah hentikan.....AUTISME, smart ABA & smart BIT untuk Autisme <h2>Tentang AUTISME : Ikuti jalan-jalan yang telah dirambah oleh ahli-ahli, profesional dan orangtua anak autistik Oleh : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, S Pd.I</h2> Menjalani tatalaksana bagi penyandang AUTISME di Indonesia pada tahun 1997, ibarat masuk ke hutan.....Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. perbaiki hubungan dengan orangtua kita. Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) .....Pesan untuk orangtua anak autistik pesan untuk orangtua anak autistik Pesan Untuk Orangtua dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa.....Mengatasi anak autistik yang suka menyerang mengatasi anak autistik yang suka menyerang Mengatasi Anak autistik yang suka menyerang Oleh : Arneliza Anwar Mengapa anak autistik seringkali menyerang (misal memukul, menjambak rambut, mendorong dll) orang lain? Masalah ini adalah karena ketidak mampuan mereka untuk mengkomunikasi.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Arneliza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik secara bertubi-tubi,.....

Tokoh ABA Dunia

Prof. Ole Ivar Lovaas

Prof. Ole Ivar Lovaas
Bapak ABA Dunia

Profesional Pertama Di Dunia Yang Menerapkan ABA Untuk Autisme

Profesor Lovaas merupakan profesional pertama yang menerapkan ABA (Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme).
Dimulai pada tahun 1962, kemudian publikasi pertama pada tahun 1967, sehingga ABA untuk autisme dikenal juga sebagai Metode Lovaas.

Pada tahun 1993, Catherine Maurice menerbitkan bukunya yang berjudul Let Me Hear Your Voice, sehingga ABA menjadi terkenal ke seluruh dunia.
Dalam bukunya tersebut, Catherine Maurice menceriterakan tentang 2 anaknya yang autistik yang ditangani dengan ABA oleh Prof. Lovaas dan team, kemudian keduanya sembuh sehingga tidak bisa dibedakan dengan anak lain.

Setelah publikasi pertama penerapan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) oleh Prof. Lovaas pada tahun 1967, maka banyak ahli ABA dan praktisi ABA yang mengembangkan dan menyempurnakan ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme).
dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I yang mempelajari ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) juga mengembangkan dan menyempurnakannya, terlebih khusus lagi untuk penyesuaian penggunaannya dalam bahasa Indonesia.
Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.


Tokoh ABA Indonesia

dr. Rudy Sutadi

dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPd.I
Bapak ABA Indonesia

Profesional Indonesia Pertama Yang Mempopulerkan Dan Menyebarluaskan ABA Untuk Autisme Di Indonesia

Dokter Spesialis Anak yang menangani Autisme ini merupakan profesional yang langka, karena menguasai dua Terapi Utama Autisme yaitu ABA (Applied Behavior Analysis) dan Biomedical Intervention Therapy (BIT).
Kiprahnya diakui secara nasional maupun di lingkup internasional.

Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI, adalah profesional Indonesia pertama yang menyebarluaskan dan mempopulerkan ABA untuk autisme di Indonesia, sejak tahun 1997.

Mempelajari ABA dari berbagai sumber, antara lain:
» LIFE (Lovaas Institute For Early Intervention), Los Angeles, USA
» PennState University, Pennsylvania, USA
» The Option Institute, New York, USA
» ISADD (Integration Service For Autism And Development Delay), Perth, Australia
» CalABA (California Association For Behavior Analysis), USA
» dan lain-lain

Sejak tahun 2009, Rudy Sutadi dan Arneliza Anwar, mengembangkan Smart ABA dan dicanangkan pada tahun 2011. Yaitu melakukan assembling (perakitan) dan penyempurnaan Struktur-Struktur / SOP ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme), Sistematika khususnya dalam Bahasa Indonesia, dan Sistem Penilaian yang kuantitatif (terukur dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Sehingga Smart ABA untuk Autisi (Penyandang Autisme) bisa dikatan nyaris sempurna.

» baca selengkapnya


Tokoh Penerus ABA

Liza Arneliza Anwar

Liza (Arneliza Anwar)
Tokoh Penerus ABA Indonesia

Advance Trainer Pada Smart ABA

Beberapa tahun setelah dokter Rudy tidak dapat aktif, penggunaan ABA yang betul dan benar sudah terkikis dan melenceng jauh, oleh karena itu Liza menggagas "Kembali Ke ABA" (Back To ABA).
Kemudian Liza bersama dokter Rudy mengembangkan Smart ABA.

Smart ABA merupakan ABA (Applied Behavior Analysis) yang dikembangkan oleh dokter Rudy bersama Liza, yaitu dengan melakukan assembling (perakitan) berbagai Struktur / SOP (Standard Operating Procedure), serta Sistematika yang khusus bahasa Indonesia, dan tolok ukur yang jelas (yaitu Sistem Penilaian yang kuantitatif dengan angka-angka dan persentase keberhasilan). Juga Kurikulum (Program dan Aktivitas) yang sangat jauh dikembangkan.

Sampai dengan tahun 2019, Liza telah memberikan lebih dari 50 kali Pelatihan / Training Smart ABA ke berbagai kota di seluruh Indonesia.
Pendapatnya tentang berbagai jenis terapi lainnya yang ada di Indonesia, Liza dengan tegas mengatakan "silahkan tunjukkan hasil penelitian metode tersebut untuk anak-anak autistik" (yang ternyata tak ada).
Sedangkan pendapatnya tentang terapis atau klinik/tempat terapi yang menangani autisme, "silahkan tanyakan berapa anak yang telah berhasil masuk sekolah reguler dengan benar, bukan sekedar sekolah-sekolahan, bukan sekolah inklusi apalagi sekolah khusus atau sekolah luar biasa", tukasnya.

Sejak tahun 2010 Liza/Arneliza mulai merintis berdiri dan terselenggaranya KID ABA (Klinik Intervensi Dini - Applied Behavior Analysis) untuk Autisi (Penyandang Autisme), di kawasan Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Dengan pasien yang berasal dari berbagai kota / daerah di Indonesia.

» baca selengkapnya



Autis-Autism-Autisme Dari Masa Ke MasaIstilah/kata autism pertama kali digunakan oleh seorang psikiater Swiss yang bernama Eugene Bleuler, yang pada tahun 1908-1911 mengamati adanya suatu ciri tertentu pada penderita skizofrenia dewasa yang ia sebut sebagai autism yang berasal dari kata bahasa Yunani yaitu autos yang berarti sendiri, yang.....Epidemiologi Autis-Autism-AutismeJumlah penyandang autisme di seluruh dunia semakin tahun semakin meningkat. Dari kepustakaan pada awal tahun 90-an, jumlah penyandang autisme diperkirakan sekitar 4-6 per 10.000 kelahiran. Tetapi mendekati tahun 2000 angka ini mencapai 15-20 per 10.000 kelahiran. Data pada tahun 2000, angka ini.....Autis-Autism-Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh? Pilihan Di Tangan Anda!!!Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Stem Cell Therapy (Terapi Sel Induk) Pada AutismeIstilah stem cell pertama kali dikemukakan pada tahun 1908 yang mempostulasikan adanya kemampuan berdiferensiasi pada sel-sel penghasil/pembentuk darah. Stem-cell atau sel-induk yaitu sel yang belum berdiferensiasi dimana turunan-turunan selnya dapat terdiferensiasi (berubah) menjadi berbagai jenis.....Antibiotik Pada Autisme: Kawan Atau Lawan???Salah satu hal yang menimbulkan masalah pada autisme adalah pemberian antibiotik.Oleh karena anak-anak autistik umumnya mempunyai gangguan kekebalan, maka mereka sering mengalami infeksi. Di Amerika, infeksi yang sering terjadi pada mereka adalah infeksi telinga tengah (sedangkan di Indonesia.....Pemilihan Metode Terapi Untuk AutismePetunjuk/pedoman yang digunakan oleh ASA (Autism Society of America) dalam menilai suatu metode/cara terapi, yaitu: Apakah terapi tersebut bisa membahayakan anak? Apa akibatnya jika terapi tersebut gagal? Apakah terapi tersebut telah terbukti secara ilmiah? Apakah.....Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh??? Pilihan Di Tangan Anda!!!Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Dragons Den Dan Kesembuhan AutismeDragon’s Den (Sarang Naga), adalah suatu acara di BBC Knowledge, yaitu berbagai orang dari berbagai latar belakang, menghadapi 5 orang multi-milyuner yang merupakan pengusaha kelas kakap, untuk mengajukan permohonan dana dengan sistem kerjasama bagi hasil.Pada suatu episode, ada seorang.....Antara Ajax dan PHP -dengan- Autisme dan ABA (Applied Behavior Analysis)Ada orang-orang yang menterapkan berbagai metode yang tidak khusus untuk terapi autisme tetapi tetap saja digunakan untuk menterapi autisme, padahal tidak ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan efisiensinya untuk kesembuhan autisme.Katakan saja misalnya Terapi Wicara. Ini tidak dikembangkan.....Applied Behavior Analysis (ABA/Lovaas) Untuk AutismeABA (Applied Behavior Analysis) yaitu suatu ilmu perilaku terapan untuk mengajarkan dan melatih seseorang agar menguasai berbagai kemampuan yang sesuai dengan standar yang ada di masyarakat. Penggunaan ABA tidak hanya terbatas pada autisme saja, tetapi sangat luas diterapkan dalam berbagai bidang,.....Terapi IVIG/IVGG Untuk AutismeTANYA:1. Apakah yang dimaksud dengan terapi IVIG untuk penyandang Autis.2. Di manakah di Indonesia yang bisa melakukan terapi ini?3. Berapa biayanya? (karena sering disebutkan bahwa terapi ini MAHAL)4. Evaluasi sistem imun apa yang harus dilakukan sebelumnya?Zuhdi Setiadi-SemarangJAWAB:Terapi.....Me-Day Bagi Orangtua Penyandang AutismePenanganan penyandang autisme secara serius dengan ABA dan Biomedical Intervention, akan menguras banyak waktu, tenaga, dan perhatian. Itu betul.Tetapi jangan dilupakan bahwa kita juga manusia, yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kita tidak termasuk manusia super,.....Perceraian Pada Keluarga Yang Mempunyai Anak AutistikDari suatu penelitian jangka panjang yang mengikuti 406 keluarga yang mempunyai anak autistik sampai dengan tahun 2004, didapatkan bahwa angka perceraian tinggi sampai dengan anak berusia 8 tahun, setelah itu menurun. Namun ancaman perceraian tetap berlanjut, yaitu didapatkan bahwa angka perceraian tetap.....Jangan Benci IbumuSuatu sore saya menonton film seri Frasier. Yaitu film seri tentang Dr. Frasier Crane, seorang psikiater yang merupakan penyiar radio terkenal di Seattle.Dalam seri itu, Dr. Frasier Crane yang bersama adiknya Dr. Niles Crane, melihat ayahnya sedang dinner di restoran bersama seorang wanita bekas.....Lie To Me (Bohongilah Aku)Sangat menarik mempelajari ilmu perilaku manusia, apalagi dalam hal bohong.Mungkin dulu kita hanya mengenal bahwa terdapat 25 tanda kebohongan pada lelaki dan 15 pada wanita (waduh, jadi artinya dibandingkan wanita maka lelaki relatif lebih mudah diketahui jika berbohong).Namun dengan berkembangnya.....Deteksi Dini AutismeDeteksi dini atau skrining terhadap autisme dapat dilakukan secara sederhana dengan tools (perangkat) yang sederhana misalnya dengan STAT (Screening Tool for Autism in Two-Year-Olds), atau dengan CHAT/M-CHAT (Modified Checklist for Autism in Toddler). M-CHAT adalah versi Amerika yang merupakan perluasan.....Biomedical Intervention Therapy Untuk AutismeBiomedical Intervention adalah ilmu medis/kedokteran yang menterapi/memperbaiki masalah nerobiologis dan biokimiawi yang terdapat pada autistik. Autisme diyakini penyebabnya yaitu mempunyai dasar genetik dan dipicu oleh faktor lingkungan Faktor genetik ini mengakibatkan banyak hal, misalnya masalah/gangguan.....Masalah Rivalitas Pada Saudara Kandung Penyandang AutismeSaudara kandung dari anak autistik bisa menganggap anak autistik adalah rivalitas (saingan) yang mencuri seluruh perhatian dan milik/harta-benda dari mereka, oleh karena umumnya perhatian orangtua dan seluruh keluarga terpusat bahkan tersedot pada anak autistik mereka, sehingga mereka kurang memperhatikan.....Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan AutismeSampai saat ini, masih berlangsung kontroversi/perdebatan mengenai hubungan antara vakstin dan autisme. Namun telah banyak laporan terjadinya regresi autistik beberapa minggu setelah seorang anak mendapat vaksin. Laporan yang paling sering adalah regresi autistik oleh karena MMR. MMR dikaitkan dengan.....Jepang Menghentikan Penggunaan Vaksin Meningitis Dan PneumoniaKementerian Kesehatan Jepang telah menghentikan penggunaan vaksin meningitis dan pneumonia, setelah terdapat 4 kematian berturut-turut yang terjadi di Jepang pada bulan Februari dan Maret 2011 ini, pada anak-anak berumur 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun,.Kematian tersebut terjadi tidak.....Penyebab AutismeTerjadinya autisme yaitu oleh karena adanya dasar faktor genetik yang dipengaruhi dan.atau dipicu oleh faktor lingkungan seperti misalnya infeksi rubella/cytomegalovirus, polutan/intoksikasi logam berat, dan vaksinasi campak/MMR (yang masih menjadi kontroversi), dll. Faktor genetik yang berperan.....Terapi Intervensi Dini Pada AutismeYang dimaksud dengan Intervensi Dini yaitu terapi/tatalaksana yang dilakukan terhadap anak dengan usia sejak lahir sampai dengan usia 3 tahun (terapi/tatalaksana dimulai sebelum usia 3 tahun) yang dilakukan pada anak-anak yang memiliki kecacatan (disability), keterlambatan perkembangan (developmental.....Melalui Epigenetik - Autisme Bisa Disembuhkan Dengan ObatPernah dengar mengenai epigenetik? Mungkin bahkan untuk umumnya dokter, hal ini masih asing, oleh karena memang merupakan ilmu yang relatif baru (kata epigenetik sendiri sudah lama ada, tetapi penggunaannya sebagai ilmu yang berhubungan relatif baru).Pada ilmu genetika, dikenal istilah genotip.....[Ringkasan 01 dari 17] ::: Biomedical Intervention Therapy Untuk AutismeInsya ALLAH, beberapa hari ke depan akan saya posting ringkasan Terapi Intervensi Biomedis (Biomedical Intervention Therapy / BIT) untuk autisme, yang saya ambil dari Autism Research Institute (James B. Adams, Ph.D.).Ayo cetak 1.000 dokter Indonesia yang menguasai Biomedical Intervention Therapy.....[ RINGKASAN 02 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] MEMPERBAIKI DIETDasar :<br><ul> Manusia membutuhkan zat-zat gizi esensial tertentu untuk berbagai fungsi tubuhnya, yang meliputi vitamin, mineral, asam lemak esensial, dan asam amino (dari protein). Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu lakukan diet seimbang yang kaya sayuran, buah, dan protein.....[ RINGKASAN 03 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] A L E R G I M A K A N A NDASAR :Banyak anak autistik mengalami alergi makanan, disebabkan oleh abnormalitas pada sistem pencernaan dan/atau sistem kekebalan mereka. Jika makanan tidak dicerna sempurna menjadi susunan terkecil gula, asam amino, dll, maka makanan yang dicerna sebagian tersebut dapat terserap oleh saluran.....Bidadari Kiriman ALLAH Sebagai manusia yang juga mempunyai kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Termasuk juga diriku yang Alhamdulillah merupakan lelaki normal. Bahkan salah seorang teman mengatakan mendengar suara wanita saja sudah merupakan hiburan tersendiri. Tetapi.....Kesabaran yang Indah Disaat Ibu ibu lainnya bercengkarma dengan ibu lainnya ketika menunggu anak anak mereka sekolah, Ibu anak special harus dengan seksama berada di depan layar monitor melihat aktivitas si special yang sedang di terapi. Disaat Ibu ibu lainnya asyik berada di mall,<br.....Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Pra kehamilan 6-12 Sampai saat ini masih belum diketahui cara yang paling tepat untuk melakukan pencegahan terjadinya autisme, terutama pada keluarga yang ingin mendapatkan anak berikutnya. Namun berdasarkan ilmu dan pengetahuan tentang berbagai terapi spesifik yang telah menghasilkan perbaikan bahkan kesembuhan,.....Gejala-gejala autisme Gejala-gejala autisme akan tampak makin jelas setelah anak mencapai usia 3 tahun, yaitu berupa: 1. Gangguandalam bidang komunikasi verbal maupun non-verbal: - terlambat bicara, - meracau dengan bahasa yang tak dapat dimengerti orang lain, - kalaupun.....Hal-hal yang penting diperhatikan selama masa kehamilan Selama hamil: Teruskan diet organik yang sangat berkualitas, hilangkan atau sangat kurangi gula dan makanan olahan. Teruskan multivitamin dan multimineral lengkap yang mudah diserap, dengan paling tidak mengandung 1.800 mg kalsium dan 800 mcg.....AUTISME : Hal-hal yang penting diketahui Selama masa bayi Selama masa bayi: Berhubungan erat/akrab dengan bayi anda sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin, serta tangani dan bercakap-cakap dengannya. Tidur bersamaan dengan waktu tidur bayi anda agar anda memperoleh cukup istirahat, dan dapat berhubungan sesering mungkin.....AUTISME dan ABA : Melatih bicara pada anak autistik ika anak autistik sudah mampu berkumunikasi 1 arah, maka minimalisir pertanyaan langsung kepada mereka, lebih seringlah berkomentar akan suatu situasi, yang bisa secara tiba-tiba, atau memang sengaja diatur. Misalnya : Ibu menjatuhkan bola mainan dari meja saat bermain.....Autisme dan BIT (Biomedical intervention Therapy) : Yang perlu dilakukan dalam BIT untuk anak-anak a Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan paling tidak: oLab lokal : Hematologi rutin, fungsi hati (LFT, SGOT, SGPT), fungsi ginjal (ureum darah, kreatinin darah), elektrolit lengkap darah, fungsi tiroid (T3, T4, TSH), IgE total o Complete Digestive Stool.....AUTIME : Tentang ASPERGER Pada Asperger , biasanya tidak ada keterlambatan bicara, sehingga sering diagnosis tidak segera dilakukan, orangtua baru membawa ke dokter ketika usia anak /sekolah anak semakin meningkat, dimana dibutuhkan kemampuan komunikasi yang semakin kompleks, misalnya pada usia kelas I SD/2 SD. Gejala-gejala.....AUTISME : Timbal balik Komunikasi VERBAL dan Kognitif pada anak autistik Kemampuan bicara dengan kemampuan kognitif, itu timbal balik. Jika kognitif anak mambaik, kemampuan bicara juga membaik Ketika kemampuan bicara meningkat, maka akan meningkatkan kognitifnya Kognitif (Kemampuan pemahaman, menangkap rangasangan, menyimpan.....AUTISME dan BIT : RINGKASAN 04 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] [ RINGKASAN 04 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] GLUTEN-FREE, CASEIN-FREE DIET( DAN SERING JUGA CORN-FREE, SOY-FREE ) Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME & BIT : [ RINGKASAN 05 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] SUPLEMENTASI V I T A M I N / M I N E R A L Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) DASAR.....AUTISME dan ABA : Meningkatkan komunikasi pada anak autistik Untuk meningkatkan komunikasi pada anak autistik, maka lalukan berbagai hal seperti menimbulkan protes dari anak pada berbagai aktivitas, sebagai contoh Ketika anak memperhatikan anda, taruh sepatu di lemari pajangan, atur kesempatan anak untuk berkomentar \'Salah!\'.....AUTISME : PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME by : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Semua anak termasuk penyandang autisme, suatu saat akan mengalami pubertas, terlepas dari kemampuan sosial ataupun IQ nya. Pada.....AUTISME & BIT : Ringkasan 06 dari 17 - BIT] ::: Vitamin B6 Dosis Tinggi Dan Magnesium [ RINGKASAN 06 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] VITAMIN B6 DOSIS TINGGI DAN MAGNESIUM Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....TISAUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi verbal pada anak autistik dengan ABA Ikuti sistimatika dibawah ini, jangan pada awal-awal anak autistik sudah disuruh tiup lilin, meronce, meniti, memanjat, karena yang harus kita latih terlebih dahulu OTAK nya agar mampu berkomunikasi verbal, sehingga memanjat, menendang bola dll nantinya mampu dilakukan oleh anak tanpa harus.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 07 dari 17 - BIT] ::: Essential Fatty Acids [ RINGKASAN 07 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] ESSENTIAL FATTY ACIDS Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME : Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat Agar Anak autistic verbal butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua lain atau profesional (katanya) yang mengatakan.....AUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi VERBAL anak autistik dengan ABA Selain anak AUTISTIK tidak/belum bisa bicara, masalah/gangguan bicara yang lain yang mungkin terdapat adalah kadang anak sudah mulai sedikit-sedikit mengeluarkan beberapa patah kata, tetapi kemudian kemampuan bicaranya menghilang begitu saja pada usia sekitar 18 bulan atau sebelum 2 tahun. Hal.....AUTISME : AUTISME & ABA Melatih kepatuhan pada anak autistik Melatih kepatuhan pada anak autistik adalah dengan melatih duduk, tentunya kita latih duduk sejak usia dini, sehingga anak-anak autistik yang ditangani dengan ABA yang benar sejak dini, maka kepatuhan tidak akan pernah menjadi masalah saat mereka bersekolah reguler nantinya. Karena semenjak.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan ENZIM-ENZIM PENCERNAAN Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior.....AUTISME & ABA : Program paralel dalam melatih bicara bagi anak-anak autistikJika anak autistik sudah mulai masuk pada tahap verbal, ( INGAT, BUKAN PADA SAAT PERTAMA KALI ANAK AUTISTIK DITERAPI YA !!!! ) maka latih juga secara paralel, dimana orangtua harus lebih banyak melatih ini dirumah : 1. Meniup potongan tissue yang diletakkan ditangan 2. Meniup.....AUTISME & ABA : Generalisai pada anak autistikJika anak autistik sudah mampu berkomunikasi satu arah ( berbicara dan sudah menguasai labih kurang 100 kata), maka lakukan generalisasi Misalnya : kata \'tidak\', yang biasaya diucapkan, dperluas menjadi \'nggak\', \'jangan\', \'ga boleh\'. Jika terapis di teaching room bertanya.....AUTISME & Penghasilan yang HalalMenyaring, hanya penghasilan HALAL yang akan diberikan kepada anak-anak kita, adalah upaya dini untuk menuju generasi yang sehat lahir dan batin dan takut kepada Alloh......AUTISME & BIT : [Ringkasan 09 dari 17 - BIT] ::: Terapi Usus: Anti Jamur dan Probiotik TERAPI USUS : ANTI JAMUR DAN PROBIOTIK Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesiali Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) LATAR BELAKANG.....Jangan merasa sedirian Bergabunglah dengan kelompok orangtua yang mempunyai keyakinan bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan, sehingga kita tidak merasa sendirian di dunia ini, serta dapat berbagi suka-duka serta pemecahan/mengatasi masalah. Pengalaman-pengalaman positif dari orang-orangtua yang lebih dahulu menangani.....Pesan untuk orangtua Pesan Untuk Orangtua (dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika orangtua tidak faham apa itu autisme, mungkin diagnosis autisme tidak berpengaruh.....Diet AUTISME dan BIT Jika tahun 2013 masih jahil membocorkan diet pada anak autistik, maka tahun 2014 ini seharusnya zaman jahil itu harus berlalu, seharusnya orangtua dan keluarga SADAR, lakukan diet CFGFSF dengan 100 %, tidak boleh ada kebocoran, bahkan sesekalipun. Biar jangan lupa kami ingatkan kembali kembali.....Persediann Obat-obat Tentang AUTISME : Seputar persediaan obat-obat, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Tentang AUTISME: Tentang AUTISME : Seputar obat-obatan, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Seputar ABA untuk AUTISME Yang perlu diingat pada latihan kontak mata pada anak autistik adalah sbb : 1. Jangan memanggil nama anak selama program awal kontak mata, instruksi hanya "lihat " saja. 2. Jika anak sudah on request saat diberi instruksi "lihat",.....Seputar BIT untuk AUTISME : Diet pada anak autistik Catatan PENTING !!!! 1. Walaupun hasil pemeriksaan allergi anak autistik tidak akergi terhadap susu dan terigu, tetapi pada anak autistik susu dan terigu tetap TIDAK BOLEH mereka konsumsi, hal ini bukan karena berhungan dengan alerginya, tetapi terbentuknya morphin jika.....Tentang AUTISME Seputar AUTISME : Membaca hasil pemeriksaan Lab Alergi makanan pada anak autistik Hasil pemeriksaan Lab pada alergi makanan IgG, biasanya tertulis dalam bentuk 0, 1, 2, 3, 4, 5. Berapun hasil nya, itu menunjukkan bahan makanan tersebut REACTIVE (Alergi), jadi.....Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seringkali orangtua jika ditanya "Sudah diet pak/bu", dengan cepat akan mengatakan " ooo sudah, anak saya sudah diet 100 %", padahal kita yakin bahwa masih ada kebocoran.....Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Data kembali sayur yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa ROTASI dan ELIMINASI yaaa 1. Sawi hijau 2. Sawi putih 3. Pok coi 4......Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik <span class="userContent" data-ft="{&quot;tn&quot;:&quot;K&quot;}">Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik Setelah sayur,,,yuk kita data kembali buah yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa.....Langkah-langkah menjalani tatalaksana bagi anak autistik Langkah-langkah memulai Tatalaksana bagi anak autistik Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Step pertama: "Permohonan kita dengan YAKIN agar anak autistik kita sembuh atas izinNya, tentunya dengan taat kepada perintahNya dan menghentikan laranganNya" Step.....Berbagai gangguan pada anak autistik Berbagai gangguan pada anak autistik Penyandang autisme memiliki gangguan pada interaksi sosial, komunikasi, imajinasi, serta pola perilaku yang repetitif (berulang-ulang), dan resistensi (tidak mudah mengikuti/menyesuaikan) terhadap perubahan pada rutinitas. Gangguan pada.....Memulai diet CFGFSF pada Anak autistik Memulai diet pada anak autistik Diet umumnya dilakukan karena ada suatu penyakit di dalam tubuh kita yang jika tidak dijalankan bisa berpengaruh buruk pada organ lainnya.Begitu juga pada AUTSIME, karena berbagai kerusakan di dalam tubuh anak-anak ini antara lain pencernaan,.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Liza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik.....Jangan mudah mengeluh Jangan mudah mengeluh dan putus asa Sebenarnya, apapun tidaklah SULIT, sulit hanya karena kita manusia memandangnya dari sisi kita sebagai manusia, dan mengabaikan dasar-dasar yang diberikan oleh Allah. 1. Wah berat banget ujian saya Allah.....Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang dengan teknik Extinction Oleh: Liza Anwar Seringkali orangtua, orang serumah dan tempat terapi anak autistik, dibuat pusing oleh perilaku anak autsitik yang suka merusak barang-barang (umpamanya.....Autism is Curable, Insha Allah Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua.....smartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior An SmartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior Analysis Metode Dokter Rudy Sutadi) Kebutuhan akan calon terapis smart ABA untuk Autisme di Indonesia terus meningkat, seiring dengan loncakan yang.....Autisme, ABA & BIT untuk Autisme Ekolalia adalah mengulang apa yang pernah didengar utamanya oleh penyandang Autisme.Hal ini bisa terjadi karena anak masih nonton TV, ,main game, tab, android, HP dan lain-lain peralatan elektronik serta menjalankan smart ABA tidak dengan cara yang benar Cara terbaik adalah hentikan.....AUTISME, smart ABA & smart BIT untuk Autisme<h2>Tentang AUTISME : Ikuti jalan-jalan yang telah dirambah oleh ahli-ahli, profesional dan orangtua anak autistik Oleh : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, S Pd.I</h2> Menjalani tatalaksana bagi penyandang AUTISME di Indonesia pada tahun 1997, ibarat masuk ke hutan.....Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) .....Pesan untuk orangtua anak autistik Pesan Untuk Orangtua dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa.....Mengatasi anak autistik yang suka menyerang Mengatasi Anak autistik yang suka menyerang Oleh : Arneliza Anwar Mengapa anak autistik seringkali menyerang (misal memukul, menjambak rambut, mendorong dll) orang lain? Masalah ini adalah karena ketidak mampuan mereka untuk mengkomunikasi.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Arneliza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik secara bertubi-tubi,.....


Autis-Autism-Autisme Dari Masa Ke MasaIstilah/kata autism pertama kali digunakan oleh seorang psikiater Swiss yang bernama Eugene Bleuler, yang pada tahun 1908-1911 mengamati adanya suatu ciri tertentu pada penderita skizofrenia dewasa yang ia sebut sebagai autism yang berasal dari kata bahasa Yunani yaitu autos yang berarti sendiri, yang.....Epidemiologi Autis-Autism-AutismeJumlah penyandang autisme di seluruh dunia semakin tahun semakin meningkat. Dari kepustakaan pada awal tahun 90-an, jumlah penyandang autisme diperkirakan sekitar 4-6 per 10.000 kelahiran. Tetapi mendekati tahun 2000 angka ini mencapai 15-20 per 10.000 kelahiran. Data pada tahun 2000, angka ini.....Autis-Autism-Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh? Pilihan Di Tangan Anda!!!Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Stem Cell Therapy (Terapi Sel Induk) Pada AutismeIstilah stem cell pertama kali dikemukakan pada tahun 1908 yang mempostulasikan adanya kemampuan berdiferensiasi pada sel-sel penghasil/pembentuk darah. Stem-cell atau sel-induk yaitu sel yang belum berdiferensiasi dimana turunan-turunan selnya dapat terdiferensiasi (berubah) menjadi berbagai jenis.....Antibiotik Pada Autisme: Kawan Atau Lawan???Salah satu hal yang menimbulkan masalah pada autisme adalah pemberian antibiotik.Oleh karena anak-anak autistik umumnya mempunyai gangguan kekebalan, maka mereka sering mengalami infeksi. Di Amerika, infeksi yang sering terjadi pada mereka adalah infeksi telinga tengah (sedangkan di Indonesia.....Pemilihan Metode Terapi Untuk AutismePetunjuk/pedoman yang digunakan oleh ASA (Autism Society of America) dalam menilai suatu metode/cara terapi, yaitu: Apakah terapi tersebut bisa membahayakan anak? Apa akibatnya jika terapi tersebut gagal? Apakah terapi tersebut telah terbukti secara ilmiah? Apakah.....Autisme: Sembuh Atau Tidak Sembuh??? Pilihan Di Tangan Anda!!!Selama saya kuliah di kedokteran ataupun sebagai dokter, baik dokter umum ataupun spesialis anak, saya selalu bertemu dengan orang-orangtua yang mengharapkan kesembuhan bagi anak-anak mereka. Tidak pernah saya bertemu dengan satupun orangtua yang tidak mengharapkan kesembuhan bagi anaknya.Untuk.....Dragons Den Dan Kesembuhan AutismeDragon’s Den (Sarang Naga), adalah suatu acara di BBC Knowledge, yaitu berbagai orang dari berbagai latar belakang, menghadapi 5 orang multi-milyuner yang merupakan pengusaha kelas kakap, untuk mengajukan permohonan dana dengan sistem kerjasama bagi hasil.Pada suatu episode, ada seorang.....Antara Ajax dan PHP -dengan- Autisme dan ABA (Applied Behavior Analysis)Ada orang-orang yang menterapkan berbagai metode yang tidak khusus untuk terapi autisme tetapi tetap saja digunakan untuk menterapi autisme, padahal tidak ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan efisiensinya untuk kesembuhan autisme.Katakan saja misalnya Terapi Wicara. Ini tidak dikembangkan.....Applied Behavior Analysis (ABA/Lovaas) Untuk AutismeABA (Applied Behavior Analysis) yaitu suatu ilmu perilaku terapan untuk mengajarkan dan melatih seseorang agar menguasai berbagai kemampuan yang sesuai dengan standar yang ada di masyarakat. Penggunaan ABA tidak hanya terbatas pada autisme saja, tetapi sangat luas diterapkan dalam berbagai bidang,.....Terapi IVIG/IVGG Untuk AutismeTANYA:1. Apakah yang dimaksud dengan terapi IVIG untuk penyandang Autis.2. Di manakah di Indonesia yang bisa melakukan terapi ini?3. Berapa biayanya? (karena sering disebutkan bahwa terapi ini MAHAL)4. Evaluasi sistem imun apa yang harus dilakukan sebelumnya?Zuhdi Setiadi-SemarangJAWAB:Terapi.....Me-Day Bagi Orangtua Penyandang AutismePenanganan penyandang autisme secara serius dengan ABA dan Biomedical Intervention, akan menguras banyak waktu, tenaga, dan perhatian. Itu betul.Tetapi jangan dilupakan bahwa kita juga manusia, yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kita tidak termasuk manusia super,.....Perceraian Pada Keluarga Yang Mempunyai Anak AutistikDari suatu penelitian jangka panjang yang mengikuti 406 keluarga yang mempunyai anak autistik sampai dengan tahun 2004, didapatkan bahwa angka perceraian tinggi sampai dengan anak berusia 8 tahun, setelah itu menurun. Namun ancaman perceraian tetap berlanjut, yaitu didapatkan bahwa angka perceraian tetap.....Jangan Benci IbumuSuatu sore saya menonton film seri Frasier. Yaitu film seri tentang Dr. Frasier Crane, seorang psikiater yang merupakan penyiar radio terkenal di Seattle.Dalam seri itu, Dr. Frasier Crane yang bersama adiknya Dr. Niles Crane, melihat ayahnya sedang dinner di restoran bersama seorang wanita bekas.....Lie To Me (Bohongilah Aku)Sangat menarik mempelajari ilmu perilaku manusia, apalagi dalam hal bohong.Mungkin dulu kita hanya mengenal bahwa terdapat 25 tanda kebohongan pada lelaki dan 15 pada wanita (waduh, jadi artinya dibandingkan wanita maka lelaki relatif lebih mudah diketahui jika berbohong).Namun dengan berkembangnya.....Deteksi Dini AutismeDeteksi dini atau skrining terhadap autisme dapat dilakukan secara sederhana dengan tools (perangkat) yang sederhana misalnya dengan STAT (Screening Tool for Autism in Two-Year-Olds), atau dengan CHAT/M-CHAT (Modified Checklist for Autism in Toddler). M-CHAT adalah versi Amerika yang merupakan perluasan.....Biomedical Intervention Therapy Untuk AutismeBiomedical Intervention adalah ilmu medis/kedokteran yang menterapi/memperbaiki masalah nerobiologis dan biokimiawi yang terdapat pada autistik. Autisme diyakini penyebabnya yaitu mempunyai dasar genetik dan dipicu oleh faktor lingkungan Faktor genetik ini mengakibatkan banyak hal, misalnya masalah/gangguan.....Masalah Rivalitas Pada Saudara Kandung Penyandang AutismeSaudara kandung dari anak autistik bisa menganggap anak autistik adalah rivalitas (saingan) yang mencuri seluruh perhatian dan milik/harta-benda dari mereka, oleh karena umumnya perhatian orangtua dan seluruh keluarga terpusat bahkan tersedot pada anak autistik mereka, sehingga mereka kurang memperhatikan.....Kontroversi Hubungan Antara Vaksin Dan AutismeSampai saat ini, masih berlangsung kontroversi/perdebatan mengenai hubungan antara vakstin dan autisme. Namun telah banyak laporan terjadinya regresi autistik beberapa minggu setelah seorang anak mendapat vaksin. Laporan yang paling sering adalah regresi autistik oleh karena MMR. MMR dikaitkan dengan.....Jepang Menghentikan Penggunaan Vaksin Meningitis Dan PneumoniaKementerian Kesehatan Jepang telah menghentikan penggunaan vaksin meningitis dan pneumonia, setelah terdapat 4 kematian berturut-turut yang terjadi di Jepang pada bulan Februari dan Maret 2011 ini, pada anak-anak berumur 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun,.Kematian tersebut terjadi tidak.....Penyebab AutismeTerjadinya autisme yaitu oleh karena adanya dasar faktor genetik yang dipengaruhi dan.atau dipicu oleh faktor lingkungan seperti misalnya infeksi rubella/cytomegalovirus, polutan/intoksikasi logam berat, dan vaksinasi campak/MMR (yang masih menjadi kontroversi), dll. Faktor genetik yang berperan.....Terapi Intervensi Dini Pada AutismeYang dimaksud dengan Intervensi Dini yaitu terapi/tatalaksana yang dilakukan terhadap anak dengan usia sejak lahir sampai dengan usia 3 tahun (terapi/tatalaksana dimulai sebelum usia 3 tahun) yang dilakukan pada anak-anak yang memiliki kecacatan (disability), keterlambatan perkembangan (developmental.....Melalui Epigenetik - Autisme Bisa Disembuhkan Dengan ObatPernah dengar mengenai epigenetik? Mungkin bahkan untuk umumnya dokter, hal ini masih asing, oleh karena memang merupakan ilmu yang relatif baru (kata epigenetik sendiri sudah lama ada, tetapi penggunaannya sebagai ilmu yang berhubungan relatif baru).Pada ilmu genetika, dikenal istilah genotip.....[Ringkasan 01 dari 17] ::: Biomedical Intervention Therapy Untuk AutismeInsya ALLAH, beberapa hari ke depan akan saya posting ringkasan Terapi Intervensi Biomedis (Biomedical Intervention Therapy / BIT) untuk autisme, yang saya ambil dari Autism Research Institute (James B. Adams, Ph.D.).Ayo cetak 1.000 dokter Indonesia yang menguasai Biomedical Intervention Therapy.....[ RINGKASAN 02 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] MEMPERBAIKI DIETDasar :<br><ul> Manusia membutuhkan zat-zat gizi esensial tertentu untuk berbagai fungsi tubuhnya, yang meliputi vitamin, mineral, asam lemak esensial, dan asam amino (dari protein). Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu lakukan diet seimbang yang kaya sayuran, buah, dan protein.....[ RINGKASAN 03 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] A L E R G I M A K A N A NDASAR :Banyak anak autistik mengalami alergi makanan, disebabkan oleh abnormalitas pada sistem pencernaan dan/atau sistem kekebalan mereka. Jika makanan tidak dicerna sempurna menjadi susunan terkecil gula, asam amino, dll, maka makanan yang dicerna sebagian tersebut dapat terserap oleh saluran.....Bidadari Kiriman ALLAH Sebagai manusia yang juga mempunyai kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Termasuk juga diriku yang Alhamdulillah merupakan lelaki normal. Bahkan salah seorang teman mengatakan mendengar suara wanita saja sudah merupakan hiburan tersendiri. Tetapi.....Kesabaran yang Indah Disaat Ibu ibu lainnya bercengkarma dengan ibu lainnya ketika menunggu anak anak mereka sekolah, Ibu anak special harus dengan seksama berada di depan layar monitor melihat aktivitas si special yang sedang di terapi. Disaat Ibu ibu lainnya asyik berada di mall,<br.....Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Pra kehamilan 6-12 Sampai saat ini masih belum diketahui cara yang paling tepat untuk melakukan pencegahan terjadinya autisme, terutama pada keluarga yang ingin mendapatkan anak berikutnya. Namun berdasarkan ilmu dan pengetahuan tentang berbagai terapi spesifik yang telah menghasilkan perbaikan bahkan kesembuhan,.....Gejala-gejala autisme Gejala-gejala autisme akan tampak makin jelas setelah anak mencapai usia 3 tahun, yaitu berupa: 1. Gangguandalam bidang komunikasi verbal maupun non-verbal: - terlambat bicara, - meracau dengan bahasa yang tak dapat dimengerti orang lain, - kalaupun.....Hal-hal yang penting diperhatikan selama masa kehamilan Selama hamil: Teruskan diet organik yang sangat berkualitas, hilangkan atau sangat kurangi gula dan makanan olahan. Teruskan multivitamin dan multimineral lengkap yang mudah diserap, dengan paling tidak mengandung 1.800 mg kalsium dan 800 mcg.....AUTISME : Hal-hal yang penting diketahui Selama masa bayi Selama masa bayi: Berhubungan erat/akrab dengan bayi anda sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin, serta tangani dan bercakap-cakap dengannya. Tidur bersamaan dengan waktu tidur bayi anda agar anda memperoleh cukup istirahat, dan dapat berhubungan sesering mungkin.....AUTISME dan ABA : Melatih bicara pada anak autistik ika anak autistik sudah mampu berkumunikasi 1 arah, maka minimalisir pertanyaan langsung kepada mereka, lebih seringlah berkomentar akan suatu situasi, yang bisa secara tiba-tiba, atau memang sengaja diatur. Misalnya : Ibu menjatuhkan bola mainan dari meja saat bermain.....Autisme dan BIT (Biomedical intervention Therapy) : Yang perlu dilakukan dalam BIT untuk anak-anak a Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan paling tidak: oLab lokal : Hematologi rutin, fungsi hati (LFT, SGOT, SGPT), fungsi ginjal (ureum darah, kreatinin darah), elektrolit lengkap darah, fungsi tiroid (T3, T4, TSH), IgE total o Complete Digestive Stool.....AUTIME : Tentang ASPERGER Pada Asperger , biasanya tidak ada keterlambatan bicara, sehingga sering diagnosis tidak segera dilakukan, orangtua baru membawa ke dokter ketika usia anak /sekolah anak semakin meningkat, dimana dibutuhkan kemampuan komunikasi yang semakin kompleks, misalnya pada usia kelas I SD/2 SD. Gejala-gejala.....AUTISME : Timbal balik Komunikasi VERBAL dan Kognitif pada anak autistik Kemampuan bicara dengan kemampuan kognitif, itu timbal balik. Jika kognitif anak mambaik, kemampuan bicara juga membaik Ketika kemampuan bicara meningkat, maka akan meningkatkan kognitifnya Kognitif (Kemampuan pemahaman, menangkap rangasangan, menyimpan.....AUTISME dan BIT : RINGKASAN 04 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] [ RINGKASAN 04 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] GLUTEN-FREE, CASEIN-FREE DIET( DAN SERING JUGA CORN-FREE, SOY-FREE ) Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME & BIT : [ RINGKASAN 05 DARI 17 – BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] SUPLEMENTASI V I T A M I N / M I N E R A L Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) DASAR.....AUTISME dan ABA : Meningkatkan komunikasi pada anak autistik Untuk meningkatkan komunikasi pada anak autistik, maka lalukan berbagai hal seperti menimbulkan protes dari anak pada berbagai aktivitas, sebagai contoh Ketika anak memperhatikan anda, taruh sepatu di lemari pajangan, atur kesempatan anak untuk berkomentar \'Salah!\'.....AUTISME : PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME PUBERTAS PADA PENYANDANG AUTISME by : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Semua anak termasuk penyandang autisme, suatu saat akan mengalami pubertas, terlepas dari kemampuan sosial ataupun IQ nya. Pada.....AUTISME & BIT : Ringkasan 06 dari 17 - BIT] ::: Vitamin B6 Dosis Tinggi Dan Magnesium [ RINGKASAN 06 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] VITAMIN B6 DOSIS TINGGI DAN MAGNESIUM Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....TISAUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi verbal pada anak autistik dengan ABA Ikuti sistimatika dibawah ini, jangan pada awal-awal anak autistik sudah disuruh tiup lilin, meronce, meniti, memanjat, karena yang harus kita latih terlebih dahulu OTAK nya agar mampu berkomunikasi verbal, sehingga memanjat, menendang bola dll nantinya mampu dilakukan oleh anak tanpa harus.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 07 dari 17 - BIT] ::: Essential Fatty Acids [ RINGKASAN 07 DARI 17 - BIOMEDICAL INTERVENTION THERAPY] ESSENTIAL FATTY ACIDS Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter.....AUTISME : Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat Agar Anak autistic verbal butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua lain atau profesional (katanya) yang mengatakan.....AUTISME & ABA : Melatih bicara dan komunikasi VERBAL anak autistik dengan ABA Selain anak AUTISTIK tidak/belum bisa bicara, masalah/gangguan bicara yang lain yang mungkin terdapat adalah kadang anak sudah mulai sedikit-sedikit mengeluarkan beberapa patah kata, tetapi kemudian kemampuan bicaranya menghilang begitu saja pada usia sekitar 18 bulan atau sebelum 2 tahun. Hal.....AUTISME : AUTISME & ABA Melatih kepatuhan pada anak autistik Melatih kepatuhan pada anak autistik adalah dengan melatih duduk, tentunya kita latih duduk sejak usia dini, sehingga anak-anak autistik yang ditangani dengan ABA yang benar sejak dini, maka kepatuhan tidak akan pernah menjadi masalah saat mereka bersekolah reguler nantinya. Karena semenjak.....AUTISME & BIT : [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan [Ringkasan 08 dari 17 BIT] ::: Enzim-enzim Pencernaan ENZIM-ENZIM PENCERNAAN Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesialis Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior.....AUTISME & ABA : Program paralel dalam melatih bicara bagi anak-anak autistikJika anak autistik sudah mulai masuk pada tahap verbal, ( INGAT, BUKAN PADA SAAT PERTAMA KALI ANAK AUTISTIK DITERAPI YA !!!! ) maka latih juga secara paralel, dimana orangtua harus lebih banyak melatih ini dirumah : 1. Meniup potongan tissue yang diletakkan ditangan 2. Meniup.....AUTISME & ABA : Generalisai pada anak autistikJika anak autistik sudah mampu berkomunikasi satu arah ( berbicara dan sudah menguasai labih kurang 100 kata), maka lakukan generalisasi Misalnya : kata \'tidak\', yang biasaya diucapkan, dperluas menjadi \'nggak\', \'jangan\', \'ga boleh\'. Jika terapis di teaching room bertanya.....AUTISME & Penghasilan yang HalalMenyaring, hanya penghasilan HALAL yang akan diberikan kepada anak-anak kita, adalah upaya dini untuk menuju generasi yang sehat lahir dan batin dan takut kepada Alloh......AUTISME & BIT : [Ringkasan 09 dari 17 - BIT] ::: Terapi Usus: Anti Jamur dan Probiotik TERAPI USUS : ANTI JAMUR DAN PROBIOTIK Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI (Dokter Spesiali Anak. Konsultan Autisme, Applied Behavior Analysis, dan Biomedical Intervention Therapy) LATAR BELAKANG.....Jangan merasa sedirian Bergabunglah dengan kelompok orangtua yang mempunyai keyakinan bahwa autisme bisa sembuh/disembuhkan, sehingga kita tidak merasa sendirian di dunia ini, serta dapat berbagi suka-duka serta pemecahan/mengatasi masalah. Pengalaman-pengalaman positif dari orang-orangtua yang lebih dahulu menangani.....Pesan untuk orangtua Pesan Untuk Orangtua (dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika orangtua tidak faham apa itu autisme, mungkin diagnosis autisme tidak berpengaruh.....Diet AUTISME dan BIT Jika tahun 2013 masih jahil membocorkan diet pada anak autistik, maka tahun 2014 ini seharusnya zaman jahil itu harus berlalu, seharusnya orangtua dan keluarga SADAR, lakukan diet CFGFSF dengan 100 %, tidak boleh ada kebocoran, bahkan sesekalipun. Biar jangan lupa kami ingatkan kembali kembali.....Persediann Obat-obat Tentang AUTISME : Seputar persediaan obat-obat, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Tentang AUTISME: Tentang AUTISME : Seputar obat-obatan, jika anak autistik sakit Siapapun yang menyarankan obat-obatan untuk anak autistik Ibu dan Bapak, maka yang harus diingat adalah hindari penggunaan sediaan sirup, gunakan sediaan.....Seputar ABA untuk AUTISME Yang perlu diingat pada latihan kontak mata pada anak autistik adalah sbb : 1. Jangan memanggil nama anak selama program awal kontak mata, instruksi hanya "lihat " saja. 2. Jika anak sudah on request saat diberi instruksi "lihat",.....Seputar BIT untuk AUTISME : Diet pada anak autistik Catatan PENTING !!!! 1. Walaupun hasil pemeriksaan allergi anak autistik tidak akergi terhadap susu dan terigu, tetapi pada anak autistik susu dan terigu tetap TIDAK BOLEH mereka konsumsi, hal ini bukan karena berhungan dengan alerginya, tetapi terbentuknya morphin jika.....Tentang AUTISME Seputar AUTISME : Membaca hasil pemeriksaan Lab Alergi makanan pada anak autistik Hasil pemeriksaan Lab pada alergi makanan IgG, biasanya tertulis dalam bentuk 0, 1, 2, 3, 4, 5. Berapun hasil nya, itu menunjukkan bahan makanan tersebut REACTIVE (Alergi), jadi.....Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seputar AUTISME : Tanda-tanda anak autistik yang tidak diet/ bocor-bocor diet Seringkali orangtua jika ditanya "Sudah diet pak/bu", dengan cepat akan mengatakan " ooo sudah, anak saya sudah diet 100 %", padahal kita yakin bahwa masih ada kebocoran.....Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Seputar AUTISME : Aneka Sayur untuk anak autistik Data kembali sayur yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa ROTASI dan ELIMINASI yaaa 1. Sawi hijau 2. Sawi putih 3. Pok coi 4......Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik <span class="userContent" data-ft="{&quot;tn&quot;:&quot;K&quot;}">Seputar AUTISME : Aneka Buah untuk anak autistik Setelah sayur,,,yuk kita data kembali buah yang boleh dicobakan kepada anak autistik (rendah fenol), jangan lupa.....Langkah-langkah menjalani tatalaksana bagi anak autistik Langkah-langkah memulai Tatalaksana bagi anak autistik Dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, SPdI Step pertama: "Permohonan kita dengan YAKIN agar anak autistik kita sembuh atas izinNya, tentunya dengan taat kepada perintahNya dan menghentikan laranganNya" Step.....Berbagai gangguan pada anak autistik Berbagai gangguan pada anak autistik Penyandang autisme memiliki gangguan pada interaksi sosial, komunikasi, imajinasi, serta pola perilaku yang repetitif (berulang-ulang), dan resistensi (tidak mudah mengikuti/menyesuaikan) terhadap perubahan pada rutinitas. Gangguan pada.....Memulai diet CFGFSF pada Anak autistik Memulai diet pada anak autistik Diet umumnya dilakukan karena ada suatu penyakit di dalam tubuh kita yang jika tidak dijalankan bisa berpengaruh buruk pada organ lainnya.Begitu juga pada AUTSIME, karena berbagai kerusakan di dalam tubuh anak-anak ini antara lain pencernaan,.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Liza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik.....Jangan mudah mengeluh Jangan mudah mengeluh dan putus asa Sebenarnya, apapun tidaklah SULIT, sulit hanya karena kita manusia memandangnya dari sisi kita sebagai manusia, dan mengabaikan dasar-dasar yang diberikan oleh Allah. 1. Wah berat banget ujian saya Allah.....Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang Mengatasi anak-sanak autistik yang suka merusak barang-barang dengan teknik Extinction Oleh: Liza Anwar Seringkali orangtua, orang serumah dan tempat terapi anak autistik, dibuat pusing oleh perilaku anak autsitik yang suka merusak barang-barang (umpamanya.....Autism is Curable, Insha Allah Agar Anak autistik verbal dan sekolah reguler butuh perjuangan berat dr Rudy Sutadi SpA, MARS, SPdI Orangtua jangan ragu untuk mengusahakan anak-anak mereka untuk verbal. Jangan terpengaruh orang-orangtua.....smartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior An SmartABA for smart parents, smart therapies, and smart professionals (smart ABA= Applied Behavior Analysis Metode Dokter Rudy Sutadi) Kebutuhan akan calon terapis smart ABA untuk Autisme di Indonesia terus meningkat, seiring dengan loncakan yang.....Autisme, ABA & BIT untuk Autisme Ekolalia adalah mengulang apa yang pernah didengar utamanya oleh penyandang Autisme.Hal ini bisa terjadi karena anak masih nonton TV, ,main game, tab, android, HP dan lain-lain peralatan elektronik serta menjalankan smart ABA tidak dengan cara yang benar Cara terbaik adalah hentikan.....AUTISME, smart ABA & smart BIT untuk Autisme<h2>Tentang AUTISME : Ikuti jalan-jalan yang telah dirambah oleh ahli-ahli, profesional dan orangtua anak autistik Oleh : dr Rudy Sutadi, SpA, MARS, S Pd.I</h2> Menjalani tatalaksana bagi penyandang AUTISME di Indonesia pada tahun 1997, ibarat masuk ke hutan.....Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. Perbaiki hubungan dengan orangtua kita. dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) .....Pesan untuk orangtua anak autistik Pesan Untuk Orangtua dr Rudy Sutady, SpA, MARS, S Pd.I (Konsultan smart ABA &amp; smart BIT untuk Autisme) Bagi orangtua yang anaknya baru saja didiagnosis autisme, ada beberapa.....Mengatasi anak autistik yang suka menyerang Mengatasi Anak autistik yang suka menyerang Oleh : Arneliza Anwar Mengapa anak autistik seringkali menyerang (misal memukul, menjambak rambut, mendorong dll) orang lain? Masalah ini adalah karena ketidak mampuan mereka untuk mengkomunikasi.....Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Mengatasi anak autistik yang sering bahkan terus menerus memegang kemaluannya Oleh : Arneliza Anwar Kebanyakan jika hal ini terjadi,maka orang-orang disekelilingnya akan segera berespons secara "Bawel", yaitu memarahi anak autistik secara bertubi-tubi,.....

© 2011 KID ABA Ultimate For Autism

Grand Wisata Blok AA 11 No.56-57-58, Tambun, Bekasi, Jawa Barat 17510, Indonesia

Mohon Maaf, Aplikasi Di Bawah Ini BELUM Berfungsi